Prediksi Polandia vs Portugal di Liga Negara Eropa 12 Oktober 2018

Oleh: Fitra Firdaus - 10 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Polandia vs Portugal di Liga Negara Eropa pada Jumat (12/10/2018) pukull 01.45 WIB mengarah pada kemenangan tipis tuan rumah.
tirto.id - Laga Polandia vs Portugal di Liga Negara Eropa pada Jumat (12/10/2018) pukul 01.45 WIB akan digelar di Stadion Slaski, Chorzow. Tuan rumah berpeluang meraih kemenangan perdana di UEFA Nations League ketika tim tamu berlaga tanpa kapten mereka, Cristiano Ronaldo.

Polandia saat ini ada di urutan kedua klasemen Liga Negara Eropa A Grup 3. Pada partai perdana, mereka hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan Italia. Sementara itu, Portugal ada di puncak berkat kemenangan 1-0 kontra Gli Azzurri pada 7 September 2018 lalu.

Kali ini, bermain di kandang, Polandia layak berharap pada skuat mereka. Pasalnya, pelatih Jerzy Breczek tidak kehilangan satu pemain saja dalam laga ini. Ia justru dapat menjajal Krysztof Piatek yang sedang tajam di Liga Italia. Piatek yang tampil untuk Genoa mengemas 9 gol di kompetisi tersebut.

Namun, persaingan di lini depan Poandia bakal sengit. Breczek harus memilih formasi antara 4-4-1-1 seperti yang dilakukannya sepanjang September lalu, atau pola lain yang bisa mengakomodasi kepentingan Piatek, Arkadiusz Milik, hingga Robert Lewandowski.

Sementara itu, Portugal datang ke Polandia tanpa Cristiano Ronaldo, sang pencetak gol terbanyak sepanjang masa Selecao. Namun, pelatih Fernando Santos sudah tentu penuh perhitungan. Ia membawa Andre Silva, yang mengejutkan Liga Spanyol dengan 7 gol bersama Sevilla.

Meskipun Portugal memakai formasi 4-3-3, pada praktiknya, mereka menggunakan dua pemain sayap untuk membantu satu striker murni, yang kemungkinan jadi hak Silva. Ia bisa disokong oleh "Silva yang lain", Bernardo, dari Manchester City, dan Bruma yang dalam dua musim terakhir berseragam RB Leipzig.

Portugal juga harus menutup kehilangan Goncalo Guedes, pemain Valencia yang mengalami cedera saat timnya berjumpa Barcelona pada Senin (8/10/2018) lalu. Namun, yang paling menarik dalam laga ini adalah kemampuan lini belakang Selecao dalam menahan gempuran para pemain depan Polandia.



Perkiraan Susunan Pemain
Polandia (4-4-1-1): Lukasz Fabianski; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek, Arkadiusz Reca; Rafal Kurzawa, Grzegorz Krychowiak, Mateusz Klich, Jakub Blaszczykowski; Piotr Zielinski; Robert Lewandowski

Portugal (4-3-3):
Rui Patricio; Joao Cancelo, Ruben Dias, Pepe, Mario Rui; Pizzi, Ruben Neves, William Carvalho; Bernardo Silva, Andre Silva, Bruma

Rekor Head to Head (Lima Pertemuan Terakhir)
30-06-2016 Polandia vs Portugal 1-1
29-02-2012 Polandi vs Portugal 0-0
08-09-2007 Portugal vs Polandia 2-2
11-10-2006 Polandia vs Portugal 2-1
10-06-2002 Portugal vs Polandia 4-0

Prediksi Pertandingan
Jerzy Brzeczek menuturkan timnya akan bertarung untuk hasil terbaik. Ia memastikan Polandia akan bermain menyerang, mengingat lawan seperti Portugal memiliki banyak pemain dengan skill individual yang bisa menentukan hasil pertandingan.

"Kami tidak hanya akan bertahan. Kami sadar, Portugal adalah tim yang bisa memanfaatkan setiap kesalahan kecil," kata Brzeczek dalam konferensi pers pada Senin (8/10/2018).

Sementara itu, bek Portugal, Pedro Mendes yang berpeluang menjalani laga perdana melawan Polandia, menuturkan, timnya punya kemampuan untuk mengganggu tuan rumah.

"Kami berupaya memenangi semua laga, dan tujuan akhirnya adalah menjadi masuk ke empat teratas Liga Negara Eropa. Kami adalah favorit, hal ini sudah terlihat di Euro 2016," katanya dikutip situs resmi federasi Portugal pada Selasa (9/10).

Polandia yang memiliki Robert Lewandowski di lini depan, ditambah Krysztof Piatek atau Arkadiusz Milik, bakal membahayakan pertahanan Portugal. Sebaliknya, Fernando Santos kemungkinan akan melakukan pendekatan pragmatis untuk laga ini: bertahan sebanyak mungkin dan mengandalkan kecepatan pemain sayapnya untuk mencari celah di pertahanan Polandia.

Baca juga artikel terkait LIGA NEGARA EROPA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
Dari Sejawat
Infografik Instagram