Profil Hasnaeni Moein Wanita Emas: dari Jin dan Jun hingga Korupsi

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 23 Sep 2022 10:05 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Siapa Hasnaeni Moein atau Wanita Emas: dari artis Jun dan Jun hingga tersangkut korupsi.
tirto.id - Hasnaeni Moein atau Wanita Emas menjadi tersangka perkara dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan dana PT Waskita Beton Precast. Hasnaeni merupakan Direktur Utama PT Misi Mulia Metrikal (MMM).

Saat ini ia telah dibawa ke Rumah Tahanan Salemba Cabang Kejaksaan Agung, Jakarta. Video penangkapan Hasnaeni sempat viral di media sosial karena ia memberontak dan harus digotong masuk ke dalam mobil.

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menjemput paksa Hasnaeni dari rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Kamis.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan wanita emas itu tidak kooperatif dalam pemeriksaan.

"Yang bersangkutan sudah beberapa kali dilakukan pemanggilan artinya tidak kooperatif. Oleh karena itu dari penyidik melakukan penjemputan pada yang bersangkutan," kata Ketut, dikutip Antara News.

Saat hendak dibawa ke mobil tahanan menggunakan kursi roda, dan bagian tangannya terdapat tali menyerupai tali infus, Hasnaeni berteriak menolak dimasukkan ke dalam mobil.

Direktur Penyidikan (Dirdik) Jampidsus Kuntadi menjelaskan, sebelum ditetapkan sebagai tersangka, malam sebelumnya, Hasnaeni mendatangi sebuah rumah sakit dan meminta untuk dirawat.

Karena beralasan sakit, kemudian penyidik berkonsultasi dengan pihak manajemen rumah sakit dan dokter yang merawatnya. Lalu penyidik juga membawa dokter untuk memeriksa kondisi kesehatannya.

"Kesimpulannya yang bersangkutan dalam keadaan sehat dan bisa dihadirkan di kejaksaan dan pada hari ini. Kami jemput dari rumah sakit untuk diajukan ke kejaksaan untuk menjalani proses selanjutnya," kata Kuntadi.


Kenapa Hasnaeni Disebut Wanita Emas

Hasnaeni dijuluki wanita emas karena mendirikan Partai Era Masyarakat Sejahtera atau disingkat Partai Emas. Dalam wawancara dengan Kompas.com pada 2016, Hasnaeni menjelaskan julukan Wanita Emas tersebut.

Dia mengatakan, "emas" merupakan simbol dari kesejahteraan. Dengan menggunakan nama panggilan "Wanita Emas", dia berharap bisa menjadi wanita yang membawa kesejahteraan untuk masyarakat.

Perempuan bernama lengkap Mischa Hasnaeni Moein ini sudah lama terjun ke dunia politik. Ia pernah berniat untuk menjadi calon gubernur DKI Jakarta pada 2017.

Sebelum berniat mencalonkan diri jadi gubernur DKI Jakarta, Hasnaeni pernah menjadi bakal calon wali kota Tangerang Selatan dengan menggandeng Saiful Jamil. Namun, di pertengahan jalan, Saiful mengundurkan diri.

Pada akhirnya, Hasnaeni batal mendaftar menjadi calon wali kota Tangerang Selatan. Namun, julukan "Wanita Emas" masih tetap dia gunakan.

Bukan pertama kalinya perempuan kelahiran Makassar, 17 Juli 1976 ini mencalonkan diri sebagai gubernur. Sebelumnya, Hasnaeni telah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu kandidat calon di Pilkada 2012.

Alumnus Universitas Krisna Dwipayana ini dikenal dengan julukan “Wanita Emas”. Ketika maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta tahun 2012.

Ia mengusung slogan, “Hj. Hasnaeni, SE. MM: Wanita Emas, Mengubah Sampah Menjadi Emas”. Jargon kampanye Hasnaeni saat itu pun ramai diperbincangkan karena iklannya banyak menempel di kaca belakang bus kota.

Pada 2011 ia juga pernah mendaftarkan diri sebagai calon Pimpinan KPK. Niatnya gagal di tengah jalan karena tidak memenuhi syarat usia 40 tahun yang ditetapkan Pansel KPK.

Ketika kalah di di Pilkada 2012, Hasnaeni memutuskan untuk melaju ke Pemilu Legislatif melalui Partai Demokrat. Ia menggunakan nama Hj. Hasnaeni, SE. MM mewakili Dapil DKI Jakarta 2.

Namun, cita-citanya menjadi legislator lagi-lagi pupus. Suara yang diraih Hasnaeni pada Pemilu Legislatif rupanya tak mampu membawa dirinya duduk di Senayan.

Selain sebagai politikus, Hasnaeni Moein juga dikenal sebagai pengusaha di bidang kontraktor dan energi. Salah satu perusahaan yang dipimpinnya adalah PT Misi Mulia Metrical.

Di dunia hiburan, Husnaeni punya usaha rumah produksi berupa tayangan infotainment. Adapun acara hiburan yang ia produksi itu pernah tampil di Trans TV dan TPI pada masa itu.

Hasnaeni juga pernah ikut serta dalam sejumlah produksi sinetron. Tayangan sinetron yang pernah ia bintangi adalah Saras 008 serta Jin dan Jun.

Saat masih menjadi artis sinetron, Hasnaeni menggunakan nama Mischa S Moein. Selain kedua sinentron di atas, Hasnaeni juga pernah menjadi bintang iklan televisi Sharp pada 2010.


Baca juga artikel terkait HASNAENI MOEIN atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Humaniora)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight