Preview Avatar The Legend of Aang Episode 19: Pertarungan Suku Air

Oleh: Sirojul Khafid - 28 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Avatar: The Lagend of Aang episode 19 akan tayang di stasiun televisi Global TV hari ini
tirto.id - Avatar: The Lagend of Aang episode 19 akan tayang di stasiun televisi Global TV hari ini, Selasa (28/4/2020) pukul 15.45 WIB. Jam tayang animasi ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Pada episode sebelumnya, Aang telah sedikit belajar elemen pengendalian api dari Jeong. Dia merupakan mantan pasukan api yang kemudian berkhianat. Namun latihan yang belum tuntas tersebut harus terhenti karena laksamana Zhao dari negara api menyerang. Jeong merupakan guru Zhao dahulu kala.

Kemudian Aang, Katar dan Saka pergi ke kuil udara utara. Keberadaan kuil udara utara mereka dapat dari cerita para pejalan. Para pengendali udara di kuil utara berbeda dengan Aang. Apabila Aang murni mengendalikan udara, di kuil tersebut mereka menggunakan semacam pesawat sederhana. Naasnya lagi, pasukan api masih saja mengikuti dan menyerang mereka. Pasukan kuil udara dan Aang berhasil menang.

Perjalanan Aang, Katara dan Saka berlanjut menuju suku air utara. Aang memerlukan guru pengendali air. Dia belum menguasai elemen itu. Setelah bertemu dengan suku air utara dan disambut dengan meriah, Aang mendapat guru bernama guru Pakku.

Walaupun pengendalian airnya hebat, namun Pakku merupakan orang yang tegas dan menyebalkan.

Pada hari pertama latihan, Aang membawa Katara yang juga ingin belajar pengendalian air. Namun adat suku air utara tidak membolehkan perempuan berlatih elemen air untuk bertarung.

Pakku memerintahkan Katara untuk berlatih elemen penyembuhan dengan guru Yugoda. Ternyata Yugoda merupakan teman dari kakek Katara bernama Kana.

Di suku tersebut, Saka bertemu dengan putri Yue. Mereka saling jatuh cinta. Sayangnya Yue telah dijodohkan dengan lelaki lain. Dia tidak bisa menolak demi kelangsungan suku air utara.

Karena merasa kesal dengan Pakku, Katara menantangnya bertarung. Pertarungan cukup menarik, walaupun akhirnya Katara kalah. Namun dari pertarungan itu Pakku tahu apabila Katara merupakan cucu Kana, gadis yang dia cintai dahulu. Sejak saat itu, Pakku menerima Katar sebagai muridnya.

Pada episode kali ini, Saka dan Yue semakin dekat. Saka ingin mencoba menyenangkan Yue dengan mengajaknya terbang menggunakan bison Appa. Saat terbang tersebut, mereka melihat tanda-tanda bahwa pasukan negara api pimpinan laksamana Zhao telah mendekat. Para penduduk suku air utara juga mendapat tanda itu.

Kini semua orang yang ada di suku air utara memulai persiapan tempur. Mereka mencari para sukarelawan untuk bertarung melawan pasukan negara api. Saka termasuk dalam pasukan sukarelawan.

Aang berada di garis depan. Dahulu, saat sukunya diserang dan dihancurkan oleh negara api, dia tidak bisa membantu. Sekarang keadaan berbeda. Dia ada saat negara api menyerang.

Kekuatan pasukan negara api pimpinan laksamana Zhao semakin mendekat. Mereka mendapat tambahan kekuatan dengan bergabungnya jenderal Iroh. Namun di sisi lain, Iroh menyelundupkan pangeran Zuko yang juga sedang mencari Aang. Pertarungan pasukan negara api dan suku air utara dimulai.


Baca juga artikel terkait FILM ANIMASI atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight