Prediksi Persib vs Barito Putera: Saatnya Mengakhiri Tren Buruk

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 2 menit
Persib yang akan menjamu Barito Putera pada pekan penutup GoJek Liga 1 2018 punya iming-iming tiket Piala AFC yang mungkin bisa memotivasi mereka bangkit dari tren buruk.
tirto.id - Persib akan menjamu Barito Putera pada pekan penutup GoJek Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (8/12/2018). Di laga ini, Maung Bandung punya tuntutan untuk segera mengakhiri tren buruknya selama beberapa pekan belakangan.

Pada empat pertandingan terakhir, Persib selalu gagal meraih kemenangan. Terakhir, pekan lalu mereka hanya bermain imbang melawan Persela Lamongan di Surajaya.

Iming-iming tiket ke kompetisi Asia jadi pemacu semangat Febri Haryadi dan kawan-kawan. Jika menghuni urutan tiga besar, Persib berpeluang tampil di Piala AFC musim depan.

Lalu seperti diketahui, saat ini mereka berada di peringkat tiga dengan 51 poin, namun hanya terpaut satu angka dari Bhayangkara FC selaku penghuni urutan empat. Artinya, hasil imbang atau kekalahan belum dapat menjamin kesuksesan Maung Bandung, lantaran di hari yang sama Bhayangkara FC bakal tampil di kandang. Kemenangan jadi satu-satunya pilihan.

"Kami akan coba menang. Karena penting untuk mengakhiri kompetisi di urutan ketiga. Ini adalah musim yang baik. Kami mencoba jadi juara. Tapi, tidak bisa karena banyak hal. Tapi kami coba untuk menyelesaikannya di posisi ketiga. Ini penting," ungkap pelatih Persib, Mario Gomez seperti dikutip laman resmi klub.

Di lain pihak, Barito Putera dipastikan juga akan tampil habis-habisan. Pekan lalu mereka memang mampu mengalahkan Borneo FC dalam derbi Mahakam. Namun hasil itu belum cukup untuk membuat Laskar Antasari memperbaiki posisi, mengingat rangkaian hasil buruk yang mereka derita sebelumnya.

Kini Barito Putera pun dipastikan tidak akan bisa finis di deretan empat teratas. Tetapi etidaknya tambahan tiga poin bisa membuat mereka mempertahankan posisi di papan tengah sekaligus menutup musim dengan perasaan lega.

"Saat ini kami berada dalam posisi yang sama dengan musim kemarin dan punya 90 menit. Kami bisa paling tidak menaikan satu atau dua strip lagi di klasemen dan itu akan kami coba dalam pertandingan besok," ungkap pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago.

Barito Putera sedang berada di peringkat delapan klasemen dengan torehan 46 poin, hasil 12 kemenangan, 10 kali imbang, dan 11 kekalahan. Jika menang, mereka bisa menggeser Borneo FC yang kini menempati urutan kelima.

Pada putaran pertama lalu, pertemuan antara Barito Putera dan Persib yang berlangsung di Banjarmasin berakhir sama kuat 2-2. Persib sempat dua kali unggul lewat gol In-kyun Oh dan Ezechiel N'Douassel, namun Barito Putera selalu bisa mengejar lewat aksi Aaaron Evans serta Ady Setiawan.

Lima Laga Terakhir Persib Bandung

1/12/2018 Liga 1 Persela Lamongan 1-1 Persib Bandung
23/11/2018 Liga 1 Persib Bandung 2-2 Perseru Serui
18/11/2018 Liga 1 PSIS Semarang 3-0 Persib Bandung
9/11/2018 Liga 1 Persib Bandung 0-1 PSMS Medan
3/11/2018 Liga 1 Bhayangkara FC 1-2 Persib Bandung

Persib sedang berada dalam rapor penuh sorotan. Dalam lima pertandingan terakhir, Maung Bandung hanya sekali memetik kemenangan. Dua kali mereka imbang, dua kali pula menderita kekalahan.

Lima Laga Terakhir Barito Putera

30/11/2018 Liga 1 Barito Putera 1-0 Borneo FC
24/11/2018 Liga 1 Arema FC 3-1 Barito Putera
17/11/2018 Liga 1 Barito Putera 2-1 Mitra Kukar
12/11/2018 Liga 1 Sriwijaya FC 2-0 Barito Putera
5/11/2018 Liga 1 Barito Putera 3-1 PS TIRA

Adapun Barito Putera sedang dalam performa naik turun. Dalam lima pertandingan terakhir, mereka menorehkan tiga kemenangan dan menderita dua kekalahan.

Head to Head Persib vs Barito Putera (Lima Perjumpaan Terakhir)

22/7/2018 Liga 1 Barito Putera 2-2 Persib Bandung
9/10/2017 Liga 1 Persib Bandung 0-0 Barito Putera
18/6/2017 Liga 1 Barito Putera 1-0 Persib Bandung
4/12/2016 ISC A Barito Putera 1-1 Persib Bandung
13/8/2016 ISC A Persib Bandung 2-0 Barito Putera

Selama lima perjumpaan terakhir antara kedua kesebelasan, hasil relatif berimbang. Persib dan Barito Putera sekali saling mengalahkan, dan tiga kali bermain seri.

Perkiraan Susunan Pemain Persib vs Barito Putera

Persib Bandung: Made Wirawan; Supardi, Victor Igbonefo, Bojan Malisic, Ardi Idrus; Kim Kurniawan, Oh In-kyun, Ghozali Siregar; Jonathan Bauman, Ezechiel N'Douassel, Febri Hariyadi.

Cadangan: Muhammad Natshir, Henhen Herdiana, Tony Sucipto, Muhammad Sabillah, Hariono, Atep, Patrich Wanggai.

Barito Putera: Muhammad Riyandi; Hansamu Yama, Aaron Evans, Muhammad Rifqi; Gavin Kwan Adsit, Paulo Sitanggang, Matias Cordoba, Douglas Packer, Rizky Rizaldi Pora; Marcel Sacramento, Samsul Arif.

Cadangan: Adhitya Harlan, Dandi Maulana Abdulhak, Nazar Nurzaidin, Rony Beroperay, Fajar Handika, TA Mushafry, Ady Setiawan.

Kickoff pertandingan Persib vs Barito Putera dijadwalkan pukul 18.30 WIB. Indosiar akan menyiarkan langsung laga yang juga dapat diakses secara live streaming lewat laman Vidio.com ini.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram