Prediksi Timnas U-19 Indonesia vs Thailand Hari Ini: Bukan Hal Baru

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 23 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Timnas U-19 Indonesia akan menantang lawan yang tak asing dalam PSSI 88th U-19 Anniversary Tournament hari ini: Thailand.
tirto.id - Laga kedua kompetisi PSSI 88th U-19 Anniversary Tournament akan mempertemukan Timnas U-19 Indonesia vs Thailand di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (23/9/2018) hari ini. Laga yang rencananya akan dihelat tanpa penonton ini bukanlah sesuatu yang baru bagi kedua kubu.

Timnas U-19 Indonesia dan Thailand memang tak asing lagi dengan kekuatan satu sama lain. Dalam kurun waktu dua tahun saja, sudah empat kali keduanya bersua di waktu dan tempat yang sama. Terakhir, masih segar dalam ingatan saat Garuda Nusantara menundukkan Thailand dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-19 2018 bulan Juli lalu.

Kala itu, Indonesia menang 2-1, di mana dwigol dicetak Febi Eka Putra dan Syahrian Abimanyu, sementara angka balasan Thailand tercipta lewat kaki Matee Sarakum. Ketiga pemain bahkan tercatat masih memperkuat skuat yang sama.

"Ini pertemuan kami dengan Thailand yang kelima, dan saya pikir dari pemain mereka tidak banyak yang berubah. Begitu juga dengan cara mereka bermain," ungkap pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri.

Meski tak berbeda jauh dan menang di perjumpaan terakhir, pelatih Indonesia, Indra Syafri berharap para pemainnya tak lengah. Apalagi, di empat laga lain Indonesia selalu takluk dari Gajah Putih. Duel kontra Thailand nanti memang sebatas uji coba. Namun, laga tersebut dapat berperan banyak terhadap persiapan Garuda Nusantara menuju Piala AFC U-19 yang bakal dihelat bulan depan.

"Tujuan dari uji coba ini adalah mengimplementasikan rencana taktik yang akan digunakan. Sepak bola adalah hal yang dinamis, dan tentu faktor taktik juga harus dinamis. Jadi, menurut saya, uji coba memang sangat penting ketimbang kami tidak melakukan uji coba hanya karena tidak ingin permainan tim diketahui lawan di Piala AFC nanti," tutur Indra seperti dikutip laman resmi PSSI.

Thailand sendiri menatap laga kontra Indonesia setelah kalah 3-0 dari China pada laga perdana di ajang yang sama, Jumat (21/9/2018). Pelatih Timnas U-19 Thailand, Itshara Sritharo berharap duel kontra Indonesia dapat berujung dengan hasil lebih baik.

"Saya perkirakan ini akan menjadi pertandingan yang menarik. Kami berharap bisa memenangi laga ini," tuturnya.

Head to Head Timnas U-19 Indonesia vs Thailand (Lima Pertemuan Terakhir)

14/7/2018 AFF19 Thailand U-19 1-2 Indonesia U-19
9/7/2018 AFF19 Indonesia U-19 1-2 Thailand U-19
15/9/2017 AFF19 Indonesia U-19 0-0/p.2-3 Thailand U-19
14/9/2016 AFF19 Indonesia U-19 2-3 Thailand U-19
5/9/2014 AFF19 Indonesia U-19 2-6 Thailand U-19

Perkiraan Susunan Pemain

Timnas U-19 Indonesia: Muhammad Aqil Savik, Kadek Raditya Maheswara, Nurhidayat Haji Haris, Muhammad Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Muhammad Rafli Mursalim, Muhammad Rifad Marasabessy, Feby Eka Putra, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Alberth Ferre, David Kevin Wato Rumakiek.

Timnas U-19 Thailand: Napphon Lakhompton; Kittach Prankthi, Nattawut Chootwat, Sittichok Paso, Matee Sarakum, Suphanat Mueanta, Sakunchai Saengthopho, Kritsana Daokrajai, Pithak Phaphirom, Thirapak Prueangna, Anusak Jaiphet.

Kickoff pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Thailand dijadwalkan pukul 18.30 WIB. Jika tak ada perubahan, laga ini dapat disaksikan lewat siaran RCTI dan iNews TV.

Baca juga artikel terkait PSSI 88TH U-19 ANNIVERSARY TOURNAMENT atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight