tirto.id - Program dan para peserta Produce X 101 berhasil menguasai rating Buzzworthy untuk acara TV non drama Korea pada Senin (20/5/2019).
Menurut Good Data Corporation dikutip Soompi, Selasa (21/5), program dan para peserta Produce X 101 berhasil menjadi nomor 1 untuk kategori acara dan cast member non drama selama kurun waktu 13-19 Mei 2019.
Secara lebih rinci, daftar 10 acara TV tertinggi dalam Buzzworthy program TV non drama sebagai berikut ini.
- Mnet "Produce X 101" (31,66 persen)
- tvN "The Great Escape 2" (3,37 persen)
- MBC "I Live Alone" (2,74 persen)
- KBS2 "Gag Concert" (2,35 persen)
- MBC "My Little Television 2" (2,31 persen)
- SBS "Unanswered Questions" (2,29 persen)
- JTBC "Super Band" (2,13 persen)
- KBS2 "The Return of Superman" (2,08 persen)
- JTBC "Ask Us Anything" (1,83 persen)
- MBC "Radio Star" (1,77 persen)
Dari daftar tersebut, Produce X 101 yang ditayangkan di stasiun televisi Mnet menjadi satu-satunya program yang berhasil meraih rating dua digit. Lainnya di bawah 5 persen. Hanya The Great Escape mampu meraih lebih dari 3 persen.
Dengan kata lain, angka tersebut 10 kali lebih besar dari total rating The Great Escape yang menghuni peringkat kedua.
Sementara itu, selain berhasil meraih peringkat pertama untuk kategori program TV non drama, Produce X 101 melalui para pesertanya juga menguasai rating Buzzworthy kategori cast member.
Berikut ini nama-nama dari top cast member untuk Produce X 101 yang menguasai peringkat 10 besar.
- Kim Woo Seok (Produce X 101)
- Kim Yo Han (Produce X 101)
- Kim Min Kyu (Produce X 101)
- Song Hyeong Jun (Produce X 101)
- Jo Byeong Gyu (Produce X 101)
- Son Dong Pyo (Produce X 101)
- Koo Jung Mo (Produce X 101)
- Choi Su Hwan (Produce X 101)
- Cho Seung Youn (Produce X 101)
- Lee Eun Sang (Produce X 101)
Dari daftar di atas, 7 di antaranya merupakan top 11 peringkat tertinggi program Produce X 101 untuk episode minggu ke-3. Ketujuh nama tersebut di antaranya Kim Woo Seok, Kim Yo Han, Kim Min Kyu, Song Hyeong Jun, Son Dong Pyo, Koo Jung Mo, dan Lee Eun Sang.
Mengenai kriteria penilaian, Good Data Corporation menjelaskan bahwa data peringkat yang mereka dihitung berdasarkan jumlah artikel daring, postingan di blog, forum komunitas yang membicarakan para cast member, jumlah penonton dari video klip mereka, hingga tingkat kepopuleran nama-nama tersebut di berbagai media sosial.
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Ibnu Azis