KTT ASEAN 2023

Prabowo Ungkap Alasan Xi Jinping & Joe Biden Absen di KTT ASEAN

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 7 Sep 2023 11:35 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden Presiden China Xi Jinping absen dalam pertemuan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.
tirto.id - Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping tidak hadir dalam pertemuan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menuturkan, kedua kepala negara itu sibuk sehingga mengirimkan perwakilan.

"Saya kira pasti beliau banyak kesibukan, negara besar, tapi kan beliau sangat perhatian sama kita, dan beliau hadir di Bali di G20," kata Prabowo usai meninjau Media Center KTT ASEAN, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Sementara itu, Prabowo memastikan absennya Biden dan Xi bukan berarti memiliki hubungan buruk. Dia menuturkan, Indonesia tetap bersahabat dengan semua negara di tengah kekuatan politik yang ada.

"Indonesia sudah jelas sikap kita posisi kita kan selalu bebas aktif, non-blok, kita tidak mau terlibat dalam manapun, kita sahabat sama semua negara, kita hormati semua negara, kita hormati Amerika serikat. Kita hormati Tiongkok, kita hormati Rusia, kita hormati India, Jepang, kita hormati semua negara intinya," bebernya.

Dalam agenda KTT ASEAN kali ini mengundang Amerika Serikat, Rusia dan Cina. Namun, para kepala negara tidak hadir dalam KTT ASEAN. Ketiga negara menunjuk para perdana menteri atau wakil presiden dalam menghadiri KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

Amerika mengirim Wapres AS Kamala Harris, China mengirim Perdana Menteri Li Qiang. Kemudian, Rusia mengirim Sergey Lavrov untuk hadir dalam rangkaian acara KTT ASEAN.



Baca juga artikel terkait KTT ASEAN 43 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight