Prediksi Borneo FC vs Barito Putera: Derby Beda Tingkatan

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 16 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Barito Putera akan jadi lawan yang berat bagi Borneo FC kali ini.
tirto.id - Laga Borneo FC vs Barito Putera dalam pekan ke-16 GoJek Liga 1 akan berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda Senin (16/7/2018) hari ini. Derby Kalimantan kali ini bakal menjadi duel yang tak mudah bagi tuan rumah.

Situasi tersebut tak lepas dari posisi sang lawan. Hingga artikel ini diunggah, Barito Putera memang telah tergeser dari puncak klasemen, namun mereka berpeluang naik menggeser PSM Makassar andai mampu memetik poin hari ini.

Di lain pihak, tuan rumah Borneo FC sendiri masih terseok-seok dalam upayanya masuk ke papan tengah. Mengoleksi 19 poin, Pesut Etam kini berada di urutan ke-13.

Pelatih Borneo FC, Dejan Antonic mengamini bahwa Barito Putera sedang dalam situasi berbahaya untuk derby kali ini. Meski demikian, Dejan tetap menarget tiga poin karena laga ini dihelat di kandang,

"Bagi kami, pertandingan kandang cukup penting untuk dimenangkan. Namun saya rasa pertandingan besok tidak akan berjalan mudah karena lawan dalam tren positif," ungkap sang pelatih seperti dikutip laman resmi GoJek Liga 1.

Dejan sendiri belum bisa menjamin due rekrutan anyarnya--Billy Keraf dan Wildansyah akan tampil sejak menit awal. Dua pemain ini merupakan pemain yang baru didatangkan dari Persib Bandung. Walau demikian, keduanya tetap sangat mungkin tampil jika pelatih membutuhkan mereka.

"Kita lihat nanti apakah diturunkan atau tidak. Terpenting kami sudah belajar dari kekalahan sebelumnya dan berusaha tampil maksimal nanti," pungkas Dejan.

Di lain pihak, Barito Putera datang dengan tekad membara untuk merebut puncak klasemen. Pelatih Jacksen F Tiago tak ingin hasil tak maksimal pekan lalu terulang, di mana Barito Putera ditahan imbang 0-0 oleh Arema FC.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Jacksen menekankan pentingnya menjaga disiplin. Ia juga menginstruksikan agar para pemainnya fokus, sehingga tak melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa merugikan tim di atas lapangan.

"Kami harus disiplin dan mengurangi kesalahan sendiri. Barito Putera adalah tim sama seperti musim lalu, sehingga cukup bagus," tutur Jacksen.

Sayangnya, Barito Putera tak dapat diperkuat sejumlah pemainnya dalam laga kontra Borneo FC hari ini. Rizky Pora dan Gavin Kwan Adsit menepi lantaran akumulasi kartu. Terlepas dari absennya Rizky dan Gavin, Jacksen meyakinkan bahwa dirinya telah menyiapkan nama pengganti.

"Kami sudah siapkan rencana. Ada banyak pemain yang menggantikan posisi keduanya," pungkas sang pelatih.

Empat Laga Terakhir Borneo FC

11/7/2018 Liga 1 Persela Lamongan 2-0 Borneo FC Kalah
7/7/2018 Liga 1 Borneo FC 5-1 Perseru Serui Menang
6/6/2018 Liga 1 PSIS Semarang 1-0 Borneo FC Kalah
1/6/2018 Liga 1 Borneo FC 3-1 PSMS Medan Menang

Borneo FC punya capaian tak stabil dalam empat pertandingan terakhirnya. Pesut Etam tercatat dua kali menang dan dua kali pula menderita kekalahan.

Empat Laga Terakhir Barito Putera

11/7/2018 Liga 1 Barito Putera 0-0 Arema FC Imbang
6/7/2018 Liga 1 Mitra Kukar 3-4 Barito Putera Menang
8/6/2018 Liga 1 Barito Putera 3-1 Sriwijaya FC Menang
4/6/2018 Liga 1 PS TIRA 1-0 Barito Putera Kalah

Rapor Barito Puteta jelang lawatan ke Segiri pun tak menjanjikan. Dalam empat pertandingan terakhir, mereka dua kali menang, sekali imbang, dan satu kali pula menderita kekalahan.

Empat Pertemuan Terakhir Borneo FC vs Barito Putera

1/10/2017 Liga 1 Barito Putera 2-1 Borneo FC
7/6/2017 Liga 1 Borneo FC 2-1 Barito Putera
7/2/2017 Piala Presiden Borneo FC 0-0 Barito Putera
1/12/2016 Liga 1 Barito Putera 1-0 Borneo FC

Riwayat empat pertemuan terakhir kedua tim mengunggulkan Barito Putera. Mereka tercatat dua kali menang, sekali imbang, dan menderita satu kekalahan saja dari Borneo FC.

Perkiraan Susunan Pemain Borneo FC vs Barito Putera

Borneo FC: Muhammad Ridho; Edy Gunawan, Wildansyah, Azamat Baimatov, Diego Michels; Srjdan Lopicic, Sultan Samma, Julien Faubert; Ambrizal Umanailo, Lerby Eliandry, Billy Keraf.

Cadangan: Nadeo Argawinata, Firdaus Ramadhan, Ahmad Maulana, Wahyudi Hamisi, Febri Setiadi Hamzah, Madirga Lasut, Ridwan Yusman

Barito Putera: Adhitya Harlan; Dandi Maulana, Aaron Evans, Hansamu Yama Pranata, Rony Beroperay; Paulo Sitanggang, Douglas Packer, Juan Pablo Pino; Matias Cordoba, Samsul Arif Munip, TA Musafri.

Cadangan: Dian Agus Prasetyo, Muhammad Rifqi, Nazar Nurzaidin, Ady Setiawan, Sandy Ferizal.

Kickoff pertandingan Borneo FC vs Barito Putera dijadwalkan Senin (16/7/2018) mulai pukul 15.30 WIB. Jika tak ada perubahan, laga ini bakal disiarkan live streaming oleh Vidio.com.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight