Pilgub Jabar 2018, KPU Karawang Dukung Hadirnya TPS Unik

Oleh: Yantina Debora - 27 Juni 2018
"Kita sangat mendukung jika ada kreativitas dari panitia pemilihan di TPS. Karena ini memang untuk menggiring warga datang ke TPS," kata Miftah Farid.
tirto.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendukung maraknya tempat pemungutan suara (TPS) unik di daerah itu dan diharapkan bisa mendongkrak partisipasi masyarakat.

"Kita sangat mendukung jika ada kreativitas dari panitia pemilihan di TPS. Karena ini memang untuk menggiring warga datang ke TPS," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat Miftah Farid di Karawang, Rabu (27/6/2018).

Ia menyatakan pihaknya mengapresiasi upaya panitia pemilihan di TPS yang menampilkan TPS dengan kreatif.

Sementara itu, pantauan Antara, demam piala dimanfaatkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 14 Dusun Anjun, Kelurahan Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang untuk menarik minat warga untuk menyalurkan hak pilihnya.

Petugas di TPS tersebut mengenakan sepatu sepak bola dan kostum timnas berbagai negara peserta Piala Dunia 2018. Para petugas di TPS seolah menjadi pemain yang menggiring warga ke bilik suara yang dihias bak tiang gawang.

Pemandangan TPS unik lainnya juga terlihat di TPS 05 Desa Kalindungjaya, Kecamatan Cibuaya, Karawang. Di TPS ini, petugas KPPS mengenakan seragam wisuda lengkap beserta topi atau toga. TPS pun dihias ala selebrasi wisuda. Sehingga, pemilih yang datang ke TPS ini layaknya memasuki arena wisuda.

Ketua KPPS TPS 05 Desa Kalindungjaya Suminta mengatakan, TPS wisuda digagas untuk menarik minat warga datang ke TPS. Sebab, saat ia mengantarkan undangan secara door to door, kepedulian warga untuk memilih masih kurang.

"Kepedulian warga masih kurang. Jadi kami berinisiatif untuk membuat TPS ala-ala wisuda ini," katanya.

Suminta mengatakan, pihaknya terinspirasi menggunakan kostum wisuda lantaran melihat wisuda madrasah saat bergabung pada yayasan itu.


Baca juga artikel terkait PILGUB JABAR 2018 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Politik)

Sumber: antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight