Sejarah Indonesia

Profil Provinsi Sulawesi Tengah: Sejarah, Geografi, Peta Sulteng

Kontributor: Yuda Prinada, tirto.id - 13 Des 2022 10:07 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Profil Provinsi Sulawesi Tengah, sejarah Sulawesi Tengah, kondisi geografi dan peta wilayah Sulteng.
tirto.id - Profil Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berlokasi di tengah Pulau Sulawesi, yakni tepat di atas Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Sejarah wilayah Sulawesi Tengah tercatat ada sejak zaman kerajaan Nusantara. Kemudian, berlanjut hidup hingga pemerintahan kolonial dan menjadi bagian dari administrasi Indonesia.

Bagaimana sejarah Provinsi Sulawesi Tengah ini?

Sejarah Provinsi Sulawesi Tengah


Pada abad ke-16, daerah barat Sulawesi Tengah ternyata sempat dikuasai Kerajaan Gowa (Stephen C. Druce, The Lands West Of The Lakes, 2009, hlm. 244).


Daerah lain Sulteng, Teluk Tomini, dikuasai oleh Kerajaan Parigi. Sementara itu, pada 1824 sempat terjadi perjanjian antara Kerajaan Palu, Banawa, dan kompeni.

Enam tahun setelah itu, daerah Sulawesi Tengah mulai diduduki pihak kolonial.


Di tempat ini sempat terjadi peperangan pada 1907. Berlanjut setelah kemerdekaan, Provinsi Sulawesi Tengah dibentuk berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 1964.

Kala itu, terdapat sejumlah 4 kabupaten yang kini berkembang menjadi 13.

Kondisi Geografi Provinsi Sulawesi Tengah


WISATA PASIR TIMBUL BANGGAI LAUT
Sejumlah wisatawan menikmati pemandangan alam di Pantai Pasir Timbul, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Rabu (4/12/2019). ANTARA FOTO/Basri Marzuki/aww.


Berdasarkan catatan situs DPMPTSP Sulteng, Provinsi Sulawesi Tengah merupakan yang terbesar di Pulau Sulawesi jika dibandingkan dengan provinsi lain.

Luasnya mencakup daratan 61,841 kilometer persegi dengan laut mencapai 189,480 kilometer persegi. Sementara itu, total penduduk yang tinggal di sana ada 2.985.734 pada tahun 2020.

Di dalam wilayah provinsinya, ada beberapa sungai meliputi Lariang, Gumbasa, dan Palu. Selain itu, terdapat juga bentang alam berupa Danau Poso dan Danau Lindu.

Berbicara mengenai bentang daratan berdasarkan ketinggian, situs BPK Sulteng menyebut ada 20,20 persen yang merupakan dataran rendah (0-100 meter di atas permukaan laut/mdpl).

Kemudian, dari total luas terdapat juga daratan dengan ketinggian 100-500 mdpl sebanyak 27,20 persen, 500-100 mdpl seluas 26,27 persen, serta di atas 1000 mdpl mencapai 25,90 persen.

Peta Wilayah Sulawesi Tengah


Berdasarkan ungkapan situs Bappeda Provinsi Sulteng, daerahnya punya beberapa perbatasan. Di utara misalnya, berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Provinsi Gorontalo.

Kemudian, bagian timur ada batas berupa Provinsi Maluku, barat berbatasan dengan Selat Makassar, dan selatan dibatasi oleh Sulawesi Barat-Sulawesi Selatan.

Di dalam peta wilayah tersebut, Sulawesi Tengah dibagi menjadi 13 kabupaten/kota.

Untuk kabupatennya, meliputi Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Donggala, Buol, Morowali, Parigi Moutong, Morowali Utara, Poso, Tojo Una-Una, Sigi, Palu, dan Tolitoli.

Sementara itu, ibu kota wilayah Sulawesi Tengah terletak di Kota Palu.

Untuk melihat penampakan lengkap provinsi ini beserta pembagian-pembagian wilayahnya, Anda bisa mengakses tautan berikut ini:

Link Peta Provinsi Sulawesi Tengah – Peta Bahasa Kemdikbud


Baca juga artikel terkait PROFIL PROVINSI SULAWESI TENGAH atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Dhita Koesno

DarkLight