Presiden Joko Widodo Mencoblos Bersama Istri

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana - 17 April 2019
Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) tiba di TPS 008 yang bertempat di Pelataran Gedung Lembaga Administrasi Negara. Dia datang didampingi ibu negara, Iriana Joko Widodo. Mereka disambut Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.
tirto.id - Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) tiba di TPS 008 yang bertempat di Pelataran Gedung Lembaga Administrasi Negara. Dia datang didampingi ibu negara, Iriana Joko Widodo. Mereka disambut Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Sebelum mencoblos untuk Pemilu 2019, di bilik suara, Jokowi dan Iriana berulangkali mengacungkan kertas suara ke awak media. Pengamanan di TPS tersebut berlangsung ketat. Beberapa jam sebelumnya TPS itu sempat disterilkan.

Dalam Pilpres 2019, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin diusung oleh koalisi PDI-P, Partai NasDem, PKB, Partai Golkar, PPP, Partai Hanura, PKPI, dan PSI.

Di antara partai-partai pengusung paslon 01 tersebut, PDI-P mendapatkan 18,95 persen suara, diikuti Partai Golkar dengan 14,75 persen suara pada Pemilu 2014.

Sementara PSI dan Partai Perindo adalah dua partai baru tampil pada Pemilu 2019.

Di kubu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, ada lima partai pengusung. Empat di antaranya sudah berpartisipasi pada Pemilu 2014, yaitu Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS. Satu partai lain adalah pendatang baru pada Pemilu 2019, yaitu Partai Berkarya.

Berdasarkan aturan pemilu dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 pasal 222, pasangan capres dan cawapres dalam Pipres 2019 diusung oleh partai atau gabungan partai politik yang memiliki 20 persen jumlah kursi DPR atau mempunyai 25% suara sah nasional pada Pemilu 2014.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Dieqy Hasbi Widhana
Editor: Gilang Ramadhan