Potret Perayaan Natal 2021 di Indonesia

Suasana Gereja Katedral saat Misa Malam Natal di Jakarta, Jumat (24/12/2021). Selain membatasi kapasitas sebanyak 650 jemaat atau 40 persen dari total kapasitas, pihak Gereja Katedral Jakarta juga mengadakan Misa Malam Natal secara daring sebagai upaya mencegah penularan COVID-19. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Umat Katolik memindai kode batang melalui aplikasi PeduliLindungi jelang mengikuti Misa Malam Natal di Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Babakan, Desa Canggu, Badung, Bali, Jumat (24/12/2021). Umat yang merayakan Natal secara tatap muka di gereja yang identik bernuansa Bali tersebut wajib memiliki sertifikat vaksin COVID-19 dan menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/wsj.
Umat Katolik mengikuti Misa Malam Natal di Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Babakan, Desa Canggu, Badung, Bali, Jumat (24/12/2021). Umat yang merayakan Natal secara tatap muka di gereja yang identik bernuansa Bali tersebut wajib memiliki sertifikat vaksin COVID-19 dan menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/wsj.
Sejumlah Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) mengikuti ibadah Malam Natal di Gereja Oikumene, Lapas Kelas IIA Pontianak di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (24/12/2021). Sebanyak 106 WBP yang memeluk agama Kristen dan Katolik turut bersukacita melaksanakan ibadah Malam Natal 2021 di gereja yang berada di dalam Lapas Kelas IIA Pontianak. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/wsj.
Dua orang umat Katolik memerankan Yusuf (kiri) dan Maria (tengah) saat drama kelahiran Yesus Kristus dalam Misa Malam Natal bertema Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Persaudaraan di Gereja Katolik Paroki Santa Theresia Bongsari, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/12/2021). Sejumlah gereja di Kota Semarang menggelar Misa Malam Natal dengan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat serta pembatasan jumlah jemaat sebagai upaya antisipasi untuk mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.
Petugas gereja memainkan piano saat pelaksanaan ibadah malam Natal di Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta, Jumat (24/12/2021). Pihak GPIB Immanuel membatasi kapasitas tatap muka saat ibadah malam Natal untuk 150 orang dan sisanya secara daring untuk pencegahan COVID-19. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.
Sejumlah jemaat menyalakan lilin saat pelaksanaan ibadah malam Natal di Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta, Jumat (24/12/2021). Pihak GPIB Immanuel membatasi kapasitas tatap muka saat ibadah malam Natal untuk 150 orang dan sisanya secara daring untuk pencegahan COVID-19. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.
Potret Perayaan Natal 2021 di Indonesia.
25 Desember 2021
Umat Kristiani merayakan natal pada hari ini Sabtu (25/12). Meskipun pandemi berlangsung hampir dua tahun, tapi tak menyurutkan masyarakat untuk merayakan Natal. Di Gereja Katedral Jakarta, perayaan natal tahun ini digelar secara virtual dan tatap muka. Selain membatasi kapasitas sebanyak 650 jemaat atau 40 persen dari total kapasitas, pihak Gereja Katedral Jakarta juga mengadakan Misa Malam Natal secara daring sebagai upaya mencegah penularan COVID-19. GPIB Immanuel juga membatasi kapasitas tatap muka saat ibadah malam Natal untuk 150 orang dan sisanya secara daring. . Sejumlah gereja juga memberlakukan protokol kesehatan secara ketat serta pembatasan jumlah jemaat sebagai upaya antisipasi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

DarkLight