Prediksi Timnas Indonesia U19 vs China: Kesempatan Pemain Seleksi

Oleh: Wan Faizal - 19 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Timnas U19 Indonesia vs China: Fakhri Husaini bakal memainkan komposisi pemain yang berbeda.
tirto.id - Timnas Indonesia U19 akan melakoni laga uji coba melawan China U19 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Minggu (20/10/2019) pukul 16.00 WIB. Laga ini dapat menjadi kesempatan bagi sejumlah pemain yang statusnya masih relatif belum aman dalam skuad asuhan Fakhri Husaini.

Mendekati babak Kualifikasi Piala Asia U19 2020 yang akan digelar November mendatang, Fakhri terus mencari komposisi yang tepat untuk disertakan sebagai 23 penggawa. Dari 27 nama yang ada saat ini, beberapa di antaranya sudah masuk ke dalam skema permainan yang diinginkan Fakhri.

Di sisi lain, laga kedua melawan China ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa pemain yang statusnya belum aman.


Salah satunya adalah Serdy Hepyfano. Striker yang baru bergabung dengan Timnas U19 itu masih terus dipantau kemampuannya oleh sang pelatih. Pada laga pertama kontra China di Stadion Gelora Bung Tomo lalu, Serdy mendapatkan menit bermain. Saat itu, ia masuk pada menit 62 menggantikan Sutan Zico.

Dalam kesempatan tersebut performa Serdy dinilai belum maksimal. Kendati kerap mendapat suplai bola dari rekan setimnya, Serdy sering terlihat kebingungan ketika berada di kotak penalti lawan.

“Serdy baru bergabung dengan tim dua minggu ini. Ia adalah salah satu pemain baru yang kami pilih untuk memperkuat sektor depan kami. Mengenai performanya kemarin, saya tidak khawatir. Kami masih punya banyak stok striker termasuk Bagus Kahfi dan Saddam Emiruddin,” kata Fakhri.

Sementara itu pelatih China, Chen Yao Dong, mengakui keunggulan Indonesia dalam laga pertama lali yang berakhir dengan skor 3-1. Tiga gol Indonesia yang dicetak oleh Bagus Kahfi, Fajar Faturrahman, dan Alfeandra Dewangga hanya mampu dibalas tim tamu lewat Tao Qianglong.

Pada pertemuan kedua besok, China menjanjikan permainan yang berbeda. Apalagi mereka bakal mendapat amunisi baru dengan bergabungnya lima pemain anyar.

“Indonesia bermain bagus di babak pertama. Sementara di babak kedua kami coba untuk melawan dan mendapatkan satu gol. Di pertandingan kedua nanti kami akan menyiapkan strategi yang lebih spesifik. Kami juga memanggil lima pemain baru untuk laga kedua nanti,” ujar Yao Dong.

Pada laga perdana lalu, performa China di babak kedua terlihat membaik. Maka diperkirakan laga kedua nanti akan berjalan lebih berat bagi skuad Garuda. Sebuah kondisi yang tentu saja diharapkan oleh Fakhri guna melihat lebih jauh kesiapan skuadnya.

Kondisi Tim Terkini

Diprediksi, Fakhri Husaini akan merotasi sejumlah pemain di laga nanti. Mereka yang tidak bermain atau mendapatkan jumlah menit yang minim diperkirakan bakal dipasang. Termasuk Serdy atau Saddam yang bisa saja mengisi pos lini depan sejak menit pertama.

Sementara hal yang sama juga diperkirakan dilakukan China. Yao Dong tentu sudah mempelajari bagaimana permainan Indonesia dari laga pertama. Termasuk mengoreksi apa yang menjadi kekurangan dari timnya agar bisa memberikan perlawanan lebih di laga kedua nanti.

Perkiraan Susunan Pemain:

Indonesia: Muhammad Adi Satrio; Bagas Kaffa, Komang Teguh, Salman Alfarid, Yudha Febrian; Brylian Aldama, Braif Fatari, Rendy Juliansyah; Mohammad Supriadi, Bagus Kahfi, Serdy Hepyfano

China: Huang Zihao; Tayier Xiaokaitijiang, Chen Rong, Zhu Yue, Mohemaiti Naibijiang; Zheng Xuejian, Shi Yucheng; Leng Jixuan, Liu Junxian, Tao Qianglong; He Zhenyu.

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight