Prediksi Madura United vs Persela di Liga 1: Perkara Gengsi Wilayah

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Gengsi dipertaruhkan oleh dua klub asal Jawa Timur yang bakal bertemu pada laga pekan terakhir GoJek Liga 1 Sabtu (8/12/2018) hari ini, Madura United dan Persela Lamongan.
tirto.id - Pekan terakhir GoJek Liga 1 2018 akan menyajikan laga antara dua klub yang berbasis di daerah Jawa Timur, Madura United vs Persela, Sabtu (8/12/2018) hari ini. Jelang duel yang bakal dihelat di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan itu, gengsi dipertaruhkan kedua kubu.

Madura United dan Persela tentu ingin mengakhiri musim dengan posisi lebih baik satu sama lain. Kepastian itu masih terbuka bagi kedua pihak, lantaran posisi keduanya di klasemen sementara Liga 1 2018 pun tak terlampau berjarak.

Saat ini Madura United yang telah mengoleksi 45 poin berada pada situasi lebih baik, yakni menghuni peringkat 10. Sementara Persela yang baru mengemas 43 poin menempati posisi 13. Artinya, tim yang mampu meraih kemenangan pada laga nanti akan finis dengan peringkat lebih baik.

Pelatih Madura United, Gomes De Oliviera ingin segera mengakhiri paceklik kemenangan. Dalam lima pertandingan terakhir tak sekali pun Laskar Sapeh Kerrab meraih poin penuh.

Pekan lalu mereka bahkan tunduk dua gol tanpa balas dari tim papan bawah, Perseru Serui. Kini, Fabiano Beltrame dan kawan-kawan bakal punya keuntungan lantaran bermain di kandang.

"Madura United sudah siap lagi untuk menjalani pertandingan besok. Kami sudah melakukan persiapan bagus untuk melawan Persela," ujar Gomes pada konferensi pers.

Di lain pihak, Persela Lamongan bertekad tampil tanpa beban. Meski sudah aman dari ancaman degradasi, Laskar Joko Tingkir tidak mau mengakhiri musim dengan hasil buruk. Keinginan ini terlontar langsung dari mulut pelatih Aji Santoso, yang terus menekankan agar pemainnya tampil dengan semangat juang tinggi.

"Kami akan maksimal dengan berusaha mencuri poin di pertandingan terakhir. Karena saya yakin tim ini akan tampil tanpa beban, sehingga bisa bermain lepas," ujar Aji.

Hasil imbang di pekan sebelumnya jadi bekal Saddil Ramdani dan kawan-kawan. Meski tak meraih poin penuh, setidaknya skor 1-1 melawan tim sekelas Persib Bandung bukanlah capaian buruk.

Duel hari juga ini dipastikan jadi "penuntasan" dari pertemuan di putaran pertama lalu. Saat itu, pertandingan antara Persela kontra Madura United yang dihelat di Stadion Surajaya, Lamongan hanya berakhir sama kuat 1-1. Kedua pencetak gol di laga tersebut, Fahmi Al-Ayyubi dan Zah Rahan Krangar saat ini masih tercatat sebagai pemain kedua kesebelasan.

Lima Laga Terakhir Madura United

1/12/2018 Liga 1 Perseru Serui 2-0 Madura United
26/11/2018 Liga 1 Madura United 2-2 PSIS Semarang
17/11/2018 Liga 1 PSMS Medan 3-3 Madura United
9/11/2018 Liga 1 Madura United 1-2 Bhayangkara FC
3/11/2018 Liga 1 Bali United 2-0 Madura United

Madura United sedang berada dalam tren buruk. Tak sekali pun Laskar Sapeh Kerrab menang selama lima pertandingan terakhir. Dua kali mereka imbang, dan menderita tiga kekalahan.

Lima Laga Terakhir Persela Lamongan

1/12/2018 Liga 1 Perseru Serui 2-0 Madura United
26/11/2018 Liga 1 Madura United 2-2 PSIS Semarang
17/11/2018 Liga 1 PSMS Medan 3-3 Madura United
9/11/2018 Liga 1 Madura United 1-2 Bhayangkara FC
3/11/2018 Liga 1 Bali United 2-0 Madura United

Meski punya rapor yang relatif buruk pula, kondisi Persela setidaknya lebih baik secara statistik. Laskar Joko Tingkir punya catatan satu kemenangan, dua imbang, dan dua kekalahan dalam lima laga terakhirnya.

Head to Head Madura United vs Persela (Lima Perjumpaan Terakhir)

23/7/2018 Liga 1 Persela Lamongan 1-1 Madura United
9/1/2018 Uji Coba Madura United 2-0 Persela Lamongan
4/8/2017 Liga 1 Madura United 2-1 Persela Lamongan
21/4/2017 Liga 1 Persela Lamongan 2-0 Madura United
2/2/2017 Uji Coba Madura United 1-1 Persela Lamongan

Dalam lima perjumpaan paling baru antara kedua kesebelasan, Madura United punya riwayat sedikit lebih baik. Mereka dua kali menang, dan sekali saja takluk dari Persela. Dua laga lain berakhir sama kuat.

Perkiraan Susunan Pemain Madura United vs Persela

Madura United: Herry Prasetyo; Rifad Marasabessy, Fachruddin Aryanto, Fabiano Beltrame, Andik Rendika Rama; Slamet Nurcahyo, Zah Rahan Karangar, Lucky Wahyu; Milad Mansoor, Bayu Gatra, Greg Nwokolo.

Cadangan: Satria Tama, Guntur Ariyadi, Munhar, Alfath Fathier, Engelberd Sani, Rizky Dwi Febrianto, Imam Bagus Kurnia

Persela Lamongan: Dwi Kuswanto; Samsul Arifin, Wallace Costa, Eky Taufik, Arif Satria; Diego Assis, Ahmad Subagja Baasith, Gian Zola; Fahmi Al-Ayyubi, Dendy Sulistyawan, Saddil Ramdani.

Cadangan: Muhammad Ridwan, Ahmad Birrul Walidain, Mochammad Zaenuri, Agung Pribadi, Guntur Triaji, Sendy Pratama, Syahroni.

Kickoff pertandingan Madura United vs Persela dijadwalkan pukul 18.30 WIB. O Channel akan menyiarkan langsung laga yang juga dapat diakses secara live streaming lewat laman Vidio.com ini.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram