Preview Rookie Historian Goo Hae Ryung Episode 17-18 di MBC

Oleh: Maria Ulfa - 14 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis Rookie Historian Goo Hae Ryung episode 17 dan 18 yang akan tayang di MBC
tirto.id - Drama Korea Rookie Historian Goo Hae Ryung episode 17 dan 18 akan tayang di MBC pada malam ini, Rabu (14/8/2019) pukul 18.55 WIB.

Pada episode yang tayang pekan lalu diceritakan, pangeran Lee Rim yang melihat Mo Hwa di pemukiman warga menanyakan tentang metode apa yang digunakan Mo Hwa untuk mengobati penyakit cacar pada anak-anak di desa tersebut.

Mo Hwa menjelaskan bahwa yang ia gunakan adalah metode inokulasi, dan sebagian besar dengan metode tersebut, Mo Hwa bisa menyelamatkan anak-anak. Tetapi, Lee Rim menolak metode itu untuk dilakukan kepada anak-anak lagi, karena itu bisa membahayakan.

Mo Hwa meminta pelayan pribadi pangeran Lee Rim untuk selalu menjaga pangeran di kamarnya. Mo Hwa minta pangeran untuk tidak keluar kamar agar ia tidak terjangkit wabah yang sedang menimpa desa tersebut.

Sementara, saat bertemu Mo Hwa, Goo Hae Ryung mengatakan bahwa seingat dirinya, pada 20 tahun lalu, Hae Ryung sepertinya pernah diobati dengan metode inokulasi oleh ayahnya, agar ia tidak tertular cacar.

Entah mengapa, pengakuan tersebut membuat Mo Hwa sedikit terkejut, sebab pada masa itu pasti tidak banyak yang mengetahui tentang metode inokulasi. Sehingga, Mo Hwa menduga bahwa ayah Hae Ryung adalah orang yang memiliki wawasan luas.

Di kerajaan, pangeran Lee Jin memerintahkan para kanselir kerajaan untuk mengirim bahan makanan serta obat ke sejumlah provinsi, seperti Pyeongyang dan Hwanghee untuk masyarakat yang tertimpa wabah penyakit.

Karena wabah yang menyebar di sejumlah daerah, para sejarawan menjadi sibuk dan kelelahan, sebab mereka harus ikut dalam sejumlah pertemuan kerajaan. Para sejawaran mengeluh dan mengatakan bahwa mereka kekurangan orang untuk melakukan semua pekerjaan yang semakin menumpuk tersebut.

Ratu Im yang khawatir dengan keadaan Lee Rim yang sedang berada Pyeongyang, meminta pangeran Lee Jin untuk segera membawa pulang adiknya tersebut. Tetapi, karena semua itu adalah perintah raja, tidak ada yang bisa Lee Jin lakukan.

Dengan bujukan Hae Ryung, pangeran Lee Rim akhirnya mau membaca buku tentang penyembuhan orang yang terkena cacar dengan menggunakan cairan cacar yang terdapat pada sapi. Cairan cacar yang ada pada sapi tersebut disuntikan kepada tubuh manusia agar mereka tertular dan kemudian sembuh dengan sendirinya.

Lee Rim akhirnya membaca buku tersebut dan mencoba mencernanya dengan baik. Setelah itu, Lee Rim langsung menemui Mo Hwa dan mengatakan bahwa ia setuju dengan idenya untuk mengobati masyarakat menggunakan metode inokulasi.

Untuk membujuk masyarakat agar mereka mau menggunakan metode tersebut, Lee Rim akan menjalani percobaan pertama sebagai contoh sebelum dilakukan kepada masyarakat.

Sementara, Min Ik Pyeong memerintahkan anak buahnya untuk menangkap Mo Hwa dengan alasan bahwa banyak yang ingin ia tanyakan kepada tabib tersebut. Saat para prajurit mengejar Mo Hwa, tiba-tiba muncul pasukan berkuda yang menyelamatkan Mo Hwa dari pengejaran tersebut.

Sementara, setelah demam selama beberapa hari, akhirnya pangeran Lee Rim sadarkan diri dan kesehatannya semakin membaik.

Sesuai dugaan, metode tersebut ternyata benar-benar berhasil. Masyarakat yang merasa yakin dengan obat tersebut akhirnya memutuskan untuk menggunakan metode yang sama agar tidak terdampak wabah cacar.

Sementara, setelah menyelesaikan tugasnya di Pyeongyang, pangeran dan rombongannya akhirnya meninggalkan daerah tersebut dan kembali ke istana di Hanyang.

Lee Rim Tinggalkan Istana?

Dalam preview untuk episode selanjutnya, pangeran yang pulang ke istana justru menerima kemarahan raja. Raja Lee Tae menganggap bahwa apa yang telah dilakukan Lee Rim di Pyeongyang, yakni mengenai penggunaan metode inokulasi sama sekali melanggar perintah darinya.

Sepertinya, karena lelah selalu disalahkan dan juga ingin hidup mandiri, pangeran Lee Rim meminta izin kepada ratu Im untuk meninggalkan istana. Akan tetapi, tentu saja ratu tidak mengizinkan pangeran meninggalkan istana.

Sementara, pangeran Lee Jin sepertinya didesak untuk segera memiliki momongan. Hal tersebut membuat permaisuri mendesak agar Lee Jin mau segera melakukan ritual meminta keturunan.

Menurut Nielsen Korea, episode 15 dan 16 Rookie Historian Goo Hae Ryung yang tayang pekan lalu berhasil memperoleh rating rata-rata 6,4 persen dan 4,7 persen untuk masing-masing episode, serta 6,5 persen untuk wilayah metropolitan Seoul.

Jika tidak ada perubahan jadwal, maka Rookie Historian Goo Hae Ryung episode 17 dan 18 akan tayang malam ini di MBC, pukul 20.55 KST, atau pukul 18.55 WIB.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
Kontributor: Maria Ulfa
DarkLight