Europa League 2019/2020

Prediksi Glasgow Rangers vs Leverkusen: Maksimalkan Laga Kandang

Oleh: Gilang Ramadhan - 12 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Laga leg pertama babak 16 besar Liga Eropa atau Europa League 2019/2020 antara Glasgow Rangers vs Bayer Leverkusen bakal dimainkan pada Jumat (13/03/2020).
tirto.id - Laga leg pertama babak 16 besar Liga Eropa atau Europa League 2019/2020 antara Glasgow Rangers vs Bayer Leverkusen bakal dimainkan pada Jumat (13/03/2020) pukul 03.00 WIB di Stadion Ibrox. Ini menjadi keuntungan bagi Rangers lantaran leg kedua di Jerman nanti bakal digelar tanpa penonton.

Peter Bosz selaku pelatih Leverkusen menilai Rangers sangat kuat saat bermain di kandang. Dengan keputusan leg kedua di Jerman nantinya bakal digelar tertutup, Bosz mengatakan akan mencoba meraih kemenangan demi para pendukung.

"Saya hanya fokus pada laga besok. Tetapi apa yang terjadi di Eropa saat ini adalah momen yang luar biasa . Kami normalnya bermain demi pendukung," ucap Bosz dikutip dari laman web resmi klub.

"Ini merupakan keuntungan bagi Rangers. Mereka tentunya ingin menang di kandang; mereka kuat di kandang. Tetapi kami ingin mendapatkan hasil bagus besok," imbuh eks pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Pelatih Rangers, Steven Gerrard, mengatakan kondisi laga tanpa penonton di leg kedua nanti tidak adil. Akan tetapi dirinya mengaku tidak bisa berbuat apa-apa selain menerima keputusan tersebut.

"Saya tidak suka dengan itu [laga tanpa penonton]. Sepak bola adalah tentang atsmosfer suporter. Untuk kedua klub, kondisi ini tidak ideal. Tetapi saya tidak bisa berkata apapun, ini situasi yang belum pernah saya hadapi," kata Gerrard dilansir dari Sky Sport.

Kedua kesebelasan bermain apik di babak 32 besar. Rangers arahan Steven Gerrard menyingkirkan Sporting Braga dengan skor agregat 4-2. Sedangkan Leverkusen menyudahi perlawanan FC Porto.

Dari segi performa, Rangers tampil inkonsisten dalam 5 laga terakhir. Ianis Hagi dan kawan-kawan menelan 2 kekalahan, 1 hasil imbang, serta 3 kemenangan.

Hasil kontras ditampilkan oleh Leverkusen arahan Peter Bosz. Die Werkself belum merasakan kekalahan dari lima pertandingan terakhir di semua ajang, dengan rincian 4 kemenangan serta 1 hasil seri.

Sementara itu, ini merupakan duel keempat antar kedua tim. Dari tiga duel sebelumnya, Rangers meraih 1 kemenangan, 1 kekalahan dan 1 hasil seri. Ini juga merupakan kesempatan pertama Leverkusen mengunjungi Skotlandia sejak bermain imbang kontra Rangers pada 1998 silam.

Leverkusen tidak akan diperkuat oleh Sven Bender dan Kevin Volland. Keduanya masih belum pulih dari cedera. Sedangkan tuan rumah kehilangan Filip Helander dan kondisi Ryan Jack serta Jermain Defoe meragukan untuk dimainkan.



Prediksi Jalannya Laga

Rangers akan mengandalkan Ianis Hagi untuk membongkar pertahanan sang tamu. Hagi berkontribusi dalam kesuluruhan gol Rangers di babak 32 besar kontra Braga dengan catatan 3 gol dan 1 assist.

Sementara tim tamu bakal bertumpu pada Kai Havertz. Pemain berusia 20 tahun itu mencatatkan 2 gol dan 2 assist dari dua penampilan di Europa League musim ini.

Pertandingan sendiri diprediksi bakal berjalan sengit. Leverkusen kemungkinan bakal mendominasi laga jika dilihat dari catatan rata-rata penguasaan bola per laga yang mencapai 56% dipadukan akurasi umpan di angka 83%.

Namun, Rangers hanya menelan 1 kekalahan dari 10 laga kandang terakhir. Mereka menang 8 kali, 1 kali seri, serta membukukan 6 clean sheet. Diprediksi, Rangers bakal menang dengan skor tipis dan mampu tidak kebobolan.

Perkiraan Susunan Pemain

Glasgow Rangers (4-3-3): Allan McGregor; James Tavernier, Connor Goldson, George Edmundson, Borna Barisic; Ryan Jack, Steven Davis, Scott Arfield; Ianis Hagi, Alfredo Morelos, Ryan Kent.

Bayer Leverkusen (4-2-3-1): Lukas Hradecky; Lars Bender, Jonathan Tah, Edmond Tapsoba, Daley Sinkgraven; Charles Aranguiz, Karem Demirbay; Kau Havertz, Paulinho, Moussa Diaby; Lucas Alario.

Baca juga artikel terkait LIGA EROPA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight