tirto.id - Berbelanja menjelang Lebaran seperti sudah menjadi tren di kalangan masyarakat. Kini, belanja tak perlu jauh-jauh ke toko. Sejak munculnya e-commerce, masyarakat bisa dengan mudah berbelanja lewat smartphone.
Co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm dalam siaran pers mengatakan jam favorit belanja di e-commerce itu berlangsung di antara pukul 12 hingga 2 siang selama Ramadan berdasarkan data tahun lalu.
Sebanyak 90 persen konsumen berbelanja melalui smartphone. Busana menjadi barang paling dicari selama Ramadan berdasarkan data tahun lalu.
"Secara total, pada Ramadan tahun lalu kami mendapatkan kenaikan jumlah order 50 persen lebih besar bila dibandingkan dengan bulan non-Ramadhan,” kata Florian, seperti dikutip dari Antara.
Apa saja barang-barang yang diburu di e-commerce selama Ramadan?
1. Busana
Gamis jadi salah satu pilihan favorit perempuan yang ingin berbusana syar'i. Jenis busana ini jadi produk paling laris di Lazada tahun lalu, khususnya jelang imsak hingga matahari terbit.
2. Makanan kaleng
Kue kering yang selalu meramaikan meja makan saat Lebaran adalah produk makanan terlaris jelang Idul Fitri, Lazada memperkirakan tahun ini produk yang sama masih digemari.
3. Perlengkapan dapur
Tahun lalu banyak konsumen membeli blender yang mempermudah tugas menyajikan minuman segar untuk para tamu yang datang saat bersilaturahmi.
4. Furnitur dan dekorasi
Set bantal sofa menjadi pilihan utama konsumen dalam kategori produk dekorasi untuk mempercantik rumah yang akan dikunjungi banyak tamu saat Hari Raya Idul Fitri.
5. Kesehatan dan kecantikan
Tahun lalu eyeliner, pelembab wajah serta foundation dan concealers jadi primadona di kategori ini.
6. Barang elektronik
Tahun lalu, TV Smart LED Ultra 3D dengan lebar layar 79 inci, menjadi salah satu produk high-end ekslusif yang diincar konsumen untuk memeriahkan perayaan hari Lebaran.
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra