Timnas Indonesia U-23

Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam Final SEA Games 2019

Oleh: Permadi Suntama - 10 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan final SEA Games 2019 akan menampilkan laga Timnas U23 Indonesia vs Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, pada Selasa (10/12/2019) mulai pukul 19.00 WIB.
tirto.id - Pertandingan final sepakbola putra SEA Games 2019 akan menampilkan laga Timnas U23 Indonesia vs Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, pada Selasa (10/12/2019) mulai pukul 19.00 WIB. Berikut ini prediksi susunan pemain Timnas Indonesia U23 untuk melawan Vietnam di final.

Formasi 4-3-3 diprediksi tetap menjadi andalan Indra Sjafri untuk meredam permainan cepat Vietnam. Posisi penjaga gawang akan tetap diisi oleh Nadeo Argawinata kendati kiper Borneo FC ini sempat melakukan blunder fatal saat bersua Myanmar di semifinal.

Empat pemain yang akan mengisi lini belakang kemungkinan besar tidak akan berubah dari laga terakhir. Kapten Andy Setyo Nugroho dan Bagas Adi Nugroho bakal menjadi palang pintu di jantung pertahanan, ditopang oleh Asnawi Mangkualam Bahar dan Firza Andika di sisi sayap.

Bergeser ke lapangan tengah, tiga gelandang yang dipasang akan bergantung dengan skema yang dimainkan Indra Sjafri. Jika ingin lebih menjaga kedalaman, maka Rahmat Irianto bakal dimainkan bersama Evan Dimas Darmono dan Zulfiandi.

Namun, jika Indra Sjafri menginginkan permainan kreatif dan lebih menyerang, maka Syahrian Abimanyu atau Sani Rizki Fauzi yang akan dipasang mengisi posisi Rahmat Irianto.


Melihat permainan Indonesia vs Vietnam di penyisihan grup, Indra Sjafri diprediksi akan lebih memilih Rachmat Irianto yang memiliki kemampuan bertahan lebih baik lantaran sering pula berposisi sebagai bek tengah.

Selain itu, putra mantan bek nasional Bejo Sugiantoro itu juga diharapkan mampu membatasi pergerakan Ha Du Chinh dan Nguyen Tien Linh yang merupakan pemain paling berbahaya dari kubu Vietnam.

Terakhir, 3 pemain yang mengisi sektor penyerangan akan dipercayakan kepada Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, dan Saddil Ramdhani. Ketiganya terbukti ampuh dalam beberapa laga, ketimbang memainkan Muhammad Rafli sebagai pemantul bola di lini depan.

Osvaldo Haay yang sempat dikhawatirkan absen di laga final akibat menerima kartu saat melawan Myanmar, dipastikan dapat bermain, setelah hukumannya diputihkan. Selain itu, Egy Maulana Vikri, yang beberapa kali diganti karena masalah kebugaran juga diprediksi akan tetap dipasang oleh Indra Sjafri.


Dilansir dari situs web resmi PSSI, tim pelatih Indonesia terus berupaya untuk membuat para pemain dalam kondisi 100% di laga final.

"Latihan hari ini memang fokusnya untuk mengembalikan kebugaran pemain. Tim dokter dan fisio harus bekerja keras untuk membantu pemain kembali prima. Alhamdullilah, prosesnya berjalan baik, dan semoga semua anggota tim sudah dalam kondisi siap melawan Vietnam," kata Indra Sjafri.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U23:

Formasi 4-3-3: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Firza Andhika; Zulfiandi, Rachmat Irianto, Evan Dimas Darmono; Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdhani, Osvaldo Haay.

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight