Profil Timnas Belgia di Piala Dunia 2018 Rusia

Oleh: Agung DH - 5 Juni 2018
Timnas Belgia 12 kali lolos ke Piala Dunia. Prestasi terbaik dicatat oleh De Rode Duivels pada Piala Dunia 1986 saat finis di posisi ke-4.
tirto.id - De Rode Duivels / Les Diables Rouges / Die Roten Teufel (Setan Merah / Setan Merah / Iblis Merah) merupakan julukan lain dari timnas sepakbola Belgia yang berada di bawah naungan Asosiasi Sepakbola Belgia Royal (KBVB / URBSFA / KBFV) dan konfederasi sepakbola Eropa ( UEFA).

Debut Timnas Belgia di Piala Dunia pada tahun 1930 dan Piala Dunia 2014. Pencapaian terbesar timnas di Piala Dunia 2014 di mana mereka berhasil mencetak posisi ke-4. Timnas Belgia merupakan tim dengan catatan yang cukup bagus di Piala Dunia; berhasil lolos dalam 12 dari 19 fase kualifikasi.


Belgia memiliki catatan yang cukup memuaskan pada ajang internasional selain di Piala Dunia. Tercatat, Belgia pernah menempatkan posisi ke-2 pada putaran Kejuaraan Eropa UEFA (EURO) pada tahun 1980 dan tanaman posisi ke-3 pada putaran UEFA EURO 1972. Belgia berada pada urutan ke-5 FIFA pada tahun 2017.

Pada ajang Piala Dunia 2018 di Rusia, Timnas Belgia bermain di bawah kepemimpinan Roberto Martinez. Pemain-pemain baru di timnas Belgia dan wajib diwaspadai oleh tim lainnya. Mereka memiliki penyerang yang handal seperti Romelu Lukaku, Michy Batshuayi, dan Hazard bersaudara, gelandang seperti Kevin de Bruyne, Marouane Fellaini, dan Yannick Ferreira Carrasco, serta pemain bertahan yang solid seperti Vincent Kompany, Toby Alderweireld, serta Jan Vertonghen.

Timnas Belgia akan bersaing di Grup G Piala Dunia 2018 Rusia bersama Panama, Tunisia, dan Inggris.




Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH