Prediksi Persebaya vs PSIS di Liga 1: Gengsi Antarklub Promosi

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Dua klub promosi, Persebaya Surabaya dan PSIS Semarang akan terlibat dalam duel penuh gengsi di pekan penutup GoJek Liga 1 2018 hari ini.
tirto.id - Satu dari rangkaian pertandingan pekan penutup GoJek Liga 1 akan mempertemukan Persebaya vs PSIS yang dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (8/12/2018). Pertandingan besok akan jadi pertemuan penuh gengsi, mengingat status kedua klub yang sama-sama klub promosi dan tak berjarak jauh di papan klasemen.

Saat ini Persebaya bertengger di peringkat enam dengan capaian 47 poin, hasil 13 kemenangan, delapan kali imbang, dan 12 kekalahan. Mereka cuma unggul satu angka dari PSIS Semarang yang menempati posisi sembilan. Dengan situasi ini, dipastikan klub yang keluar sebagai pemenang akan finis dengan posisi yang lebih baik di akhir kompetisi.

Dalam sejarah pertemuan kedua kesebelasan sejak era Perserikatan, Persebaya memang lebih baik. Mereka 35 kali bertemu PSIS dan 20 di antaranya berakhir kemenangan. Walau demikian, Bajul Ijo wajib waspada jika menimbang pertemuan musim ini.

Pada putaran pertama lalu, perjumpaan antara PSIS dan Persebaya berakhir untuk keunggulan Mahesa Jenar. Penyerang Komarudin mencetak sebiji gol penentu kemenangan PSIS pada pertandingan tersebut.

"Kami tidak ingin mengacu statistik, tapi membuktikan di lapangan, berjuang maksimal dan meraih tiga poin," ujar pelatih Persebaya, Djadjang Nurjaman seperti dikutip laman resmi klub.

Persebaya jelas punya tekad membara untuk menampilkan performa terbaik. Pasalnya, pekan lalu mereka baru saja dibantai klub promosi lain, PSMS Medan dengan skor telak 4-0.

Secara komposisi pemain, Persebaya bakal kembali diperkuat bek tangguh Rachmat Irianto yang telah pulih dari cedera. Irianto pun siap memberikan yang terbaik dan menutup musim ini dengan kemenangan.

"Tidak akan saya sia-siakan kesempatan ini. Saya sudah siapkan mental setelah lama tidak bermain di depan puluhan ribu Bonek," ujar penggawa Timnas U-19 itu.


Di lain pihak, PSIS Semarang memabwa bekal lebih baik. Pekan lalu Bruno Silva dan kawan-kawan baru saja menundukkan klub tangguh Persipura Jayapura dengan skor tipis 2-1.

Pelatih PSIS, Mahesa Jenar bakal menjadikan hasil itu sebagai pemacu semangat para pemainnya. Ia juga tak gentar meski sejarah pertemuan kedua kesebelasan lebih memihak pada Bajul Ijo.

"Terlepas dari pembuktian hasil musim lalu [di Liga 2], kami akan bermain fight, bekerja keras, disiplin dan konsentrasi. Agar tidak bernasib seperti tim-tim papan atas yang datang ke sini [Stadion GBT]," tegas Jafri.

Lima Laga Terakhir Persebaya Surabaya

1/12/2018 Liga 1 PSMS Medan 4-0 Persebaya Surabaya
26/11/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 1-0 Bhayangkara FC
18/11/2018 Liga 1 Bali United 2-5 Persebaya Surabaya
10/11/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 3-0 PSM Makassar
4/11/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 3-0 Persija Jakarta

Persebaya sedang berada pada rapor positif. Terlepas dari hasil butuk pekan lalu, empat dari lima laga terakhirnya berkesudahan dengan kemenangan.

Lima Laga Terakhir PSIS Semarang

1/12/2018 Liga 1 PSIS Semarang 2-1 Persipura Jayapura
26/11/2018 Liga 1 Madura United FC 2-2 PSIS Semarang
18/11/2018 Liga 1 PSIS Semarang 3-0 Persib Bandung
10/11/2018 Liga 1 Borneo FC 2-1 PSIS Semarang
4/11/2018 Liga 1 PSIS Semarang 2-1 Arema FC

Di lain pihak, rapor PSIS pun tak dapat diremehkan. Mereka hanya sekali kalah dalam lima pertandingan terakhir. Tiga kali Mahesa Jenar menang, dan sekali bermain imbang.

Head to Head Persebaya vs PSIS

22/7/2018 Liga 1 PSIS Semarang 1-0 Persebaya Surabaya
15/11/2017 Liga 2 PSIS Semarang 0-1 Persebaya Surabaya

Dalam dua tahun terakhir, Persebaya dan PSIS sudah dua kali bertemu. Mereka mampu saling mengalahkan dalam duel itu.

Perkiraan Susunan Pemain Persebaya vs PSIS

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, OK John, Ruben Sanadi; Misbakus Solikin, Rendi Irwan, Fandy Eko Utomo; Oktafianus Fernando, David da Silva, Irfan Jaya.

Cadangan: Dimas Galih, Andri Muladi, Rachmat Irianto, Mochammad Syaifuddin, Irvan Febrianto, Riky Kayame, Ferinando Pahabol, Muhammad Hidayat.

PSIS Semarang: Jandia Eka Putra; Safrudin Tahar, M Rio Saputra, Petar Planic, Gilang Ginarsa; Muhammad Yunus, Bayu Nugroho, Nerius Alom; Hari Nur Yulianto, Bruno Silva, Komarudin.

Cadangan: Joko Ribowo, Fauzan Fajri, Akbar Riansyah, Hafit Ibrahim, Gustur Cahyo, Aldaier Makatindu.

Kickoff pertandingan Persebaya vs PSIS dijadwalkan pukul 15.30 WIB. Indosiar akan menyiarkan langsung laga yang juga dapat diakses lewat live streaming Vidio.com ini.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram