Prediksi Iran vs Timnas Indonesia AFC Cup U-20: Rebut Tempat Ketiga

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 22 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Timnas Indonesia akan menghadapi Iran dalam perebutan tempat ketiga Piala Futsal AFC U-20 di Pour Sharifi Indoor, Sabtu (22/6/2019) pukul 18.00 WIB.
tirto.id - Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Iran dalam perebutan tempat ketiga Piala Futsal AFC U-20 2019 di Stadion Pour Sharifi Indoor, Sabtu (22/6/2019) pukul 22.00 WIB. Dalam laga ini, Garuda Muda mengincar tempat ketiga untuk menutup kiprah mereka di turnamen tersebut.

Iran dan Indonesia sendiri baru saja mengalami kekalahan menyakitkan dalam semifinal pada Kamis (20/6) lalu. Di kubu tuan rumah, Salar Aghapour dan kolega ditekuk Jepang lewat babak extra time. Sementara anak asuh Sayan Karmadi harus mengakui keunggulan Afghanistan setelah kalah tipis 3-4 juga di babak extra time.

Dalam semifinal kontra Jepang lalu, Iran sebenarnya sempat unggul 4-3 hingga jelang laga bubaran. Namun kesalahan pada menit-menit akhir membuat juara bertahan Futsal AFC ini kebobolan lewat titik putih oleh Osawa Masashi. Iran pun kemudian kalah telak dengan skor 4-8 di babak extra time.

Pelatih Iran, Hamid Moghadam menyebut bahwa mental skuadnya hancur setelah kekalahan melawan Jepang. Skuad tuan rumah terpukul karena kesalahan pada menit-menit akhir yang membuat mereka gagal mempertahankan gelar kendati berstatus sebagai tuan rumah.

"Akan sangat sulit untuk memotivasi tim saya sekarang ini, dan saya khawatir para pemain tidak akan pulih secara emosional dari laga ini. Laga lawan Indonesia akan lebih sulit dibandingkan semifinal," ucap Moghadam dilansir laman resmi AFC.

Sementara itu, di pihak Merah Putih, Karmadi menyatakan bahwa pihaknya menyiapkan perubahan taktik untuk menghadapi Iran. Pelatih Garuda Muda itu hendak mengevaluasi kekalahan di semifinal dan berharap anak asuhnya tetap termotivasi untuk merebut tempat ketiga.

"Iran mirip dengan Afganistan dalam hal gaya bermain, dan kami juga pernah bermain lawan mereka sebelumnya. Jadi mungkin ini adalah bentuk balas dendam untuk kekalahan kemarin [lawan Afghanistan]," ucap Karmadi.

Timnas Indonesia sendiri pernah mengalahkan Iran dalam laga uji coba pada April lalu. Bermain di turnamen CTFA Futsal Invitation 2019, Garuda Muda membekuk Iran dengan skor 3-1 di Stadion Taoyuan Arena, Taiwan.

Jelang laga ini, pemain Indonesia, Firman Ardiansyah juga menyatakan bahwa pihaknya mengincar peringkat ketiga. Senada dengan Karmadi, Ardiansyah mengincar peringkat ketiga untuk mengobati kekalahan dari Afghanistan.

"Tim ini sedang merasa sedih sekarang, tetapi kami akan fokus untuk finis di peringkat ketiga. Dan target saya selanjutnya adalah menjadi juara di turnamen selanjutnya," ucap Ardiansyah dikutip laman resmi AFC.


Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2019 atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Ibnu Azis
DarkLight