Prediksi Persib vs Persela di Liga 1: Menuju Peringkat Tiga

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 16 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pemenang dalam laga Persib vs Persela hari ini dipastikan naik ke peringkat tiga, menggeser Sriwijaya FC.
tirto.id - Pertandingan Persib vs Persela dalam lanjutan pekan ke-16 GoJek Liga 1 akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Senin (16/7/2018). Laga ini bakal menjadi ajang perebutan tiket untuk tampil di perebutan gelar juara Liga 1.

Saat ini, Persib yang masih terpaku di peringkat delapan mengoleksi 22 poin, hasil enam kemenangan, empat kali imbang, serta empat kekalahan. Maung Bandung hanya terpaut satu poin dari Sriwijaya FC yang bertengger di peringkat tiga (23 poin). Artinya, jika mampu menambah tiga poin pada petang ini, Ezechiel N'Douassel dan kawan-kawan bakal naik ke posisi tiga besar, menggeser Laskar Wong Kito.

Hal tak berbeda jauh berlaku untuk kasus Persela. Laskar Joko Tingkir yang kini mengemas 23 poin dan menempati peringkat empat bahkan hanya terpaut head to head dari Sriwijaya FC. Artinya, hasil imbang sudah cukup bagi Persela untuk masuk ke tiga besar.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas, jelas tiga poin adalah torehan yang akan jadi vital bagi kedua tim. Untuk itu baik kubu Persib maupun Persela diyakini siap tampil habis-habisan petang nanti.

Persiapan maksimal sudah dilakukan tuan rumah. Pelatih Persib, Mario Gomez menjamin dua striker andalannya, Ezechiel N'Douassel dan Jonathan Bauman dalam kondisi prima setelah pekan lalu diistirahatkan saat Persib bertandang ke markas Perseru Serui.

"Persiapan semua sudah bagus. Kami ingin tiga poin, tidak ada kompromi. Jika kami menang lawan Persela, tentu itu sangat bagus untuk tetap menjaga target kami menuju papan atas," tutur Gomez pada sesi konferensi pers.

Hal serupa juga dilakukan kubu Persela. Pelatih Aji Santoso meyakini bahwa laga tandang ke Bandung tidak akan mudah. Namun, kemenangan 2-0 atas Borneo FC pekan lalu menjadi modal berharga bagi Laskar Joko Tingkir untuk menambah kepercayaan diri.

"Pastinya pertandingan akan berjalan seru, karena Persib tim yang bagus dan sedang dalam kondisi yang bagus. Apalagi waktu melawan Perseru mereka tidak membawa Ezechiel dan Jonathan Bauman," pungkas Aji.

Keyakinan Aji bahwa laga melawan Persib akan sulit tentu bukan tanpa alasan. Seperti yang telah diketahui, musim ini Maung Bandung baru menelan satu kekalahan dalam tujuh laga kandangnya. Mereka lebih banyak menang, yakni lima kali dan hanya sekali ditahan imbang.

Di lain pihak, tiap melakoni partai tandang Persela lebih sering kalah. Dari tujuh pertandingan, mereka menelan empat kekalahan, dua kali imbang, dan sekali saja meraih kemenangan.

Empat Laga Terakhir Persib

12/7/2018 Liga 1 Perseru Serui 0-0 Persib Bandung Imbang
8/7/2018 Liga 1 Persib Bandung 1-0 PSIS Semarang Menang
30/6/2018 Liga 1 Persija Jakarta 1-0 Persib Bandung Kalah
5/6/2018 Liga 1 PSMS Medan 0-3 Persib Bandung Menang

Rapor Persib dalam empat laga terakhrnya tak kelewat mentereng. Maung Bandung tercatat dua kali menang, satu kali imbang, dan menelan satu kekalahan.

Empat Laga Terakhir Persela

11/7/2018 Liga 1 Persela Lamongan 2-0 Borneo FC Menang
7/7/2018 Liga 1 Arema FC 1-0 Persela Lamongan Kalah
7/6/2018 Liga 1 Persela Lamongan 3-1 Mitra Kukar Menang
2/6/2018 Liga 1 Sriwijaya FC 5-1 Persela Lamongan Kalah

Rapor tak berbeda jauh didapat Persela. Laskar Joko Tingkir meraih dua kemenangan dan dua kali kalah dalam empat laga terakhirnya. Patut dicatat, dalam dua laga tandang terakhirnya Persela selalu menderita kekalahan.

Empat Pertandingan Terakhir Persib vs Persela

22/10/2017 Liga 1 Persela Lamongan 1-0 Persib Bandung
12/7/2017 Liga 1 Persib Bandung 1-1 Persela Lamongan
17/2/2017 Piala Presiden Persela Lamongan 0-2 Persib Bandung
26/11/2016 Liga 1 Persela Lamongan 2-1 Persib Bandung

Dalam empat pertemuan terakhir di antara kedua tim, Persela lebih sering menang.

Perkiraan Susunan Pemain Persib vs Persela

Persib Bandung: M. Natshir; Supardi, Victor Igbonefo, Bojan Malisic, Ardi Idrus; Hariono, Dedi Kusnandar, Eka Ramdani; Febri Hariyadi, Ezechiel N'Douassel, Jonathan Bauman.

Cadangan: Made Wirawan, Indra Mustafa, Al Amin Fisabilah, Tony Sucipto, Agung Mulyadi, Atep, Airlangga Sucipto.

Persela Lamongan: Dwi Kuswanto; Arif Satria, Wallace Costa, Eky Taufik Febrianto, Birrul Walidain; Agung Pribadi, Diego Assis, Shohei Matsunaga; Fahmi Al Ayyubi, Loris Arnaud, Guntur Triaji.

Cadangan: M. Ridwan, Samsul Arifin, Jodi Kustiawan, Ahmad Subagja Basith, Syahroni, Sugeng Efendi, Saddil Ramdani.

Kickoff laga Persib vs Persela dijadwalkan Senin (16/7/2018) pukul 18.30 WIB. Jika tak ada perubahan, pertandingan ini akan disiarkan Indosiar dan Vidio.com lewat siaran televisi serta live streaming.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight