Presiden Jokowi Resmikan 2 Bandara Baru di Papua Hari Ini

Reporter: Faesal Mubarok, tirto.id - 23 Nov 2023 09:20 WIB
Presiden Jokowi akan meresmikan Bandara Douw Aturure di Nabire Papua Tengah dan Bandara Siboru di Fakfak Papua Barat.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Bandara Douw Aturure di Nabire Papua Tengah dan Bandara Siboru di Fakfak Papua Barat. Kedua bandara tersebut merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau langsung 2 Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut.

“Kita sudah membangun bandara yang cantik dan keren di Papua. Inshaallah sudah siap diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi besok [Kamis, 23/11/2023],” ucap Budi Karya melalui keterangan resmi, Rabu (22/11/2023).

Bandara ini nantinya akan dilengkapi fasilitas pendukung seperti terminal, runway dan fasilitas lainnya.

“Pemerintah daerah telah menyediakan lahannya kepada pemerintah pusat. Kemudian, pemerintah pusat yang melakukan pembangunan baik terminal, runway dan fasilitas lainnya,” ucap dia.

Melalui kehadiran dua bandara ini diharapkan dapat melancarkan mobilitas masyarakat dari dan ke Papua, baik ke Nabire maupun Fakfak.

“Kami mohon dukungan pemerintah daerah untuk melakukan upaya-upaya untuk memasarkan bandara ini agar penumpang dan penerbangannya semakin ramai,” kata dia.

Untuk diketahui, Bandara Siboru dibangun mulai 2020 hingga 2023. Sedangkan, Bandara Douw Aturure baru dibangun mulai 2020 hingga 2022.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni, Direktur Angkutan Udara Putu Eka Cahyadi, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Tengah Anwar Harun Damanik, Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin, Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, serta Arsitek Bandara Siboru Andra Matin.



Baca juga artikel terkait BANDARA DI PAPUA atau tulisan menarik lainnya Faesal Mubarok
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Faesal Mubarok
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight