Premier League Liga Inggris

Profil Daniel James: Pemain Resmi Terbaru Manchester United (MU)

Oleh: Iswara N Raditya - 8 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Manchester United (MU) resmi mendatangkan Daniel James dari Swansea City.
tirto.id - Daniel James resmi menjadi rekrutan terbaru Manchester United (MU). Nama pemain Swansea City ini memang kurang dikenal. Namun, MU bersedia merogoh mahar cukup besar untuk mendatangkannya. Inilah profil dan sejarah karier sepakbola Daniel James yang kini menjadi pemain pertama rekrutan Ole Gunnar Solskjaer.

Sky Sports melaporkan, Daniel James sudah menjalani tes medis di markas MU pada Kamis (6/6/2019) waktu setempat. The Red Devils dikabarkan telah menyepakati biaya transfer dengan sebesar 15 juta poundsterling dan bisa bertambah menjadi 18 poundsterling atau sekitar Rp326 miliar demi mendaratkan pemain berusia 21 tahun ini ke Old Trafford.

Tak lama berselang, MU pun meresmikan transfer pemain barunya ini. "Manchester United dengan senang hati mengumumkan bahwa pada prinsipnya menyepakati persyaratan dengan Swansea City dan Daniel James untuk transfernya ke klub," demikian pernyataan MU melalui laman resmi klub.

"Daniel telah menuntaskan tes medis di kompleks pelatihan. Mengenai perincian selanjutnya akan dibicarakan setelah dibukanya jendela transfer pekan depan," tambah rilis tersebut.

Lantas, siapakah sebenarnya anggota terbaru skuad Setan Merah ini?

Pemilik nama lengkap Daniel Owen James ini lahir pada 10 November 1997 di Beverley, Inggris. Namun, ia memilih menjadi warga negara Wales. James telah memperkuat tim nasional Wales sejak jenjang usia U17, kemudian U19, U20, U21, dan kini di skuad senior dengan mengemas 2 caps dan 1 gol.

James mengawali pengalaman sepakbolanya di akademi Hull City pada 2006-2014, kemudian pindah ke akademi Swansea sampai 2016. Sejak musim 2015/2016, pemain yang berposisi sebagai winger ini sudah dipromosikan di skuad utama Swansea.

Nyaris ke Leeds

Dua musim perdana Premier League bersama Swansea, James sama sekali tidak dimainkan. Ia bahkan sempat dipinjamkan ke Shrewsbury Town yang berlaga di League One, kompetisi Divisi Ketiga Liga Inggris.

Musim 2017/2018, ia pulang ke Swansea dan sempat dimainkan di FA Cup. James langsung mencetak satu gol dalam satu kali laga. Sayangnya, Swansea harus terdegradasi dari Premier League pada musim itu.

James mencuri perhatian di Championship pada musim lalu atau 2018/2019. Ia tampil dalam 39 pertandingan dan melesakkan 6 gol di semua ajang yang diikuti Swansea. Hanya saja, klub yang bermarkas di Liberty Stadium, Wales, ini gagal promosi ke Premier League karena hanya finis di peringkat 10.


Kendati begitu, MU tampaknya sudah mantap untuk merekrut James. Sebelum diminati MU, James nyaris bergabung ke Leeds United dengan nilai transfer 8,5 juta poundsterling, namun kesepakatan tersebut batal.

Merapatnya James ke Old Trafford membuat Solskjaer punya pilihan semakin banyak untuk mengisi lini sayap serang Setan Merah. Saat ini, MU memiliki beberapa winger potensial macam Marcus Rashford, Jesse Lingard, Tahith Chong, bahkan Anthony Martial dan Alexis Sánchez yang juga bisa beroperasi dari sisi lapangan.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus