Prediksi Bayern Munchen vs Paderborn: Ujian Lini Belakang Die Roten

Oleh: Wan Faizal - 20 Februari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Laga Bayern Munchen vs Paderborn berpotensi menyulitkan tuan rumah. Meskipun Paderborn saat ini menjadi tim terlemah di Bundesliga, Bayern harus berlaga tanpa lini belakang yang sempurna.
tirto.id - Lini belakang Bayern Munchen akan mendapatkan ujian saat mereka bersua Paderborn di Stadion Allianz Arena, Jerman pada Sabtu (22/02/2020) pukul 02.30 WIB.

Absennya para pemain pilar Die Roten di sektor tersebut akan memaksa Hansi Flick berpikir keras untuk membantu perjuangan anak asuhnya di lapangan.

Niklas Sule masih menjalani masa pemulihan setelah ia menderita cedera panjang sejak beberapa bulan lalu. Selama ini, Flick punya Jerome Boateng saja yang berposisi natural sebagai bek tengah. Terkadang, Boateng ditemani oleh David Alaba, Benjamin Pavard, atau Lucas Hernandez yang sejatinya merupakan bek sayap.

Sial bagi Bayern karena di laga ini Boateng pun akan absen karena akumulasi kartu. Begitu juga dengan Pavard yang tidak bisa turun karena penyebab serupa. Praktis, Flick harus berpikir keras untuk meramu komposisi yang solid di lini belakang Bayern.

Kemungkinan besar, Alaba dan Hernandez akan menjadi partner di sektor bek tengah. Salah satu kendala yang bisa muncul dari duet tersebut adalah keduanya berkaki kidal.

Alternatif lainnya, Flick bisa menurunkan Joshua Kimmich, salah satu pemain versatile Bayern yang juga bisa main sebagai bek kanan atau gelandang bertahan.

Apa pun komposisi yang akan diturunkan Flick nanti, Bayern akan mendapatkan ujian berat dari skuad Paderborn.

Meskipun Paderborn kini menghuni posisi juru kunci klasemen Bundesliga, tim ini cukup produktif dalam menghasilkan gol meski lini pertahanan mereka lemah (kebobolan 47 kali). Pada musim ini, Paderborn tercatat sudah membobol gawang lawan 27 kali pada musim ini.

Selain itu, Paderborn juga tidak mengandalkan satu nama dalam mencetak gol. Terbukti dari lima pertandingan terakhir di Bundesliga, ada enam nama pencetak gol yang berbeda dari total tujuh gol yang mereka buat. Hanya Dennis Srbeny yang bisa mencetak dua gol di periode itu. Padahal, Dennis baru didatangkan dari Norwich City pada Januari kemarin.

Meskipun begitu, di atas kertas, Bayern tetap jauh lebih unggul dibandingkan Padernborn. Apalagi, Die Roten bermain di kandang. Kubu Paderborn pun mengakui hal ini.

“Di pertandingan ini, Bayern tidak bisa memainkan Jerome Boateng dan Benjamin Pavard. Tetapi, saya rasa mereka tidak akan kehilangan kualitas permainan. Performa Bayern juga bagus akhir-akhir ini. Kami harus tetap kerja keras dalam pertandingan nanti,” kata pelatih Paderborn, Steffen Baumgart.

Berdasarkan catatan riwayat pertemuan kedua tim, Bayern memang kerap tampil perkasa. Pada lima perjumpaan terakhir di semua ajang, Paderborn selalu kalah.

Bahkan dalam lima laga tersebut, Bayern bisa mencetak total 24 gol berbanding tiga gol saja yang bersarang ke gawang mereka.

Hasil terbaik yang diraih Paderborn hanya lahir dari pertemuan terakhir di Benteler Arena pada 28 September 2019 lalu. Saat itu Paderborn hanya kalah 2-3. Di laga tersebut, Kai Proger dan Jamilu Collins berhasil menjebol gawang Die Roten untuk memperkecil kekalahan.

Selain itu, Bayern tidak terkalahkan dalam 22 laga dari 24 pertandingan kandang terakhir mereka di Liga Jerman. Di musim ini, Bayern pun bisa mencetak 33 gol di Allianz Arena atau terproduktif kedua setelah Borussia Dortmund (40 gol) untuk urusan gol tandang.

Sedangkan Paderborn hanya mencetak 11 gol dari 10 laga away yang sudah mereka jalani musim ini. Hanya saja, dalam dua laga terakhir di kandang lawan, Paderborn mampu lolos dari kekalahan. Mereka menang 0-2 atas Freiburg dan menahan imbang Schalke 1-1.

Kondisi Tim Terkini

Selain tanpa Sule, Boateng, dan Pavard, Bayern akan ditinggal juga oleh Ivan Perisic karena sedang cedera. Nama lain seperti Javi Martinez belum tentu bisa bermain karena kondisinya yang belum fit.

Sedangkan Paderborn akan bertandang tanpa Sabiri dan Luca Killian. Jamilu Collins juga tidak akan berpartisipasi di laga ini karena sengaja diistirahatkan.

Perkiraan Susunan Pemain:

Bayern: Manuel Neuer; Alvaro Odriozola, David Alaba, Lucas Hernandez, Alphonso Davies; Joshua Kimmich, Thiago Alcantara; Thomas Muller, Kingsley Coman, Serge Gnabry; Robert Lewandowski.

Paderborn: Leopold Zingerle; Laurent Jans, Christian Strohdiek, Sebastian Schonlau, Gerrit Holtmann; Kai Proger, Sebastian Vasiliadis, Klaus Gjasula, Samuel Fridjonsson, Christopher Antwi-Adjei; Dennis Srbeny.


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - )

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Addi M Idhom
DarkLight