Prediksi Gladbach vs Koln: Tekad Menang di Rhine Derby

Oleh: Wan Faizal - 10 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Borussia Monchengladbach vs FC Koln: tuan rumah berambisi untuk memetik poin penuh demi kembali masuk zona Liga Champions.
tirto.id - Laga Derby Rhine, Borussia Monchengladbach vs FC Koln bakal berlangsung di Stadion Borussia Park pada hari Kamis (12/3/2020) pukul 00.30 WIB. Kedua tim bertekad meraih kemenangan dalam laga tunda Liga Jerman tengah pekan ini.

Laga ini seharusnya dilangsungkan empat pekan lalu. Namun, saat itu laga urung dilangsungkan karena adanya Badai Ciara yang melanda beberapa kawasan di Eropa.

Meski demikian, bukan berarti laga ini kehilangan atmosfer pertarungan. Kedua tim bersemangat mengincar tiga poin.

Apalagi, Gladbach yang akhir pekan kemarin dikalahkan Borussia Dortmund. Kekalahan tersebut membuat Gladbach langsung terlempar dari Zona Liga Champions dan digeser Bayer Leverkusen.

Akan tetapi posisi empat besar akan bisa mereka raih lagi apabila bisa mengalahkan Koln. Hanya tertinggal satu angka saja seharusnya menjadi motivasi besar bagi Lars Stindl dan kawan-kawan.

Bahkan, sebenarnya hasil imbang pun akan membuat Gladbach masuk ke empat besar lagi dengan catatan memiliki keunggulan selisih gol atas Leverkusen.


Tetapi, mengalahkan Koln bisa menjadi urusan yang tidak gampang. Koln sedang dalam performa bagus dengan catatan tiga kemenangan beruntun. Tiga kemenangan atas Hertha Berlin, Schalke, dan Paderborn diwarnai dengan total 10 gol dan hanya kebobolan satu kali.

“Koln sedang berada dalam performa sangat bagus. Mereka bisa membuat langkah yang besar dan memainkan sepakbola dengan baik. Koln kini lebih berani dan kepercayaan dirinya tumbuh pesat. Ini akan jadi laga sulit meski kami juga merasa tertantang,” kata pelatih Gladbach, Marco Rose.

Sementara Koln menolak diunggulkan di pertandingan ini. Penting bagi mereka untuk tetap merasa membumi terlepas dari hasil laga akhir-akhir ini. Apalagi mereka bermain di kandang lawan.

Selain itu, Koln termasuk tim lemah saat melakoni pertandingan tandang. Dari 12 kekalahan yang sudah mereka derita sejauh ini, tujuh di antaranya terjadi di kandang lawan.


Bahkan ketika, bertandang ke markas tim-tim besar, Koln selalu terbantai. Misalnya, mereka harus menelan kekalahan 4-0 dari Bayern Munchen, 4-1 versus RB Leipzig, dan 5-1 ketika berhadapan dengan Borussia Dortmund.

“Gladbach akan menjadi favorit untuk memenangi pertandingan. Tapi kami juga sedang berada dalam tren yang bagus. Ini akan jadi pertandingan spesial dengan bumbu rivalitas kuat. Kami tahu apa yang harus dilakukan di pertandingan nanti,” ucap Markus Gisdol, juru taktik Koln.

Sayangnya, laga ini akan dimainkan tanpa penonton. Hal itu tak lepas dari adanya imbauan dari Pemerintah Kota Monchengladbach guna meminimalisir penyebaran Virus Corona di Jerman.

Kondisi Tim Terkini

Gladbach tidak bisa memainkan Florian Neuhaus karena alasan skorsing di pertandingan ini. Selain Neuhaus, para pemain lain bisa turun berlaga dalam partai derby ini.

Sedangkan dari Koln, Gisdol kehilangan lumayan banyak pemain. Ada Sebastian Bornauw, Noah Katterbach, Rafael Czichos, Thomas Kessler, dan Niklas Hauptmann yang terpaksa absen karena cedera.

Perkiraan Susunan Pemain:

Gladbach: Yann Sommer; Stefan Lainer, Nico Elvedi, Matthias Ginter, Ramy Bensebaini; Tobias Strobl, Christoph Kramer, Jonas Hofmann; Lars Stindl; Marcus Thuram, Alassane Plea.

Koln: Timo Horn; Kingsley Ehizibue, Jorge Mere, Toni Leistner, Benno Schmitz; Jonas Hector, Ellyes Skhiri; Dominick Drexler, Florian Kainz, Mark Uth; Jhon Cordoba.

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Addi M Idhom
DarkLight