Liga 1 2019

Prediksi TIRA-Persikabo vs Persib: Pertahanan Maung Bandung Diuji

Oleh: Hendi Abdurahman - 13 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Di laga TR-Kabo vs Persib, Ciro Alves diprediksi mendapat perhatian khusus, selain telah mencetak 11 gol, determinasinya kerap membuat konsentrasi pemain bertahan pecah.
tirto.id - Duel TIRA-Persikabo vs Persib dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan 18 bakal dihelat di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (14/9/2019) pukul 18.15 WIB. Menghadapi tim berperingkat dua klasemen sementara, Maung Bandung diprediksi tak akan mudah meraih poin.

Melihat laga pemungkas kedua tim, Persib lebih baik lantaran menang atas PSS sedangkan TIRA-Persikabo hanya bermain seri melawan Borneo FC. Akan tetapi, kondisi tersebut tidak bisa dijadikan patokan.

Pasalnya, anak asuh Rahmad Darmawan dalam kepercayaan diri tinggi untuk mengamankan tiga poin dengan misi terus memberi tekanan kepada Bali United yang berada di puncak. Ciro Alves dan kolega pun memiliki ambisi menyudahi hasil kurang memuaskan di dua pertandingan termutakhir.

Keberadaan tiga penggawa anyar yang dipunyai Persib membuat TIRA-Persikabo semakin meningkatkan kewaspadaan. Menurut Rahmad, kehadiran mereka membuat permainan Maung Bandung sedikit berbeda. Hal itu terlihat saat melawan PSS.

“Dan kami tahu, di putaran kedua ini banyak memberikan warna berbeda dengan hadirnya pemain-pemain baru mereka. Kami sudah sama-sama melihat bagaimana kualitas mereka, memang sangat baik pada pertandingan melawan PSS. Itu yang harus diwaspadai oleh kami," kata Rahmad.

Di sisi lain, pelatih Persib, Robert Alberts mengatakan bahwa menghadapi TIRA-Persikabo merupakan laga yang sulit. Kombinasi para pemain asing dan pemain lokal yang dimiliki Laskar Padjadjaran, disebut pria asal Belanda itu sangat menjanjikan.

Sosok Ciro Alves menjadi pemain yang diperkirakan bakal mendapat perhatian khusus. Selain telah mencetak 11 gol, determinasi Ciro kerap membuat konsentrasi pemain bertahan kebingungan, antara melakukan pressing atau menjaga daerah.

“Mereka membangun tim di sekeliling pemain asing yang tangguh dan mereka punya transisi dari bertahan ke menyerang terbaik di Liga. Barisan pertahanan mereka juga solid. Tandang ke masrkas TR-Kabo itu akan sulit untuk setiap tim. Tapi dengan motivasi dari pemain kami di putaran kedua, saya sangat optimis bisa mendapatkan awal yang bagus,” papar Robert.

Perkiraan Susunan Pemain

TIRA-Persikabo: Angga Saputra; Rifad Marasabessy, Khurshed Beknazarov, Ady Setyo, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Wawan Febrianto, Louis Parfait, Ciro Alves; Osas Saha, Loris Arnaud.

Persib: I Made Wirawan; Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Ardi Idrus; Abdul Aziz, Omid Nazari, Febri Hariyadi, Esteban Vizcarra; Kevin van Kippersluis, Ezechiel N’Douassel.

Prediksi Jalannya Pertandingan

Kendati bermain tandang, Persib diperkirakan bakal bermain menyerang. Sosok Nick Kuipers, Omid Nazari dan Kevin van Kippersluis akan kembali diandalkan dan diprediksi turun sebagai starter.

Sementara itu, sebagaimana diungkapkan Robert Alberts, TIRA-Persikabo yang memiliki transisi bagus akan memaksimalkan kelihaian dan ketajaman Ciro Alves. Meskipun bukan seorang striker murni, pemain asal Brasil itu menjadi top skor klub dengan catatan 11 gol.

Ujian akan dihadapi lini pertahanan Persib lantaran produktivitas tuan rumah sejauh ini menjadi yang terbaik di Liga 1 2019. Mereka telah menorehkan 38 gol. Fakta tersebut membuktikan bahwa Persib akan menghadapi ujian berat dalam laga nanti.

Terlebih, Achmad Jufriyanto dan kolega telah kebobolan 25 gol dan menjadi salah satu di antara lima tim dengan pertahanan terburuk.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Ibnu Azis
DarkLight