STOP PRESS! Hatta Taliwang Ditangkap, Diduga Lakukan Ujaran Kebencian

Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara Miangas Warisan SBY

Reporter: Agung DH
19 Oktober, 2016 dibaca normal 1 menit
Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara Miangas Warisan SBY
Seorang pria menjemur kopra di pulau Miangas, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (26/5). Selain sektor perikanan dan perkebunan, produksi kopra menjadi salah satu lahan mata pencaharian utama sebagian besar penduduk setempat. Antara foto/Adwit B Pramono.
tirto.id - Setelah meresmikan proyek kelistrikan di Papua, Presiden Joko "Jokowi" Widodo dijadwalkan akan kembali meresmikan Bandara Miangas, Kepulauan Talaud dan Terminal Penumpang Bandara Kasiguncu, Poso. Peresmian proyek yang dibangun sejak pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2012 itu akan dipusatkan di Bandar Udara Miangas, Kepulauan Talaud, Sulut, Rabu (19/10) pagi ini.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin dalam siaran persnya Rabu (19/10/2016) menyampaikan, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Bandar Udara Miangas, Kepulauan Talaud dengan menggunakan Pesawat CN-295 TNI AU dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado.

Kepala Biro Setpres menjelaskan setelah peresmian Presiden dan Ibu Iriana Jokowi akan menuju ke Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado dengan menggunakan Pesawat CN-295 TNI AU untuk selanjutnya terbang ke Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

“Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan diperkirakan akan tiba pada sore hari di Jakarta,” pungkas Bey.

Bandara Miangas terletak di Pulau Miangas, salah satu pulau di gugusan  Nanusa, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Miangas merupakan satu pulau terluar di sebelah utara Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Filipina.

Bandara Miangas mulai dibangun tahun 2012 setelah dilakukan pembebasan tanah oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Talaud. Pembangunan bandara rampung pada pertengahan  tahun 2016 ini. Pembangunan Bandara Miangas ini diambil dari dana APBN dan APBNP tahun 2012-2016 sebesar Rp275.

Menurut laporan Kemenhub Bandar Udara Miangas memiliki panjang landasan pacu (runway) sepanjang 1.400 m x 30 m yang dapat didarati pesawat sejenis ATR-72. Selain itu, bandar udara tersebut dilengkapi runway strip 1.400 m x 150 m dan apron 130 m x 65 m yang mampu menumpang tiga unit pesawat.

(tirto.id : agu/agu)

Keyword