Prediksi PSM vs PSMS di Liga 1: Juku Eja akan Hadapi Sejarah Buruk

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 9 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
PSM dan PSMS akan berjumpa pada laga hidup mati di pekan penutup GoJek Liga 1 hari ini, di mana sepanjang sejarah Juku Eja belum pernah mengalahkan Ayam Kinantan.
tirto.id - Pekan penutup GoJek Liga 1 2018 akan menyajikan duel antara dua tim yang berjarak relatif jauh di klasemen sementara, PSM Makassar dan PSMS Medan. Laga ini dihelat di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (9/12/2018).

Kedua kesebelasan dihadapkan pada sejarah relatif unik. PSM tercatat belum pernah sekali pun menang atas PSMS. Bahkan, sejak PSMS promosi dari Liga 2, dua kali pertemuan selalu berakhir dengan kekalahan PSM.

Catatan ini termasuk pertemuan putaran pertama lalu, di mana PSMS mampu membenamkan PSM dengan skor meyakinkan, 3-1. Saat itu, meski sempat unggul cepat lewat gol Rahmat Syamsudin, PSM akhirnya kalah lantaran kebobolan oleh brace kapten PSMS, Legimin Raharjo dan sebiji gol Reinaldo Lobo.

Tampil di hadapan pendukungnya, PSM Maskassar tidak punya tujuan selain mendulang kemenangan. Hanya dengan tiga poinlah asa juara Juku Eja bisa terwujud, meski tetap harus bergantung dengan hasil pertandingan kompetitornya, Persija Jakarta.

PSM Makassar kini berada di peringkat dua dengan 58 poin. Mereka terpaut satu angka saja dari Macan Kemayoran selaku pemuncak klasemen. Di waktu bersamaan, Persija sendiri bakal menjamu Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kendati diwajibkan menang, pelatih PSM, Robert Rene Alberts tidak ingin skuatnya justru kepayahan karena beban yang ada. Ia ingin para pemain melihat target kemenangan bukan semata demi gelar, namun juga untuk menutup musim dengan baik.

Apalagi, pekan lalu mereka baru saja gagal meraih poin penuh lantaran imbang melawan Bhayangkara FC. Kemenangan jelas bakal jadi kado indah bagi publik Makassar di penghujung tahun 2018.

"Kami harus fokus agar bisa mendapatkan hasil positif pada pertandingan terakhir nanti. Karena kami harus persembahkan itu untuk suporter kami," ungkap Robert Alberts pada konferensi pers.

Sayangnya, PSM tidak akan begitu saja meraih targetnya. Datang ke Makassar dengan kepercayaan diri tinggi, sang lawan, PSMS Medan mengincar kemenangan meski tidak berada pada posisi diunggulkan.

Hanya dengan kemenanganlah Ayam Kinantan bisa mempertahankan diri bermain di Liga 1 musim depan. Pasalnya, sejauh ini skuat asuhan Peter Butler terbenam di dasar klasemen dengan 37 poin saja.

"Kami akan mempersiapkan pertandingan secara profesional. Saya berharap akan memberikan mereka pertandingan yang bagus," kata Peter Butler.

PSMS membawa pula ambisi untuk bangkit dari hasil minor sebelumnya. Pekan lalu, mereka tunduk dengan skor telak 2-4 saat menghadapi klub penghuni zona degradasi lain, PS TIRA.

Lima Laga Terakhir PSM Makassar

3/12/2018 Liga 1 Bhayangkara Surabaya 0-0 PSM Makassar
25/11/2018 Liga 1 PSM Makassar 4-0 Bali United
16/11/2018 Liga 1 PSM Makassar 2-2 Persija Jakarta
10/11/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 3-0 PSM Makassar
4/11/2018 Liga 1 PSM Makassar 4-2 Persipura Jayapura

PSM Makassar memang punya tren yang tak istimewa, namun mereka hanya menderita satu kekalahan sepanjang lima pertandingan terakhir. Dua kali Juku Eja menang, dua kali pula bermain imbang.

Lima Laga Terakhir PSMS Medan

5/12/2018 Liga 1 PSMS Medan 2-4 PS TIRA
1/12/2018 Liga 1 PSMS Medan 4-0 Persebaya Surabaya
24/11/2018 Liga 1 Persipura Jayapura 3-1 PSMS Medan
17/11/2018 Liga 1 PSMS Medan 3-3 Madura United
9/11/2018 Liga 1 Persib Bandung 0-1 PSMS Medan

Sementara itu, PSMS Medan menderita dua kekalahan dalam lima pertandingan terakhirnya. Dua kali Ayam Kinantan menang dan sekali bermain imbang.

Head to Head PSM vs PSMS

23/7/2018 Liga 1 PSMS Medan 3-1 PSM Makassar
16/1/2018 Piala Presiden PSM Makassar 1-2 PSMS Medan

Sejak PSMS promosi dari Liga 2, kedua kesebelasan sudah dua kali bertemu. PSMS selalu berhasil mengalahkan PSM dalam pertemuan-pertemuan tersebut.

Perkiraan Susunan Pemain PSM vs PSMS

PSM Makassar: Hilman Syah; Rasyid Bakri, Abd Rahman, Steven Paulle, Hendra W; Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Muhammad Rahmat; Sandro, Guy Junior.

PSMS Medan: Abdul Rohim; Roni Fatahilah, Alexandros Tanidis, Reinaldo Lobo, Muhammad Alwi Slamat; Fredyan Wahyu, Legimin Raharjo, Rachmad Hidayat, Abdul Aziz; Felipe Dos Santos Martins, Frets Listanto Butuan.

Kickoff pertandingan PSM vs PSMS dijadwalkan pukul 15.30 WIB. O Channel akan menyiarkan langsung laga yang juga dapat diakses lewat live streaming Vidio.com ini.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Infografik Instagram