Piala AFF U-18 2019

Prediksi Timnas Indonesia U18 vs Brunei: Incar Kemenangan Ketiga

Oleh: Wan Faizal - 9 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Timnas Indonesia U-18 vs Brunei: Garuda sangat berpeluang menang.
tirto.id - Laga Timnas Indonesia U-18 vs Brunei dalam lanjutan Piala AFF U-18 di Grup A akan digelar di Stadion Go Dau, Sabtu (10/8/2019) pukul 16.00 WIB. Berdasarkan prediksi, Timnas U-18 masih ditempatkan sebagai unggulan untuk bisa meraih kemenangan ketiga sepanjang turnamen.

Kesempatan anak asuh Fakhri Husaini untuk lolos ke semifinal akan semakin besar andai bisa mengalahkan Brunei. Sudah enam poin yang dikoleksi oleh Amiruddin Bagas Kaffa dan kawan-kawan. Pertama ketika membantai Filipina 7-1 dan kemarin giliran Timor Leste yang dibantai dengan skor 4-0.

Melawan Brunei pun diperkirakan tidak akan memberikan kesulitan bagi Indonesia U-18. Aisan Aizuddin dan kolega sudah menelan dua kekalahan dari dua laga perdana. Masing-masing saat kena hajar 7-2 oleh Timor Leste dan kalah tipis 1-0 atas Laos.

Namun, Fakhri coba meredakan optimisme besar tersebut. Sang pelatih tak mau anak asuhnya masuk ke lapangan dengan membawa sikap meremehkan lawan. Andai itu yang terjadi, maka bahaya besar bisa saja mengintai pasukan Indonesia.

“Kami tidak boleh meremehkan calon lawan karena bisa menjadi berbahaya. Faktanya, Brunei sanggup mencetak dua gol ke gawang Timor Leste. Secara persiapan pun mereka sebenarnya lebih baik dari kami dalam hal dimulainya masa pemusatan latihan,” terang Fakhri.

Sikap selalu memiliki rasa hormat pada lawan memang bisa menjadi kunci sukses sebuah tim. Fakhri tak ingin anak asuhnya terlena hanya karena timnya akan berhadapan dengan lawan yang secara kualitas bisa dikalahkan. Dengan tetap menghormati lawan, para pemain akan menuntut dirinya sendiri untuk terus memberikan yang terbaik di lapangan.

“Saya selalu katakan pada para pemain untuk selalu menghormati lawan dan jangan sampai meremehkan mereka. Siapa pun lawan kami, jangan pernah minder ketika bertemu dengan yang lebih kuat dan jangan sesekali sombong saat lawan dirasa lemah,” lanjutnya.

Meski demikian, anggapan bahwa Indonesia akan memetik kemenangan atas Brunei memang tak terelakkan lagi. Brunei barangkali memang akan memberikan perlawanan keras, namun mereka diprediksi akan menelan kekalahan ketiga di pertandingan nanti.



Kondisi Tim Terkini

Terbuka besar kemungkinan Fakhri mengistirahatkan sejumlah pemain utama. Pasalnya dua hari setelah melawan Brunei, timnya masih akan berjumpa lawan yang relatif lebih kuat, yakni Laos. Maka dalam jadwal yang ketat seperti ini, rotasi pemain bisa menjadi salah satu kunci sukses sebuah tim.

Namun sepertinya tidak demikian dengan Brunei. Jika masih memiliki ambisi untuk lolos, maka para pemain terbaik harus tetap diturunkan menghadapi Indonesia. Termasuk Aizuddin yang di laga pertama melawan Timor Leste sukses menyumbangkan dua gol.

Perkiraan Susunan Pemain:

Indonesia (4-3-3): Ernando Ari; Fadhil Aksah, Komang Teguh, Alfeandra Dewangga, Yudha Febrian; Brylian Aldama, Braif Fatari, Rendy Juliansyah; Fajar Fathur Rahman, Mohammad Supriadi, Bagus Kahfi

Brunei (4-4-2): Abdul Taufik; Aisan Aisamuddin, Nazhan Zulkifli, Salleh Emzah, Daniyal Zinin; Hadif Aiman, Abdul Roslan, Amirul Aizad, Aisan Aizuddin; Aminuddin Masri, Syafiq Safiuddin

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal , Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal

DarkLight