Prediksi Barcelona vs Bilbao & Jadwal Piala Super Spanyol 18 Jan

Oleh: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 16 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Berdasarkan rekor pertemuan, El Barca bahkan berpotensi menjadi Real Madrid kedua, dalam arti sama-sama takluk dari Athletic.
tirto.id - Laga puncak Piala Super Spanyol 2020/2021 akan digelar pada Senin (18/01/2021) dini hari pukul 03.00 WIB. Athletic Bilbao akan menjadi penantang Barcelona dalam final yang dilangsungkan di Stadion Olimpico de Sevilla ini.

Setelah menumbangkan klub raksasa Liga Spanyol, Real Madrid, pada partai semifinal, Athletic bukan tidak mungkin akan kembali trengginas melawan El Barca.

Secara mengejutkan, Athletic langsung garang dan memimpin dua gol di babak pertama kontra El Real. Sepasang gol Raul Garcia membuat pasukan Zinedine Zidane itu sontak kewalahan.

Faktor ketenangan tampaknya menjadi salah satu kendala Sergio Ramos dan kolega di laga semifinal itu. Terbukti dari luputnya kontrol bola yang dilakukan oleh beberapa pemain seperti Toni Kross dan Vinicius Junior di babak kedua. Meskipun sempat mempersempit ketertinggalan lewat sontekan Karim Benzema di menit 73', El Real tidak mampu lagi menambah gol. Skor 1-2 bertahan hingga akhir laga.

Solidnya pertahanan juga menjadi salah satu faktor kunci lolosnya klub yang bermarkas di San Mames ini ke final.

Barcelona lebih dulu mengamankan tempat di final Piala Super Spanyol setelah menang atas Real Sociedad, Kamis (14/01/2021) lalu. Blaugrana menyudahi perlawanan Real Sociedad lewat drama adu penalti.

Sebelumnya Barcelona sempat unggul di penghujung babak kedua, tepatnya menit 39', melalui kaki Frenkie De Jong. Namun, sang pencetak gol satu-satunya itu juga menjadi penyebab timnya kebobolan. Hand ball yang dilakukannya tepergoki VAR. Sociedad pun mendapat hadiah penalti. Mikel Oyarzabal yang menjadi algojo sukses menuntaskan tugasnya.

Di babak adu penalti, De Jong dan Antoine Griezmann yang gagal mengonversi tendangannya menjadi gol tidak berpengaruh pada kemenangan Blaugrana. Ter Stegen tampil ciamik di bawah mistar gawang. Menggagalkan tendangan 3 pemain Sociedad, membuat timnya melaju ke final Piala Super Spanyol.

Prediksi Jalannya Laga

Bagi Barcelona, berjumpa Athletic Bilbao di final Piala Super Spanyol bukanlah perkara mudah. Berdasarkan rekor pertemuan, El Barca bahkan berpotensi menjadi Real Madrid kedua, dalam arti sama-sama takluk dari Athletic.

Pada lima pertemuan terakhir kontra Los Leones, Blaugrana sudah menelan dua kekalahan. Pada musim 2019-2020 tepatnya, Lionel Messi dan kolega kalah di dua ajang melawan Athletic, yakni Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Catatan ini tentu cukup mengkhawatirkan bagi Barcelona yang lolos ke final dengan susah payah. Selain itu, Barcelona juga terancam oleh rekam jejak pertemuan dengan Athletic di final Piala Super Spanyol.

Barcelona dan Athletic Bilbao sudah tiga kali berhadapan di final kompetisi tersebut. Athletic berhasil memenangi satu di antaranya, yakni pada musim 1984-1985. Bermodalkan satu kemenangan itu, Los Leones berpotensi kembali membuat kejutan di laga final kali ini.

Jika menilik catatan 5 pertemuan terakhir di semua kompetisi, kedua tim memiliki statistik yang berimbang. Barcelona dan Athletic sama-sama mengumpulkan 2 kemenangan dan satu kali bermain imbang.

Di sisi lain, Barcelona memiliki modal segar sebelum menyambut partai final. Pada pertemuan termutakhir yang terjadi di San Mames 6 Januari lalu, Lionel Messi dan kolega berhasil menumbangkan tuan rumah 2-3. Kemenangan ini dapat menjadi bekal untuk membaca permainan tim lawan yang telah dikalahkannya di LaLiga itu.

Namun, Bintang andalannya, Messi, masih belum jelas apakah dapat tampil di final Piala Super Spanyol atau tidak. Pemain berkebangsaan argentina itu tidak terlihat di sesi latihan Barcelona pada Jumat lalu. Sebelumnya Messi juga absen dalam kemenangan Blaugrana di semifinal yang sulit.

"Mengenai Leo, kami harus menunggu beberapa hari ke depan untuk mengetahui apakah dia bisa bermain," terang Ronald Koeman dalam konferensi pers, dilansir as.com

Perkiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Marc-André ter Stegen; Sergiño Dest, Ronald Araujo, Clément Lenglet, Jordi Alba; Pedri, Sergio Busquets, Frenkie de Jong; Ousmane Dembélé, Antoine Griezmann, Lionel Messi.

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Unai Simon; Yuri Berchiche, Inigo Martinez, Yeray Alvarez, Ander Capa; Unai Vencedor, Mikel Vesga; Oscar de Marcos, Iker Muniain, Alex Berenguer; Inaki Williams.

Skor Head to Head Barcelona vs Athletic Bilbao

07/01/21 Athletic Bilbao vs Barcelona 2 - 3
24/06/20 Barcelona vs Athletic Bilbao 1 - 0
07/02/20 Athletic Bilbao vs Barcelona 1 - 0
17/08/19 Athletic Bilbao vs Barcelona 1 - 0
11/02/19 Athletic Bilbao vs Barcelona 0 - 0

5 Laga Terakhir Barcelona

30/12/20 Barcelona vs Eibar 1 - 1
04/01/21 Huesca vs Barcelona 0 - 1
07/01/21 Barcelona vs Barcelona 2 - 3
10/01/21 Granada vs Barcelona 0 - 4
14/01/21 Sociedad vs Barcelona 1 - 1 (pen 2-3)

5 Laga Terakhir Athletic Bilbao

23/12/20 Villarreal vs Athletic Bilbao 1 - 1
31/12/20 Athletic Bilbao vs Sociedad 0 - 1
03/01/21 Athletic Bilbao vs Elche 1 - 0
07/01/21 Athletic Bilbao vs Barcelona 2 - 3
15/01/21 Real Madrid vs Athletic Bilbao 1 - 2


Baca juga artikel terkait PIALA SUPER SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight