Prediksi PSS vs PSIM di Liga 2 2018, Derbi DIY Tanpa Penonton

Oleh: Fitra Firdaus - 10 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Laga PSS vs PSIM di pekan ke-21 Liga 2 2018 digelar tanpa penonton pada Rabu (10/10/2018) pukul 15/30 WIB.
tirto.id - Jadwal PSS vs PSIM dalam lanjutan pekan ke-21 Liga 2 akan digelar pada Rabu (10/10/2018) pukul 15.30 WIB. Tampil dalam Derbi Yogyakarta di Stadion Maguwoharjo, Sleman tanpa penonton, tuan rumah berpeluang membalas kekalahan mereka di putaran pertama.

Menjelang pertarungan, PSS masih berada di puncak klasemen Liga 2 2018 dengan 40 poin. Tim berjuluk Super Elang Jawa tersebut unggul empat angka dari dua pesaing, Madura FC dan Kalteng Putra.

Sementara itu, PSIM yang memulai kompetisi dengan minus sembilan angka, kini ada di urutan ketujuh klasemen. Laskar Mataram mengoleksi 28 poin. Meskipun kalah 12 angka dari PSS, PSIM memberikan satu dari enam kekalahan yang diderita Super Elja musim ini, ketika menekuk mereka 1-0 pada 26 Juli lalu lewat gol tunggal Hendika Arga.

Kali ini, duel PSS kontra PSIM digelar tanpa dukungan suporter masing-masing. Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Operasi Kombes Polisi Iman Prijantoro dalam silaturahmi "Seduluran Agawe Guyub Rukun", yang menyebutkan, laga akan tetap berjalan, tetapi tidak akan ada penonton dari kubu PSS dan PSIM yang hadir.

Terkait hal tersebut, Seto Nurdiantoro sebagai pelatih PSS menuturkan, "Kami menghormati apapun keputusan dari pihak kepolisian."

Seto mengungkapkan, bermain di kandang tanpa suporter memang pada satu sisi merugikan. Namun, ia berharap doa fans PSS bakal membantu timnya menjalani Derbi Yogyakarta.



Ketika kompetisi tersisa dua pertandingan lagi, PSS sudah mengamankan tiket ke babak 8 besar. 40 poin yang mereka koleksi takkan terkejar oleh Blitar United, sang peringkat kelima yang baru memiliki 31 angka. Namun, mengalahkan PSIM sekaligus membayar luka di putaran pertama, menjadi harapan tersendiri bagi Super Elja.

"Walaupun kami sudah lolos babak delapan besar kami tetap mematok target kemenangan. Pada putaran pertama kami kalah dan kami ingin meraih kemenangan mengganti kekalahan di putaran pertama," ungkap pilar utama PSS, Arie Sandy dikutip situs resmi klub pada Selasa (9/10).

Pada Jumat (5/10) lalu, PSS menelan kekalahan dari Blitar United dengan skor 1-0. Sementara itu, PSIM pada hari yang sama dipukul oleh tuan rumah Kalteng Putra tiga gol tanpa balas.

Di sisi lain, jika berbicara laga kandang, PSS sangat dominan. Mereka sudah merasakan 10 partai home, meraih sembilan kemenangan, dan hanya sekali tumbang oleh Madura FC 1-2 pada 2 Mei 2018.

Sebaliknya, rekor tandang PSIM tidak dapat dikatakan istimewa. Laskar Mataram menderita empat kekalahan, satu seri, dan lima kemenangan. Tim ini tumbang tiga kali dalam lima partai tandang terakhir, dengan rekor kemasukan 11 kali.

Prediksi Pertandingan
Meski tanpa penonton, derbi tetap akan menampilkan pertarungan yang panas. Apalagi di putaran pertama lalu, PSIM mampu menumbangkan PSS. Partai ini juga merupakan laga kandang terakhir PSS di fase penyisihan grup, sekaligus laga tandang PSIM terakhir pula.

Mempertimbangkan konsistensi dan rekor bermain di kandang, PSS berpeluang memetik tiga angka atas sang tamu. Tetapi, tidak adanya "pemain ke-12" di belakang Super Elang Jawa, setidaknya bakal membuat mental PSIM tetap terjaga.

Baca juga artikel terkait LIGA 2 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus