STOP PRESS! BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami Pukul 02.30 WIB

Prediksi MU vs Manchester City: Derby Panas Liga Inggris Pekan Ini

Prediksi MU vs Manchester City: Derby Panas Liga Inggris Pekan Ini
Selebrasi Ibrahimovic saat merayakan gol pertama mereka. FOTO/Reuters
Reporter: Agung DH
07 Desember, 2017 dibaca normal 1:30 menit
Laga derby Manchester bakal tersaji akhir pekan ini. Pertandingan diprediksi berjalan ketat dan panas.
tirto.id - Laga derby panas antara Manchester United (MU) vs Manchester City bakal digelar di Old Traffod, Minggu (10/12/2017). Pertandingan yang diprediksi berjalan sangat ketat ini akan disiarkan langsung oleh Sky Sport.

Manchester United dan City saat ini terpaut delapan poin dalam daftar klasemen sementara Liga Inggris pekan ke-16. MU saat ini mengoleksi 38 poin dan berada di peringkat kedua di bawah City. Derby Manchester pertama musim ini tentu tak akan dilewatkan oleh Jose Mourinho. Mou bertekad meraih kemenangan untuk memangkas jarak poin dengan City. Selain itu ia ingin mematahkan rekor tak terkalahkan City dalam 15 laga terakhir di Liga Inggris.

Mourinho punya modal bagus menghadapi laga derby nanti. MU menang dalam empat laga terakhir di semua kompetisi, termasuk kemenangan 2-1 kontra CSKA Moscow di Liga Champions, Rabu kemarin. 

Menjelang laga penuh gengsi ini, Mou, sebagaimana dikutip situs resmi klub, juga telah mengkonfirmasi bahwa Nemanja Matic bisa dimainkan saat menjamu City. Nemanja Matic bisa menggantikan Paul Pogba yang harus absen karena harus menjalani tiga kali larangan bermain akibat kartu merah saat laga kontra Arsenal pekan lalu.

Selain itu, Mourinho menyampaikan bahwa Zlatan Ibrahimovic memiliki "kesempatan besar" untuk diturunkan melawan City. Sedangkan Phil Jones dan Marouane Fellaini juga memiliki "kesempatan" untuk terlibat. 

Di kubu sebaliknya, tim asuhan Pep Guardiola baru saja mengalami kekalahan 2-1 dari Shaktar Donetsk pada laga terakhir di grup F Liga Champions, Kamis pekan ini. Kekalahan ini sekaligus memecahkan rekor tak terkalahkan City dalam 20 laga terakhir di semua kompetisi domestik dan Eropa.

Selain itu, menghadapi MU nanti, sang kapten Vincent Kompany dan gelandang Fernandinho dipastikan harus absen menyusul hukuman akumulasi kartu kuning. 

Kendati ditinggalkan dua pilar mereka, City punya bekal catatan produktifitas gol jauh lebih baik ketimbang MU. Dari 15 laga di Liga Inggris, City sudah mencetak 46 gol. Artinya mereka punya lini serang sangat baik dengan rata-rata tiga gol per laga. Namun MU memiliki catatan defensif terbaik sejauh ini, hanya kebobolan sembilan gol, satu gol lebih sedikit dibanding City. 

Di sisi lain, catatan historis pertemuan kedua tim masih menjadi milik MU. Menuju derby Manchester ke-175, MU menang sebanyak 72 kali, seri 52 kali.

Tapi musim lalu, MU harus tunduk 1-2 di kandang sendiri. Pertemuan terakhir terjadi pada pertandingan pra musim di Houston, Juli, derby Manchester pertama dimainkan di luar Inggris. Pada laga itu, MU menang 2-0 berkat gol Romelu Lukaku dan Marcus Rashford, dua pilar Red Devils musim ini.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - agu/agu)

Keyword