Preview Doctor John Episode 17-18 SBS: Shi Young & Yo Han Diawasi?

Oleh: Maria Ulfa - 16 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis episode 17 dan 18 Doctor John akan tayang di SBS malam ini, Jumat (16/8/2019) pukul 10.00 p.m KST, atau pukul 20.00 WIB.
tirto.id - Drama Korea Doctor John telah memasuki episode 17 dan 18 dan akan tayang di SBS malam ini, Jumat (16/8/2019) pukul 10.00 p.m KST, atau pukul 20.00 WIB.

Pada episode yang tayang pekan lalu, Cha Yo Han mencoba meyakinkan pihak direksi dan kepala rumah sakit untuk bisa masuk ke dalam ruangan yang diisolasi. Cha Yo Han mengatakan bahwa bisa saja yang diderita orang di dalam ruangan sana bukanlah virus Nipah, oleh karena itu Yo Han harus memeriksanya secara langsung.

Cha Yo Hang mengatakan bahwa harus ada seseorang yang masuk apapun yang akan terjadi. Setelah perdebatan kecil, Cha Yo Han akhirnya bisa masuk ke ruangan tersebut.

Kang Shi Young akhirnya sadarkan diri setelah beberapa saat. Saat Shi Young melihat Cha Yo Han, ia justru terkejut dan meminta Yo Han untuk segera keluar dari ruangan tersebut.

Cha Yo Han mengatakan bahwa ada yang harus ia lakukan di dalam ruangan tersebut. Yo Han juga menjelaskan kepada Shi Young dan Lee Yoo Joon bahwa ia mencurigai tentang adanya kemungkinan bahwa semua ini bukanlah disebebakan oleh virus Nipah.

Jadi Yo Han mengatakan bahwa mereka harus segera menemukan penyebab nyeri yang diderita oleh pasien mereka agar semua orang bisa segera keluar dari ruangan isolasi tersebut.

Sementara, direktur Kang Yi Moon mengatakan bahwa apapun yang akan terjadi, Cha Yo Han harus diberi sanksi karena ia masuk ke ruangan isolasi tanpa mengikuti arahan protokol dari rumah sakit.

Selain itu, Cha Yo Han menghubungi semua murid dalam timnya dan meminta mereka bekerja sama untuk menemukan penyebab nyeri yang diderita pasien yang belakangan diketahui bernama Yoo Deok Yu.

Pasien sendiri dicurigai terkena virus Nipah karena ia sempat bertemu dengan rekannya yang baru saja pulang dari India. Akan tetapi, rekannya tersebut ternyata memang sempat mengalami demam setelah pulang dari India, tetapi kini ia baik-baik saja.

Sementara, melalui Kang Mi Rae, Cha Yo Han dan yang lainnya bisa mengidentifikasi pola hidup pasien sehingga mempermudah menemukan penyebab nyeri yang diderita oleh Yoo Deok Yu. Kang Mi Rae memang mengenal pasien karena mereka pernah berada pada satu acara sukarelawan.

Setelah melakukan sejumlah analisis, Cha Yo Han kemudian menyimpulkan bahwa penyebab nyeri yang diderita korban adalah Melioidosis, salah satu penyakit Whitemore, yakni penyakit yang disebabkan oleh paparan tanah atau air yang terkontaminasi bakteri.

Oleh karena itu, pasien langsung segera dites karena kemungkinan besar ia tidak terkena virus Nipah, sehingga ia sudah bisa dikeluarkan dari ruangan isolasi. Seluruh pasien yang ada di ruangan isolasi juga akhirnya bisa dipulangkan.

Karena kasus ini sudah didengar oleh sejumlah wartawan, mereka ingin mewawancarai Cha Yo Han tentang penyakit apa yang diderita Yoo Deok Yu sebenarnya, jika itu bukan virus Nipah. Kang Yi Moon yang mendengarnya langsung mengurungkan niat untuk memberi sanksi kepada Yo Han, dan ia justru senang karena kasus ini bisa dijadikan marketing rumah sakit.

Akan tetapi, Cha Yo Han memutuskan untuk tidak menemui para wartawan dan memilih mengunjungi ruang ICU dan melihat pasien Yoo Deok Yu.

Setelah keluar dari ruangan isolasi, Kang Shi Young langsung memeriksa Cha Yo Han dengan metode sederhana untuk memastikan bahwa Yo Han baik-baik saja.

Shi Young & Yo Han Diawasi?


Dalam preview untuk episode selanjutnya, entah mengapa Chae Eun Jung sangat terobsesi untuk memenjarakan Cha Yo Han lagi. Bahkan, kali ini, Eun Jung membayar orang untuk mengawasi Kang Shi Young dan Cha Yo Han.

Sementara, Kang Shi Young akhirnya menyatakan perasaannya kepada Yo Han. Akan tetapi, saat itu tiba-tiba para wartawan muncul dan membuat keduanya menjadi canggung. Mengenai insiden tersebut, Shi Young sedikit cemas, sebab Yo Han sama sekali tidak memberi respons tentang penrnyataannya tersebut.

Selain itu, tiba-tiba Cha Yo Han mengalami sesak napas, entah apa yang terjadi padanya, dan tidak lama kemudian Yo Han tidak sadarkan diri.

Menurut Nielsen Korea, episode 15 dan 16 Doctor John yang tayang pekan lalu berhasil memperoleh rating rata-rata 10,1 persen dan 7,3 persen untuk masing-masing episode, serta 11,3 persen untuk wilayah metropolitan Seoul.

Jika tidak ada perubahan jadwal, maka Doctor John episode 17 dan 18 akan tayang malam ini di SBS, pukul 10.00 p.m KST, atau pukul 20.00 WIB.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
Kontributor: Maria Ulfa, Maria Ulfa
DarkLight