Pole Position MotoGP Hari Ini & Hasil Kualifikasi GP Aragon 2020

Oleh: Permadi Suntama - 17 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut hasil kualifikasi dan starting grid race MotoGP Aragon, Minggu, 18 Oktober 2020.
tirto.id - Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) kembali meraih pole position di kualifikasi MotoGP Aragon 2020 pada Sabtu (17/10). Dia bakal memimpin starting grid race hari Minggu setelah mencatat waktu tercepat di kualifikasi MotoGP Aragon dengan catatan waktu 1 menit 47,076 detik.

Catatan waktu tersebut dibuat Quartararo pada flying lap atau kesempatan terakhir di sesi kualifikasi. Dia berhasil mengungguli pembalap Yamaha lain, Macverick Vinales, yang akan start dari posisi kedua (P2).

Sementara itu, pembalap-pembalap HRC Honda menunjukkan performa cukup baik, dan meraih kualifikasi terbaiknya musim ini. Kendati belum meraih pole position, terapi pembalap LCR Honda Cal Crutchlow di posisi 3.

Selain itu, untuk pertama kalinya di MotoGP 2020 3 pembalap Honda berhasil lolos ke Q2. Meski hasilnya belum cukup bagus tetapi ini merupakan hasil yang cukup bagus.

Alex Marquez (Repsol Honda) yang di balapan basah di Sirkuit Le Mans, meraih podium pertamanya akan start di posisi 11 di Aragon. Juga Takaaki Nakagami, dari LCR Honda akan start dari posisi 7.

Sementara itu, rival Fabio Quartararo, dalam perebutan gelar MotoGP 2020, Joan Mir (Suzuki ECSTAR) akan start dari posisi 6. Hal itu pun cukup bagus untuk Mir, karena Suzuki ECSTAR musim ini kerap kesulitan membuat catatan yang bagus di kualifikasi.

Adapun Ducati, hanya menempatkan Jack Miller, dari Pramac Racing, sebagai pembalap dengan hasil kualifikasi terbaik (P5). Juara MotoGP Le Mans, Danilo Petrucci start dari posisi ke-8.

Sementara Andrea Dovizioso (Ducati Desmosedici), justru gagal meraih hasil maksimal. Bahkan dia harus memulai balapan dari P13, setelah gagal lolos Q2. Padahal Sirkuit Motorland Aragon, memiliki karakter lintasan yang cocok dengan motor Ducati.

Hal itu pun menjadi catatan tersendi bagi Andrea Dovizioso, yang musim ini menunjukkan performa menurun. Padahal dia difavoritkan jadi juara dunia MotoGP 2020 setelah Mar Marquez, mengalami cedera di seri pertama.

Jika tidak mampu memperbaiki performanya saat balapan hari Minggu (18/10), peluang juara Dovizioso akan semakin kecil. Berikut hasil kualifikasi dan starting grid race MotoGP Aragon, Minggu (18/10).

Hasil Kualifilasi dan Starting Grid Race MotoGP Aragon 2020

(P1) Fabio Quartararo
(P2) Mqverick Vinales
(P3) Cal Crutchlow
(P4) Franco Morbidelli
(P5) Jack Miller
(P6) Joan Mir
(P7) Takaaki Nakagami
(P8) Danilo Petrucci
(P9) Aleix Espargaro
(P10) Alex Rins
(P11) Alex Marquez
(P12) Pol Espargaro
(P13) Andrea Dovizioso
(P14) Brad Binder
(P15) Iker Lecuona
(P16) Johann Zarco
(P17) Francesco Bagnaia
(P18) Miguel Oliveira
(P19) Bradley Smith
(P20) Tito Rabat
(P21) Stefan Bradl
Keterangan P = Posisi Start


Baca juga artikel terkait MOTOGP atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight