Bundesliga Jerman

Prediksi Fortuna Dusseldorf vs Schalke: Kekalahan Ketiga Tim Tamu?

Oleh: Fitra Firdaus - 26 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Fortuna Dusseldorf vs Schalke 04 di Bundesliga Jerman pada Kamis (26/5/2020): krisis tim tamu bisa berlanjut setelah kemasukan 7 gol dalam 2 laga terakhir.
tirto.id - Pertandingan Fortuna Dusseldorf vs Schalke 04 yang bakal digelar pada Kamis (28/5/2020) pukul 01.30 WIB terjadi ketika kedua tim sama-sama belum pernah menang sejak Bundesliga Jerman diputar kembali. Tim tamu yang berjuluk The Royal Blues bahkan datang ke Merkur Spiel-Arena dalam kondisi terbobol 7 gol dalam 2 laga terakhir.

Sejak restart Bundesliga, Schalke 04 selalu kalah dalam dua laga. Setelah ditaklukkan Borussia Dortmund empat gol tanpa balas dalam Revierderby (16/5), tim asuhan David Wagner dipukul Augsburg 0-3 pada Minggu (24/5). Dalam dua laga itu, Schalke memainkan kiper Markus Schubert, alih-alih penjaga gawang utama Alexander Nubel yang musim depan hengkang ke Bayern.

Kali ini, David Wagner bakal menginstruksikan lini belakang timnya lebih rapi lagi. Dalam laga kontra Augsburg, Schalke punya 71,1 persen penguasaan bola dan 12 tembakan, tetapi sama sekali tidak tajam.

"Kami tidak cukup mengancam dan tidak bisa memanfaatkan peluang. Lebih jauh lagi, kami menciptakan kesalahan yang berbuah gol lawan. Ini lebih karena faktor psikologis. Anak-anak paham situasi saat ini, terutama ketika Anda sudah tertinggal sejak menit awal," kata Wagner menganalisis keadaan The Royal Blues.

Jika melihat peringkat, Fortuna Dusseldorf jauh di bawah Schalke. Fortuna ada di urutan ke-16 klasemen Bundesliga, tempat yang bakal membuat sebuah tim mesti melakukan play-off untuk bertahan di divisi teratas musim depan. Fortuna memiliki 24 angka, atau 13 poin di belakang The Royal Blues.

Pasukan Uwe Rosler sama seperti Schalke, dalam konteks belum pernah menang sejak restart Bundesliga. Namun, setidaknya dalam 5 laga terakhir di Liga Jerman, Fortuna tidak terkalahkan, menuai 7 poin hasil dari 1 menang dan 4 seri. Konsentrasi menjadi pekerjaan rumah untuk tim ini, karena dalam laga Minggu (24/5) mereka sudah unggul dua gol dari Koln yang menyamakan skor dalam 2 menit terakhir laga.

Melepaskan kemenangan seperti itu tidak dapat diiulangi lagi oleh Fortuna jika ingin bertahan. Menghadapi Schalke yang secara materi pemain lebih baik, Uwe Rosler bisa mengandalkan pemain yang punya keterkaitan dengan The Royal Blues. Ada Kaan Ayhan and Marcel Sobottka yang merupakan mantan pemain Schalke di kubu F95.

"Saya percaya Anda akan lebih termotivasi ketika menghadapi mantan klub. Tapi saya tidak akan mengungkapkan daftar line-up saat ini juga. Jelas pula, anak-anak yang baru tampil di Koln sudah menunaikan tugas dengan baik (meski hanya meraih satu angka)," kata Rosler dikutip situs web resmi Fortuna Dusseldorf.




Prediksi Jalannya Pertandingan

Performa lini belakang Schalke yang buruk dengan kemasukan 7 gol dan tanpa kiper utama akan membuat kesempatan menang Fortuna Dusseldorf tinggi. Di sisi lain, F95 punya rekor kandang yang tidak menjanjikan, hanya menang 3 kali dari 13 pertandingan, bahkan kebobolan 23 kali di markas sendiri.

Masalah lain yang dihadapi Schalke adalah krisis pemain. Amine Harit, top skor kedua dan top asis kedua klub di Bundesliga musim ini, mengalami cedera. Jean-Clair Todibo yang mengawal lini belakang The Royal Blues juga demikian. Tim tamu akan berharap pada Daniel Caligiuri, yang musim ini menjadi salah satu penampil terbaik klub dengan nilai 7,01 versi Whoscored.

Fortuna Dusseldorf berpeluang memanfaatkan kelemahan lain Schalke, yaitu catatan sudah kebobolan 10 kali dari skema set pieces. F95 sendiri sudah 5 kali mencetak gol dari skema sama. Melihat kondisi Schalke yang buruk, tiga angka bisa jadi milik tuan rumah.


Perkiraan Susunan Pemain

Fortuna Dusseldorf (3-5-2): Florian Kastenmeier; Niko Gieselmann, Kaan Ayhan, Andre Hoffmann; Markus Suttner, Erik Thommy, Valon Berisha, Kevin Stoger, Matthias Zimmermann; Rouwen Hennings, Kenan Karaman

Schalke 04 (4-1-3-2): Markus Schubert; Jonjoe Kenny, Salif Sane, Matija Nastasic, Bastian Ozcipka; Weston McKennie, Rabbi Matondo, Alessandro Schopf, Daniel Caligiuri; Michael Gregoritsch, Benito Raman

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight