Prediksi Tottenham vs MU: Ujian Solskjaer yang Sesungguhnya

Oleh: Permadi Suntama - 12 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Laga Tottenham vs Manchester United bakal sukar diprediksi pemenangnya, namun yang jelas pertandingan ini adalah ujian sebenarnya bagi Solskjaer di Liga Inggris.
tirto.id - Tottenham Hotspur akan menjalani pekan ke-22 Liga Inggris, dengan menjamu Manchester United di stadion Wembley, London, pada Minggu (13/1/2019) pukul 23.30 WIB. Kedua tim, sama-sama dalam performa positif jelang big match pertama Ole Gunnar Solskjaer tersebut.

Solskjaer, sebelumnya telah mencatatkan 5 kemenangan beruntun di semua ajang. Namun, lawan-lawan yang dihadapi Red Devils di 5 laga terakhir belum menggambarkan kejeniusan sang manajer, karena kualitas lawan masih di bawah Setan Merah.

“Anda semua tahu tim terbaik di liga (Inggris) dan tentu saja kami harus menyadari kekuatan mereka. Tapi, saya dibesarkan dengan cara yang kami butuhkan untuk menyerang tim [lawan]. Saya pikir itu kekuatan kami, maju dan menyerang, sebagai tim ketika Anda melihat kami sekarang seperti cara kami bermain,” kata Solskjaer seperti dikutip laman resmi Manchester United Kamis (10/1/2019).

“Kami tidak akan mendapatkan banyak peluang untuk menyerang menghadapi tim ini (Spurs) seperti yang kami miliki sebelumnya, jadi kami harus siap ketika kami menguasai bola dan bermain dengan baik,” tambah manajer berkebangsaan Norwegia tersebut.

Sementara itu, Tottenham Hotspur dalam performa yang tak kalah bagus. Sempat kalah dari Wolverhampton Wanderers di kandang sendiri, The Lilywhite berhasil bangkit dengan meraih 3 kemenangan beruntun pada semua ajang tanpa kebobolan. Kendati demikian, Mauricio Pochettino harus tetap memerhatikan kondisi pemain, karena Spurs masih berlaga di empat kompetisi.

"Sangat penting bagi klub untuk terlibat dalam empat kompetisi," kata Pochettino, seperti dikutip laman resmi Tottenham Hotspurs, Jumat (11/1/2019). “Memang benar bahwa itu adalah tanggung jawab besar dan sangat sulit untuk mengelola semuanya tetapi itu adalah ide kami, untuk mencoba memenangkan setiap pertandingan di kompetisi apa pun,” tambah manajer berkebangsaan Argentina tersebut.tott

Perkiraan susunan pemain

Tottenham Hotspur (4-3-1-2): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Davinson Sanchez, Toby Alderweireld, Ben Davies; Moussa Sissoko, Harry Winks, Christian Eriksen; Dele Alli; Son Heung-Min, Harry Kane

Manchester United (4-3-3): David De Gea; Ashley Young, Phil Jones, Victor Lindelof, Luke Shaw; Ander Herrera, Nemanja Matic, Paul Pogba; Jese Lingard, Marcus Rashford, Anthony Martial

Prediksi jalannya laga

Kedua tim memiliki karakter bermain yang mirip, dapat bermain dengan penguasaan bola yang tinggi, atau sedikit memegang bola, dan bermain efektif. Spurs saat ini menjadi tim dengan rerata penguasaan bola terbanyak kelima, yakni 56 persen per laga.

Sementara itu, Manchester United juga menjadi tim dengan penguasaan bola yang tinggi di Liga Inggris, sejak ditangani Solskjaer dengan rerata di atas 64% per laga. Namun, Paul Pogba dan kolega juga dapat bermain efektif, dengan penguasaan bola minim, seperti yang mereka tunjukkan saat melawan Reading di ajang Piala FA.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live