Prediksi Sriwijaya FC vs Persebaya: Agar Tak Anjlok ke Papan Bawah

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 16 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Dalam pertandingan petang ini, Sriwijaya FC dan Persebaya akan sama-sama memasang target untuk menghindari papan bawah.
tirto.id - Pertandingan Sriwijaya FC vs Persebaya dalam pekan 22 GoJek Liga 1 di Stadion Jakabaring, Palembang, akan dihelat Minggu (16/9/2018). Pertandingan ini bakal jadi ujian bagi dua tim yang sedang berupaya menjauh dari ancaman berada di papan bawah.

Saat ini Sriwijaya FC dan Persebaya bersaing ketat. Berada di peringkat 12, Sriwijaya FC mengemas 26 poin, hasil tujuh kemenangan, lima kali imbang, serta sembilan kekalahan. Sementara itu Persebaya yang menempati posisi 13 menorehkan satu poin saja lebih sedikit.

Meski secara peringkat jauh dari zona merah, kedua tim cukup dekat dengan jurang degradasi jika diukur dari torehan poin. Saat ini mereka berjarak tak jauh dari tim teratas zona degradasi, Perseru Serui yang telah mengemas 23 poin.

Untuk Sriwijaya FC, pada laga ini mereka mendapat kabar baik dengan kembalinya Manuchekhr Dzhalilov dan Zulfiandi. Dzhalilov kembali usai pekan lalu tak tampil karena cedera, sementara Zulfiandi di pekan 21 sempat absen lantaran memperkuat Timnas Indonesia.

Namun, Sriwijaya FC bukannya tanpa cobaan dalam hal komposisi pemain. Bek andalan mereka, Alan Henrique dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning.

Terlepas dari absennya Alan dan kembalinya sejumlah pilar, pelatih Sriwijaya FC, Subangkit menuturkan jika Sriwijaya FC sedang dalam upaya memperbaiki performa. Transisi serangan jadi aspek yang dinilai Subangkit kurang, saat Sriwijaya FC takluk 1-0 dari Persipura pekan lalu.

"Dukungan dari sisi kiri juga tadi tidak ada, baik untuk transisi menyerang dan juga bertahan," kata eks pelatih PSIS itu seperti dikutip laman resmi GoJek Liga 1.

Pada pihak berlawanan, Persebaya pun akan melakoni cobaan berupa absennya sejumlah pemain bintang. Fandry Imbiri, Raphael Maitimo, serta Ruben Sanadi bakal menepi akibat terpaan cedera.

"Sudah ada pemain pengganti untuk pemain inti yang cedera. Semuanya sudah saya persiapkan, tinggal latihan rutin saja agar stamina setelah pertandingan kembali lagi," tegas pelatih Persebaya, Djadjang Nurjaman.

Persebaya pun tetap akan mendapat suntikan tenaga. Pemain sayap Irfan Jaya yang sebelumnya menepi karena panggilan Timnas Indonesia kini bisa membela Bajul Ijo lagi.

Pada putaran pertama lalu pertemuan antara Persebaya dan Sriwijaya FC terjadi di Stadion Gelora Bung Tomo. Skor akhir 1-1, di mana gol masing-masing kedua tim dicetak David Da Silva serta Alberto Goncalves.

Lima Laga Sriwijaya FC

11/9/2018 Liga 1 Persipura Jayapura 1-0 Sriwijaya FC Kalah
11/8/2018 Liga 1 Sriwijaya FC 1-2 Madura United Kalah
4/8/2018 Liga 1 Persib Bandung 2-0 Sriwijaya FC Kalah
29/7/2018 Liga 1 Sriwijaya FC 1-0 Borneo FC Menang
21/7/2018 Liga 1 Sriwijaya FC 0-3 Arema FC Kalah

Sriwijaya FC hanya sekali menang dalam lima pertandingan terakhir yang dilakoninya. Empat laga terakhir berujung hasil minor.

Lima Laga Persebaya Surabaya

11/9/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 0-2 PS TIRA Kalah
12/8/2018 Liga 1 Barito Putera 3-2 Persebaya Surabaya Kalah
5/8/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 3-1 Persela Lamongan Menang
31/7/2018 Liga 1 Perseru Serui 3-1 Persebaya Surabaya Kalah
26/7/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 3-4 Persib Bandung Kalah

Persebaya dalam tren sama persis. Mereka menelan empat kekalahan dan hanya sekali menang dalam lima laga terakhirnya.

Head to Head Sriwijaya FC vs Persebaya

22/4/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 1-1 Sriwijaya FC
28/2/2018 Pilgub Kaltim Persebaya Surabaya 2-0 Sriwijaya FC
20/9/2015 Piala Presiden Persebaya Surabaya 1-0 Sriwijaya FC
21/1/2015 SCM Persebaya Surabaya 1-1 Sriwijaya FC
10/2/2010 Liga 1 Persebaya Surabaya 0-2 Sriwijaya FC

Dalam lima bentrok terakhir, Persebaya dua kali mengalahkan Sriwijaya FC. Satu kali mereka kalah dari Laskar Wong Kito, serta dua kali bermain imbang.

Perkiraan Susunan Pemain vs Persebaya

Sriwijaya FC: Teja Paku Alam; Marckho Sandy Merauje, Mohamadou Alhadji, Goran Ganchev, Zalnando; Yu Hyun-koo, Zulfiandi, Muhammad Nur Iskandar; Esteban Vizcarra, Alberto Goncalves, Manuchekhr Dzhalilov.

Cadangan: Dikri Yusron, Achmad Faris, Roby Andika, Syahrian Abimanyu, Risky Dwi Ramadhana, Yogi Rahardian, Muhammad Rafif Putra.

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, O.K John, Otavio Dutra, Irvan Febrianto; Rendi Irwan, Misbakus Solikin, Robertino Pugliara; Irfan Jaya, David Da Silva, Ferinando Pahabol.

Cadangan: Alfonsius Kelvan, Andri Muladi, Muhammad Hidayat, Osvaldo Haay, Rishadi Fauzi, Oktafianus Fernando, Riky Kayame.

Kickoff pertandingan Sriwijaya FC vs Persebaya FC dijadwalkan pukul 18.30 WIB. Jika tak ada perubahan laga ini akan disiarkan langsung Indosiar, serta dapat diakses secara live streaming lewat Vidio.com.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan