FIFA Friendly Match

Prediksi Timnas Indonesia Senior Kontra Myanmar, Ujian bagi Simon

Oleh: Beni Jo - 24 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Duel Myanmar vs Indonesia digelar Senin (25/3/2019) pukul 18.00 WIB di Stadion Mandala Thiri, Mandalay, Myanmar. Timnas Indonesia optimistis meraih kemenangan pada laga persahabatan resmi FIFA ini.
tirto.id - Pertandingan uji coba internasional antara Myanmar vs Indonesia digelar Senin (25/3/2019) pukul 18.00 WIB di Stadion Mandala Thiri, Mandalay, Myanmar. Duel ini akan menjadi laga resmi pertama bagi pelatih Simon McMenemy dalam menangani Timnas senior Indonesia.

Laga tandang melawan Myanmar ini akan menjadi ujian perdana bagi eks pelatih Bhayangkara FC itu untuk membuktikan kapasitasnya sebagai seorang pelatih tim nasional. Sebelumnya, Simon pernah menangani timnas Filipina dengan prestasi tertingginya lolos semifinal Piala AFF 2010 silam yang juga ditundukkan oleh Indonesia hingga gagal lolos final.

Di level klub, bersama The Guardian (julukan Bhayangkara FC), Simon mampu mempersembahkan gelar Liga 1 dua musim lalu. Maka, dengan menangani timnas Indonesia saat ini, sudah waktunya bagi pelatih asal Skotlandia itu untuk memberikan pembuktian melalui kemenangan bagi publik bola Indonesia.

Optimisme tinggi untuk meraih kemenangan pun diucapkan oleh asisten pelatih timnas Indonesia, Yeyen Tumena. Menurutnya, dengan persiapan yang sudah dilakukan selama ini, semua tim ingin memberikan kemenangan pada laga nanti.

"Coach Simon dan semua tim ingin mempersembahkan kemenangan pada pertandingan nanti. Dua minggu TC pertama dilakukan menjauh dari segalanya. Hal itu sangat baik untuk kekompakan dan kerja sama tim. Sekarang saatnya fokus memberikan perubahan dan melakukan yang terbaik saat melawan Myanmar," tutur Yeyen dilansir laman resmi PSSI pada Minggu (24/3).

Usai tiba di Myanmar pada Jumat (22/3), skuat asuhan Simon McMenemy itu langsung menggeber latihan di Ba Htoo Stadium, Mandalay, Sabtu (23/3). Terdapat 22 pemain yang disiapkan dalam menghadapi laga persahabatan resmi FIFA ini.

"Pemain dalam kondisi bagus, cuaca di Myanmar sama seperti Jakarta jadi tidak ada kendala. Hari ini kami lakukan berbagai menu latihan untuk persiapan laga melawan Myanmar," tambah Yeyen.

Dalam susunan pemain itu, diprediksi Indonesia akan menurunkan Andritany Ardhiyasa sebagai penjaga gawang utama. Selanjutnya disektor belakang, duet bek tengah kemungkinan akan dihuni oleh Hansamu Yama Pranata dan Rudolof Yanto Basna dengan Ruben Karel Sanadi serta Ricky Fajrin Saputra di kanan kiri mereka.

Pada lini tengah, terdapat cukup banyak pemain yang diboyong oleh Simon pada laga ini. Gelandang jangkar bisa ditempati oleh Evan Dimas Darmono dan Zulfiandi. Sedangkan tiga gelandang serang menampilkan Andik Vermansah, Stefano Janjte Lilipaly, serta Rahmat.

Untuk striker tunggal, ada pilihan antara menurunkan Ilija Spasojevic, Dedik Setiawan, atau Greg Nwokolo. Namun, kemungkinan besar bagi Spasojevic untuk ditampilkan sebagai starter dalam laga ini.


Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Hansamu Yama Pranata, Rudolof Yanto Basna, Ruben Karel Sanadi, Ricky Fajrin Saputra; Evan Dimas Darmono, Zulfiandi; Andik Vermansah, Stefano Janjte Lilipaly, Rahmat; Ilija Spasojevic

Cadangan: Teja Paku Alam, Arthur Barrios Bonai, Dedik Setiawan, Riko Simanjuntak, Febri Hariyadi, Greg Nwokolo, Manahati Lestusen, Novri Setiawan, Rizky Ahmad Sanjaya Pellu, Wahyu Subo Seto, Yustinus Pae


Baca juga artikel terkait LAGA PERSAHABATAN INTERNASIONAL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Agung DH