Prabowo Tak Dampingi Sudrajat-Syaikhu di Debat Perdana Pilgub Jabar

Oleh: M. Ahsan Ridhoi - 12 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
Fadli Zon yakin pasangan Sudrajat-Syaikhu bisa tampil dengan performa yang meyakinkan dalam debat kandidat Pilgub Jabar nanti malam.
tirto.id - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tidak akan mendampingi pasangan Sudrajat-Syaikhu di debat kandidat perdana Pilgub Jabar 2018 malam ini, Senin (12/3/2018).

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPP Gerindra, Fadli Zon. Menurutnya, "Pak Prabowo lagi di luar negeri." Dengan begitu, ia tidak bisa mendampingi pasangan nomor urut tiga tersebut.

Meski begitu, Fadli yakin pasangan Sudrajat-Syaikhu bisa tampil dengan performa yang meyakinkan dalam debat kandidat nanti malam.

Karena, menurut Fadli, pasangan ini memiliki intelektual dan pengalaman yang mumpuni di bidangnya masing-masing.

"Saya mengenal Sudrajat dari 90-an, dia punya latar belakang pendidikan yang bagus dari Harvard. Dari sisi gaya bicara juga cukup bagus, karena pernah menjadi kapuspen dsb," kata Fadli.

Debat kandidat Pilgub Jabar bakal diikuti empat paslon, yakni Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu), Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Dua DM), Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik), dan TB Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah).

KPU Provinsi Jabar telah menyiapkan 18 guru besar dari sejumlah perguruan tinggi untuk menyusun pertanyaan debat kandidat malam ini, yakni dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Parahyangan (Unpar), Universitas Islam Bandung (Unisba), Universitas Indonesia (UI), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

KPU Jabar menyebar 1.400 undangan. Sebanyak 800 undangan di antaranya untuk tim pendukung masing-masing pasangan calon. Sisanya untuk pejabat Provinsi Jabar, bupati, dan walikota se-Jabar.

Rencananya debat kandidat perdana Pilgub Jabar akan dibagi ke dalam enam segmen dengan dimoderatori oleh Rosiana Silalahi tanpa panelis.

Enam segmen itu adalah pemaparan visi dan misi, pertanyaan dari moderator, tanggapan kandidat, performa kandidat dan pendukungnya, pertanyaan undian, dan diakhiri oleh pernyataan penutup.

Setiap pasangan calon juga akan mendapatkan kesempatan untuk tampil bersama pendukungnya masing-masing. KPU Jabar menyiapkan panggung seni bagi 15 orang timses untuk memeriahkan jalannya debat.

Dalam jadwal yang telah disusun KPU Jabar, debat kandidat akan dimulai pukul 19.30 WIB, di Gedung Sabuga, Bandung, Jawa Barat.



Baca juga artikel terkait DEBAT PILGUB JABAR 2018 atau tulisan menarik lainnya M. Ahsan Ridhoi
(tirto.id - Politik)

Reporter: M. Ahsan Ridhoi
Penulis: M. Ahsan Ridhoi
Editor: Yuliana Ratnasari
Dari Sejawat
Infografik Instagram