Popularitas Prabowo Berpeluang Menangkan Anies-Sandi

Oleh: Damianus Andreas - 8 Februari 2017
Survei & Polling Indonesia baru-baru ini merilis hasil temuannya yang memperkirakan Anies-Sandiaga akan memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2017.
tirto.id - Survei & Polling Indonesia (SPIN) memperkirakan pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno, akan menjadi pemenang dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Apabila hal itu terjadi, mereka menilai kemenangan paslon ini nantinya tak lepas dari faktor popularitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Dari hasil survei yang telah dilakukan, pasangan Anies-Sandi memperoleh dukungan sebesar 41,74%, disusul pasangan Ahok-Djarot 30,04%, dan Agus-Sylvi 24,95%. Sedangkan, sebesar 3,27% masyarakat belum menentukan pilihannya.

Paslon Anies-Sandi dikatakan unggul di semua kategori pemilih. Sementara untuk kategori usia 17-24 tahun, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni mampu mengungguli Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

"Dari kategori jenis kelamin, khsusnya di segmen pemilih perempuan, persaingan antar kandidat cenderung lebih ketat. Namun, pada segmen pemilih laki-laki, Anies-Sandi mengungguli kandidat lainnya," kata Direktur SPIN, Igor Dirgantara, pada Rabu (8/2).

Igor menilai peningkatan elektabilitas pasangan Anies-Sandi dipengaruhi popularitas Prabowo Subianto. Dari survei yang juga telah dilakukan, SPIN mendapati temuan bahwa 50.9% responden memilih Prabowo Subianto, 48,46% memilih Joko Widodo, sedangkan 0.64% memutuskan golput.

"Dari total pemilih Prabowo di DKI Jakarta, pasangan Agus-Sylvi memperoleh dukungan sebesar 16,04%, Ahok-Djarot 6,42%, Anies-Sandi 72,01%, dan yang belum menentukan pilihan 5,53%," papar Igor di Bakoel Koffi, Cikini Raya.

Sementara itu, pemilih Jokowi yang memilih pasangan Agus-Sylvi sebesar 34,46%, Ahok-Djarot 54,3%, Anies-Sandi 10,49%, dan yang belum menentukan pilihan 0,75%.

"Hasil ini memperlihatkan bahwa pemilih di DKI Jakarta yang memilih Prabowo saat Pilpres 2014 ternyata lebih solid dukungannya kepada pasangan Anies-Sandi, ketimbang pemilih Jokowi terhadap pasangan Ahok-Djarot," jelas Igor lagi.

Survei oleh SPIN ini dilaksanakan pada 24 - 26 Januari 2017, dengan jumlah responden sebanyak 1102 orang. Wawancara dilakukan melalui tatap muka langsung dengan bantuan kuesioner. Uji kualitas dilakukan lewat spot check yang mengambil 20% dari total sampel. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error 3% dan tingkat kepercayaan 95%.

Baca juga artikel terkait ANIES-SANDIAGA atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Themmy Aditya Nugraha
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Damianus Andreas
DarkLight