Prediksi Barcelona vs Chelsea: Laga Tanpa Jaminan di Camp Nou

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jelang laga hidup mati Barcelona vs Chelsea, kedua tim sama-sama mewaspadai kejutan lawan.
tirto.id - Barcelona dijadwalkan menjamu Chelsea pada laga leg kedua Liga Champions di Stadion Camp Nou, Kamis (15/3/2018) dini hari waktu Indonesia. Jelang laga penentuan tersebut, pelatih Blaugrana, Ernesto Valverde mengaku kesulitan memprediksi taktik lawannya setelah pada leg pertama bermain imbang 1-1.

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Mereka bisa menerapkan pressing ketat, mereka mungkin menyerang dari lebar lapangan. Kami tahu ketika sudah di bangku pemain, mereka sangat kuat dan sulit dikalahkan," ungkap Valverde seperti dikutip situs resmi Barcelona.

Valverde menambahkan, untuk menghadapi The Blues tidak ada formula atau strategi tertentu. Menurutnya, untuk meraih tiket lolos ke delapan besar usaha dan konsistensi adalah penentu utama.

"Tidak ada formula rahasia selain tetap berjuang dan konsisten," imbuh sang pelatih.

Di lain pihak, pelatih Chelsea Antonio Conte menginstruksikan anak asuhnya untuk tidak gegabah kala menghadapi tekanan tuan rumah. Terlebih, Barcelona memiliki kemampuan baik dalam mempertahankan penguasaan bola. Untuk meredam hal-hal yang tak diinginkan, langkah paling bijak menurut Conte adalah bersabar dan siap menderita. Yang dimaksud pelatih asal Italia itu dengan menderita adalah tetap fokus meski bola sedang dikuasai lawan.

"Kami harus menjadi sangat baik. Melawan tim seperti ini [Barcelona] yang menurut saya salah satu tim terbaik di dunia memerlukan kesiapan untuk menderita, seperti halnya yang kami alami pada leg pertama, yang menurut saya kami saat itu mendekati sempurna," ujar Conte seperti dikutip situs resmi Chelsea.

Conte kemungkinan belum dapat memainkan tiga pemain intinya, Tiemoue Bakayoko, David Luiz, dan Ross Barkley. Tiga nama tersebut memang belum sepenuhnya pulih dari cedera masing-masing. Meski demikian, The Blues masih dapat memainkan sejumlah pilar lain, termasuk Cesc Fabregas dan Pedro yang merupakan eks punggawa Barcelona. Pengetahuan keduanya terhadap pola permainan tuan rumah diyakini membuat Fabregas atau Pedro bakal tampil sejak menit awal.

Di lain pihak, Barcelona juga kemungkinan mengistirahatkan tiga pemainnya. Mereka yakni Nelson Semedo, Deniz Suarez, dan Sergi Samper yang belum sepenuhnya pulih. Meski demikian, Blaugrana kembali kedatangan Anders Iniesta. Gelandang veteran Spanyol itu belum dapat dipastikan tampil, tetapi sudah bergabung mengikuti latihan tim.

Lionel Messi pun dalam kondisi kepercayaan diri tinggi. Kelahiran putra ketiganya beberapa hari lalu membuat Messi punya ambisi tinggi untuk mengamankan tiket lolos ke semifinal untuk timnya.

Perkiraan susunan pemain inti

Barcelona: Marc-Andre Ter Stegen; Jordi Alba, Samuel Umtiti, Gerard Pique, Sergi Roberto; Andres Iniesta, Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Paulinho; Lionel Messi, Luis Suarez.

Chelsea: Thibaut Courtois; Antonio Rudiger, Andreas Christensen, Cesar Azpilicueta; Marcos Alonso, Cesc Fabregas, N'Golo Kante, Victor Moses; Pedro, Willian; Hazard.

Prediksi skor

Riwayat lima pertemuan terakhir kedua tim sedikit mengunggulkan The Blues. Chelsea sekali menang dan empat laga lain berakhir imbang. Kendati demikian, performa impresif Barcelona di beberapa pekan terakhir jelas lebih baik ketimbang Chelsea yang kerap inkonsisten. Bahkan, di empat partai tandang terakhirnya skuat asuhan Antonio Conte selalu kalah. Menimbang situasi tersebut, prediksi skor untuk laga dini hari besok adalah 2-1 untuk kemenangan tipis tuan rumah.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram