Polisi Imbau GP Ansor Tak Konvoi ke Holywings

Reporter: Adi Briantika - 24 Jun 2022 19:56 WIB
Dibaca Normal 1 menit
GP Ansor akan berkonvoi ke Holywings demi memastikan agar kejadian serupa tidak terulang.
tirto.id - Polda Metro Jaya mengimbau agar masyarakat tak konvoi ke sejumlah cabang Holywings di kawasan DKI Jakarta pada Jumat malam, 24 Juni 2022. Hal itu dilakukan demi menghindari terjadinya tindak pidana.

"Kami imbau untuk tidak melakukan (konvoi). Tentunya Polda Metro Jaya akan memberikan pengamanan kepada semua warga DKI Jakarta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (24/6/2022).

Selain itu, polisi pun mulai menyelidiki perkara yang membelit Holywings. "Serahkan penanganan secara hukum di negara ini. Polda Metro Jaya akan menyidik kasus ini secara profesional," lanjut Zulpan.

Polisi bakal mendalami pengaduan dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Holywings Indonesia yang dilaporkan oleh Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI).

Direktorat Reserse Kriminal Khusus yang akan menelusuri perkara ini.

Alasan pengaduan lantaran Holywings diduga menistakan agama karena menawarkan minuman beralkohol gratis bagi pemilik nama Muhammad dan Maria. Ketua HAMI Sunan Kalijaga mengadukan manajemen Holywings Indonesia kepada kepolisian pada 24 Juni 2022.

Laporan terdaftar dengan nomor LP/B /3135/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya. Dalam laporan itu, pelapor ialah Firmansyah yang merupakan anggota HAMI.

Pada perkara ini Holywings Indonesia disangkakan Pasal 156A KUHP dan Pasal 28 A ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pihak terlapor pun buka mulut ihwal kejadian ini. "Kami telah menindaklanjuti tim promosi yang membuat promosi tersebut tanpa sepengetahuan manajemen Holywings Indonesia dengan sanksi yang sangat berat," begitu petikan dari akun Instagram Holywings Indonesia.

GP Ansor akan Konvoi ke Outlet Holywings


Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor DKI Jakarta, M. Sufyan Hadi mengungkapkan bahwa malam ini kader-kader Ansor dan Banser DKI Jakarta akan melakukan konvoi ke sejumlah outlet Holywings Indonesia.

Selain malam ini, konvoi tersebut akan dilakukan lagi pada besok malam, Sabtu (25/6/2022).

"Malam ini kami akan konvoi bersama Kader Ansor [dan] Banser DKI Jakarta. Atas instruksi ketua pimpinan wilayah GP Ansor DKI Jakarta, ke beberapa titik yang sudah menjadi hasil konsolidasi dengan kader-kader Ansor dan Banser DKI Jakarta," ungkap dia kepada Tirto saat dikonfirmasi, Jumat (24/6/2022).

Sufyan menuturkan, GP Ansor akan memastikan 100 persen persiapan untuk konvoi malam nanti. Tujuan dari konvoi ini adalah untuk memastikan bahwa kejadian ini tidak terulang kembali.

"Sebenarnya kami sangat sayangkan hal ini terjadi dan masih menjadi viral di seluruh negeri dan yang perlu diketahui bahwa setiap orang tua memberikan nama Muhammad dan Maria pasti motivasinya spritual dan moral," ujar dia.

Sufyan juga berharap tidak ada tempat hiburan atau lembaga yang melakukan hal tersebut.

"Konvoi ini dibagi menjadi dua malam yakni malam Sabtu dan malam Minggu Insyaallah. Tujuannya ingin memastikan kajadian tidak terulang kembali. Harapannya tidak ada lembaga atau tempat hiburan melakukan hal tersebut," pungkas dia.

Baca juga artikel terkait HOLYWINGS atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight