Prediksi PSS vs Persebaya: Duel Sengit Meski Tanpa Beberapa Pilar

Oleh: Hendi Abdurahman - 13 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Laga PSS vs Persebaya pada pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019, Sabtu (12/7) diprediksi akan berlangsung sengit meski tanpa beberapa pilar.
tirto.id - Pertandingan pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 antara PSS vs Persebaya di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (13/7) akan dihelat mulai pukul 18.30 WIB. Meskipun kedua tim tampil tanpa beberapa pilar, laga diprediksi akan tetap berjalan sengit.

Di kubu tuan rumah, Rangga Muslim, Ega Rizky, hingga Alfonso De La Cruz dipastikan absen. Padahal, ketiganya merupakan pemain yang kerap diturunkan sebagai starter. Pun begitu juga dengan Persebaya. Striker andalannya, Amido Balde harus menepi karena mengalami masalah pada kebugaran.

“Untuk posisi penjaga gawang sendiri ada di posisi riskan, bisa dikatakan dua penjaga gawang dalam kondisi kurang fit 100 persen. Apalagi Ega Rizky tidak bisa tampil untuk pertandingan Sabtu [hari ini]. Jadi, saya kembali turunkan Try Hamdani,” ujar pelatih kiper PSS, Listianto Raharjo.


Di sisi lain, Persebaya telah menyiapkan Osvaldo Haay sebagai pengganti Amido Balde di lini depan. Menurutnya, pilihan tersebut menjadi yang terbaik saat ini agar tetap dapat mencetak gol dan meraih poin.

Lebih lanjut, Djanur—sapaan akrab Djadjang Nurdjaman—tak begitu khawatir kendati Osvaldo Haay yang biasanya bermain di posisi sayap kini ditempatkan di posisi penyerang tengah.

“Soal skema atau pola main, saya kira tidak perlu detail saya ungkapkan di sini. Yang pasti, Osvaldo main di posisi yang ditinggalkan Balde, artinya dia striker. Dan dia sudah sering sekali bermain di posisi itu. Di akhir kompetisi musim lalu dia juga sudah biasa bermain di situ, bukan hal yang baru bagi Osvaldo,” papar Djanur.

Meski kedua tim seolah pincang, pertandingan diperkirakan bakal tetap berlangsung sengit. Selain untuk memperbaiki posisi di klasemen, kemenangan bagi masing-masing tim diperlukan untuk menaikkan kepercayaan diri di awal musim.

Dalam tabel klasemen sementara, PSS berada di peringkat delapan dengan poin sembilan sedangkan Persebaya bercokol di posisi empat dengan perolehan 12 poin.

Perkiraan Susunan Pemain

PSS: Try Hamdani; Bagus Nirwanto; Purwaka Yudi; Asyraq Gufron; Jajang Sukmara; Brian Ferreira; Dave Mustaine; Wahyu Sukarta; Haris Tuharea; Irkham Zahrul; Yevhen Bokhashvili.

Persebaya: Miswar Saputra; Novan Setya; Otavio Dutra; M. Syaifuddin; Ruben Sanadi; Misbakus Solikin; M. Hidayat; Damian Lizio; Irfan Jaya; Manu Jalilov; Osvaldo Haay.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Hendi Abdurahman