Prediksi Real Madrid vs Sevilla: Tantangan Usai Juara Piala Super

Oleh: Beni Jo - 16 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Laga Real Madrid vs Sevilla pada Sabtu malam, 18 Januari 2020, diprediksi tidak akan mudah bagi tuan rumah.
tirto.id - Pertandingan Real Madrid vs Sevilla dalam jornada 20 La Liga Spanyol 2019/2020 akan digelar pada Sabtu malam (18/1/2020) pukul 22.00 WIB di Stadion Santiago Bernabeu.

Real Madrid baru saja meraih gelar Piala Super Spanyol 2019/2020 usai mengalahkan tim sekota, Atletico Madrid melalui adu penalti dengan skor akhir 4-1. Madrid hanya mampu bermain 0-0 di waktu normal saat melawan Los Colchoneros di laga final Piala Super.

Setelah lima hari lewat, Los Blancos menghadapi tantangan berikutnya di La Liga. Tim asuhan Zinedine Zidane bakal meladeni Sevilla dalam laga lanjutan La Liga 2019/2020. Sekalipun memiliki modal positif, Sevilla bukan lawan yang mudah ditekuk.

Baik Atletico maupun Sevilla kini mengoleksi 35 poin dan masing-masing menempati peringkat 3 dan 4, atau satu tangga di bawah Los Blancos yang sementara ini menjadi runner up klasemen La Liga dengan raihan 40 angka.

Meski tidak mudah, kemenangan dalam laga kontra Sevilla wajib diraih Madrid jika ingin menjaga jarak dengan 2 pesaing di bawahnya, sekaligus menempel ketat, atau malah menggeser jawara klasemen saat ini, Barcelona.

Madrid dan Barca kini mengoleksi poin yang sama. Namun, dalam jornada 20, Barcelona lebih beruntung karena cuma harus menjamu tim papan tengah, Granada pada 20 Januari mendatang.

Zidane juga sudah mengakui peerjuangan Real Madrid di La Liga masih panjang dengan rintangan yang tidak akan gampang untuk dilewati.

"Kami telah bekerja keras dan perlu sabar. Kami sempat kesulitan di awal musim, tapi itu biasa terjadi. Sekarang kami merasa senang dengan gelar ini (Piala Super), tapi musim masih panjang. Ada banyak kompetisi yang masih harus diperebutkan dan kami baru memulainya," ujar Zidane, dilansir laman resmi klub, usai laga kontra Atletico.

Sevilla memang bisa dianggap sepadan dengan Atletico Madrid melihat capaian tim tersebut sejauh ini di La Liga 2019/2020. Tim asuhan Julen Lopetegui tersebut tentu juga membawa misi khusus dalam lawatannya ke Santiago Bernabeu.

Sebagai mantan pelatih Madrid, Lopetegui pun diprediksi memiliki bekal cukup untuk meracik strategi yang dapat mengimbangi taktik Zidane.

"[...] Kami bakal melawan Real Madrid, laga yang menyenangkan tapi juga sulit. Kami harus mempersiapkannya dengan baik baru kemudian memikirkan yang terjadi selanjutnya," tutur Lopetegui, dikutip laman resmi klub.

Di sisi lain, catatan penampilan Los Rojiblancos sedang menunjukkan grafik menanjak. Sejak dikalahkan Villarreal pada La Liga pekan 17 di kandang sendiri, Ever Banega dan kawan-kawan mampu meraih tiga kemenangan dan sekali imbang dalam empat penampilan berikutnya.

Maka, tim tamu pun bukan merupakan lawan yang cukup mudah bagi Madrid meski mereka bakal turun di depan publiknya sendiri.


Prediksi Pertandingan Real Madrid vs Sevilla

Berdasar data Whoscored, Madrid lebih unggul dalam mencetak gol dari situasi open play. Mereka melesakkan 25 gol dari total 36 laga. Angka ini tertinggi kedua di Liga Spanyol di bawah Barcelona dengan 37 gol.

Sementara Sevilla hanya mencetak 12 kali dari open play dari total 24 golnya musim ini. Meskipun demikian, Los Rojiblancos ternyata menghasilkan 8 gol dari set piece, capaian terbanyak setara catatan Barca. Angka ini lebih baik daripada yang dicatatkan oleh tuan rumah dengan empat gol dari set piece.

Oleh karena itu, Los Blancos diprediksi bakal mengandalkan pemainan terbuka saat meladeni Sevilla. Sedangkan sang lawan kemungkinan lebih banyak memanfaatkan bola-bola mati dalam memburu gol ke gawang Madrid.

Perkiraan Susunan Pemain

Real Madrid (4-4-3): Thibaut Courtois; Daniel Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy; Federico Valverde, Casemiro, Luka Modric; Rodrygo, Luka Jovic, Vinicius Junior.

Sevilla (4-3-3): Tomas Vaclik; Daniel Carrico, Jules Kounde, Diego Carlos, Jesus Navas; Joan Jordan, Fernando, Ever Banega; Oliver Torres, Luuk de Jong, Munir El Haddadi.


Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight