Menuju konten utama

Presiden Harap Perbankan Bisa Layani Masyarakat Pelosok

Jokowi menjelaskan bahwa dirinya mengapresiasi layanan dari bank BUMN tersebut sehingga kebutuhan keuangan masyarakat di kepulauan dapat dilayani.

Presiden Harap Perbankan Bisa Layani Masyarakat Pelosok
Presiden Joko Widodo. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari.

tirto.id - Presiden Joko Widodo berharap kepada perbankan agar dapat memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat di pelosok Indonesia, termasuk Maluku. Dilakukannya hal tersebut, kata Presiden, sekaligus meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat meninjau Kapal Bahtera Seva III yang memberi layanan Teras BRI di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tantui, Ambon, Provinsi Maluku.

"Negara kita ini negara kepulauan, memiliki 17 ribu pulau. Di Maluku Utara ada 800 pulau, di Maluku ada 1.340 pulau. Tidak mungkin itu dilayani lewat kantor-kantor yang ada di darat. Sehingga BRI membangun Teras BRI, artinya masyarakat di pulau-pulau itu dilayani dengan kapal," kata Jokowi, dikutip dari Antara, Jumat (24/2/2017).

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan bahwa dirinya mengapresiasi layanan dari bank BUMN tersebut sehingga kebutuhan keuangan masyarakat di kepulauan dapat dilayani.

Selain itu, ia mengatakan bahwa layanan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kepemilikan rekening dan keuangan inklusi di Indonesia.

Kepala Negara berharap agar ke depannya rakyat akan semakin terbiasa dengan sistem perbankan sekaligus dapat terlayani kebutuhannya dengan baik.

"Kapalnya bagus sekali. Ada ATM-nya dan langsung online. Ini sudah berjalan hampir enam bulan dan sudah ada tabungan dan deposito sebesar Rp5,4 miliar serta sudah mengeluarkan kredit Rp7 miliar. Proses seperti ini yang terus akan kita dorong agar pulau-pulau juga terlayani semuanya. Masyarakat juga masuk ke dalam sistem perbankan. Ini yang kita namakan keuangan inklusi," ujar Presiden.

Ia juga mengatakan bahwa fasilitas perbankan yang tersedia seperti tabungan, deposito dan juga pinjaman kredit. "Jadi kita membiasakan rakyat untuk terbiasa dan masuk ke dalam sistem perbankan," jelasnya.

Untuk diketahui, Kapal Bahtera Seva III adalah kapal khusus yang menyediakan layanan keuangan dari Bank BRI kepada masyarakat dan menjadi salah satu solusi dalam menjembatani kesulitan akses yang dialami masyarakat daerah terpencil, khususnya di wilayah pesisir kepulauan, yang kesulitan menjangkau layanan perbankan.

Dengan adanya "bank terapung" tersebut, masyarakat kecil yang utamanya berada di pulau-pulau terpencil diharapkan memiliki akses kepada perbankan dan permodalan.

Baca juga artikel terkait PERBANKAN atau tulisan lainnya dari Alexander Haryanto

tirto.id - Ekonomi
Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto