Liga Inggris

Prediksi Burnley vs Man City: Misi Bongkar Pertahanan Tuan Rumah

Oleh: Permadi Suntama - 3 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Burnley vs Manchester City di Liga Inggris pada Rabu (4/12/2019): tim tamu berpeluang bangkit andai lebih tajam di lini depan.
tirto.id - Manchester City akan bertandang ke Stadion Turf Moor, markas Burnley di pekan ke-15 Liga Inggris, pada Rabu (4/12/2019) pukul 02.30 WIB. The Citizens yang gagal meraih kemenangan dalam 2 laga termutakhir, akan menghadapi tantangan berat: rapatnya pertahanan The Clarets.

Upaya Manchester City untuk membongkar pertahanan Burnley tidak akan mudah, karena pasukan Pep Guardiola tidak diperkuat Sergio Aguero, pada laga kali ini. Absennya sang penyerang andalan sangat berpengaruh bagi lini depan The Citizens. Dari 41 peluang yang diciptakan dalam 2 laga terakhir, Manchester Biru hanya membuat 3 gol.

Tidak tajam di depan, Raheem Sterling dan kolega gagal meraih kemenangan. Mereka kini tertinggal 11 poin dari pemuncak klasemen Liga Inggris, Liverpool. Bahkan, The Citizens disalip oleh Leicester City, yang saat ini berada di posisi 2, dengan selisih 3 poin.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menyebut laga melawan Burnley adalah tantangan besar bagi anak asuhnya. Menurut juru taktik berkebangsaan Spanyol itu, The Clarets memiliki pertahanan yang bagus sehingga akan menyulitkan timnya.

"Itu [menghadapi Burnley di Stadion Turf Moor] selalu sulit untuk semua tim. Strategi yang mereka lakukan, mereka dijalankan dengan sempurna,” kata Guardiola, dikutip situs web resmi Manchester City.

“Mereka bermain dengan mengandalkan serangan cepat melalui Ashley Barnes dan Chris Wood [di lini depan]. Mereka mengandalkan 2 sisi sayap [untuk menembus pertahanan lawan] yang melakukan umpan silang yang baik di kotak penalti. Mereka punya penyelesaian akhir yang baik dari dua strikernya,” tambah mantan pelatih Barcelona itu.

Di sisi lain, pelatih Burnley, Sean Dyche, harus mencari opsi lain untuk diterapkan saat menghadapi Manchester City. Pasalnya, The Clarets tidak dapat memainkan 4 pemain andalan karena cedera. Sosok-sosok tersebu adalah Ashley Westwood, Erik Pieters, Charlie Taylor, dan Berg Gudmundsson

"Westwood sudah kembali berlatih, tetapi dia memiliki cedera pangkal paha, jadi kami harus berhati-hati membuat keputusan [untuk memainkannya],” kata Dyche dikutip situs web resmi Burnley.



Prediksi Jalannya Pertadingan

Berdasarkan statistik Whoscored, Manchester City memiliki rerata penguasaan bola 61% per laga, dan menjadi yang paling tinggi di Liga Inggris. Mereka juga berhasil melakukan rerata 21 peluang mencetak gol dalam setiap laga dan menjadi tim paling produktif dengan torehan 39 gol dari 14 laga.

Kendati demikian, lemahnya penyelesaian akhir dalam 2 laga terakhir, menjadi catatan tersendiri bagi anak asuh Pep Guardiola. Ditambah, mereka akan bersua Burnley, salah satu tim dengan pertahanan terbaik dengan rerata 11 intersep, 20 clearance, dan 5 blok di setiap pertandingan.

Perkiraan Susunan Pemain

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Phil Bardsley, James Tarkowski, Ben Mee, Erik Pieters; Jeff Henddrick, Ashley Westwood, Jack Cork, Dwight McNeil; Ashley Barnes,Chris Wood.

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker, John Stones, Fernandinho, Angelino; Kevin De Bruyne, Ilkay Gundogan, David Silva; Bernardo Silva, Gabriel Jesus, Raheem Sterling.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight