Prediksi Jepang vs Amerika Jadwal Friendly 2022, H2H, Daftar Pemain

Kontributor: Wan Faizal, tirto.id - 22 Sep 2022 22:42 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Berikut ini prediksi Jepang vs Amerika Serikat dalam jadwal friendly match 23 September 2022, H2H, dan daftar pemain.
tirto.id - Prediksi Jepang vs Amerika Serikat dalam jadwal Friendly Match 2022 akan digelar hari Jumat, 23 September mendatang, mulai pukul 19.26 WIB. Laga bertajuk Kirin Challenge Cup 2022 itu akan dimainkan di Merkur Spiel-Arena, Jerman.

Jadwal Kirin Challenge Cup 2022 bulan ini akan menghadirkan dua aksi dari Timnas Jepang. Selain menghadapi AS, pada 27 September mendatang tim asuhan Hajime Moriyasu itu akan bertanding melawan Ekuador di tempat yang sama.

Laga di ajang Kirin Challenge Cup 2022 menjadi bagian dari persiapan akhir kedua tim menjelang Piala Dunia 2022. Di Qatar, AS akan tergabung dalam Grup B, sementara Jepang di Grup E.

Terakhir kali Jepang berlaga di ajang resmi adalah pada 27 Juli 2022 lalu, saat mereka menang 3-0 atas Korsel di babak terakhir Piala Asia Timur EAFF 2022. Sementara itu, laga terakhir AS pada 15 Juni lalu, ketika mereka bermain seri 1-1 kontra El Salvador dalam lanjutan kompetisi Liga Negara CONCACAF 2022.


Prediksi Jepang vs Amerika di Jadwal Friendly Match 2022

Jelang laga ini, Timnas Jepang melakukan persiapan serius. Moriyasu memanggil sejumlah pemain terbaik yang dimiliki Jepang. Dari 30 pemain yang ia bawa, 22 di antaranya adalah mereka yang bermain di kompetisi Eropa.

Sebanyak tujuh pemain berasal dari Liga Jerman, seperti Maya Yoshida, Genki Haraguchi, Daichi Kamada, Ao Tanaka, dan Ritsu Doan. Dua pemain lainnya bermain untuk Stuttgart yakni Hiroki Ito dan Wataru Endo.

Adapun 15 pemain lain tersebar di beberapa liga lain. Tiga pemain dari kompetisi di Inggris, tiga dari Liga Perancis, dua dari Liga Belgia, dua dari Liga Spanyol, serta masing-masing satu dari Liga Portugal dan Liga Swiss.

Hal menarik adalah tiga pemain Jepang bermain di Liga Skotlandia bersama Celtic. Mereka adalah Kyogo Furuhashi dan Daizen Maeda di posisi sebagai striker serta Reo Hatate sebagai gelandang.

Sementara delapan pemain lain berasal dari kompetisi lokal di Jepang. Di antara mereka, termasuk Yuto Nagatomo dan Hiroki Sakai.

Moriyasu tentu merasa lega karena semua pemain Jepang kini telah bergabung dalam pemusatan latihan di Jerman. Tiga pemain yang terlambat bergabung karena kepadatan jadwal di Liga Jepang seperti Nagatomo, Soma Yuki, dan Shuichi Gonda juga telah bergabung dengan tim.


Di kubu seberang, pelatih AS Gregg Berhalter membawa 26 pemain ke Dusseldorf, kota tempat laga nanti akan digelar. Meski kalah secara kuantitas pemain, AS tentu enggan dianggap kalah juga secara kualitas dari Jepang.

Pasalnya, dari nama-nama yang dibawa Berhalter terselip mereka yang sudah punya nama besar. Seperti Christian Pulisic (Chelsea), Giovanni Reyna (Borussia Dortmund), Sergino Dest (Milan), dan Weston McKennie (Juventus).

Selain itu, terdapat beberapa pemain yang sedang bagus performanya musim ini. Misalnya adalah duo Leeds United, yakni Brenden Aaronson dan Tyler Adams.

Pemain yang bermain di kompetisi MLS juga tak bisa diremehkan oleh Jepang. AS punya DeAndre Yedlin, Kellyn Acosta, dan striker seperti Paul Arriola yang telah mencetak total 10 gol dari 47 laga bersama Timnas AS.

Sayangnya, AS harus kehilangan Yunus Musah. Sang gelandang terpaksa batal bergabung karena mengalami cedera. Posisinya saat ini digantikan Johnny Cardoso, pemain Internasional yang telah mengemas tiga caps.

Laga ini tentu menjadi kesempatan bagus bagi Moriyasu dan Berhalter. Piala Dunia 2022 tak lama lagi segera dimulai sehingga kedua tim tak punya banyak waktu lagi untuk mempersiapkan diri.

Daftar Pemain Timnas Jepang vs Amerika Serikat

Berikut ini daftar pemain yang masuk dalam skuad Timnas Jepang dan AS di ajang Kirin Challenge Cup 2022.

1. Daftar Pemain Timnas Jepang

Kiper: Eiji Kawashima (Strasbourg), Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse), Daniel Schmidt (Sint-Truiden), Kosei Tani (Shonan Bellmare)

Bek: Miki Yamane (Kawasaki Frontale), Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale), Ayumu Seko (Grasshoppers), Yuto Nagatomo (FC Tokyo), Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds), Yuta Nakayama (Huddersfield Town), Maya Yoshida (Schalke), Hiroki Ito (Stuttgart)

Gelandang: Wataru Endo (Stuttgart), Gaku Shibasaki (Leganes), Genki Haraguchi (Union Berlin), Takumi Minamino (Monaco), Takefusa Kubo (Real Sociedad), Hidemasa Morita (Sporting), Junya Ito (Reims), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), Ao Tanaka (Fortuna Dusseldorf), Kaoru Mitoma (Brighton), Ritsu Doan (Freiburg), Reo Hatate (Celtic), Yuki Soma (Nagoya Grampus)

Striker: Kyogo Furuhashi (Celtic), Daizen Maeda (Celtic), Ayase Ueda (Cercle Brugge), Shuto Machino (Shonan Bellmare)

Pelatih: Hajime Moriyasu.

2. Daftar Pemain Timnas Amerika Serikat

Kiper: Matt Turner (Arsenal), Sean Johnson (New York City), Ethan Horvath (Luton Town)

Bek: DeAndre Yedlin (Inter Miami), Walker Zimmerman (Nashville), Aaron Long (New York Red Bulls), Reggie Canon (Boavista), Sergino Dest (Milan), Sam Vines (Royal Antwerp), Mark McKenzie (Genk), Erik Palmer-Brown (Troyes), Joe Scally (Borussia M'Gladbach)

Gelandang: Kellyn Acosta (Los Angeles FC), Weston McKennie (Juventus), Tyler Adams (Leeds United), Luca de la Torre (Celta Vigo), Johnny Cardoso (Internacional), Malik Tillman (Rangers)

Striker: Christian Pulisic (Chelsea), Jordan Morris (Seattle Sounders), Paul Arriola (FC Dallas), Brenden Aaronson (Leeds United), Josh Sargent (Norwich City), Jesus Ferreira (FC Dallas), Giovanni Reyna (Borussia Dortmund), Ricardo Pepi (Groningen)

Pelatih: Gregg Berhalter.


Rekor Head to Head (H2H) Jepang vs Amerika Serikat

Rekor head to head (H2H) Jepang vs AS menunjukkan bahwa kedua timnas relatif imbang. Namun, pertemuan AS dengan Jepang yang terdahulu sudah terjadi lama.

Sepanjang sejarah, Jepang dan AS pernah bertanding 2 kali. Jepang pernah menang atas Timnas AS di ajang Kirin Japan Cup 1993. Di pertemuan kedua, dalam international friendly match tahun 2006 silam, giliran AS unggul atas Jepang.

Hasil 2 Pertemuan Terakhir Jepang vs AS:

14/03/1993: Jepang vs AS 3-1
10/02/2006: AS vs Jepang 3-2.

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Timnas AS:

15/6/2022: El Salvador vs AS 1-1
11/6/2022: AS vs Grenada 5-0
06/6/2022: AS vs Uruguay 0-0
02/6/2022: AS vs Maroko 3-0
31/3/2022: Kosta Rika vs AS 2-0.

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Timnas Jepang:

27/7/2022: Jepang vs Korsel 3-0
24/7/2022: Jepang vs Cina 0-0
19/7/2022: Jepang vs Hong Kong 6-0
14/6/2022: Jepang vs Tunisia 0-3
10/6/2022: Jepang vs Ghana 4-1.

Baca juga artikel terkait FRIENDLY MATCH 2022 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Addi M Idhom

DarkLight