Piala Dunia Wanita 2023

Piala Dunia Wanita 2023: Aturan Lapangan dan Lama Bermain

Kontributor: Imanudin Abdurohman, tirto.id - 5 Mar 2023 19:19 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Australia dan Selandia Baru menjadi host Piala Dunia Wanita 2023 pada 20 Juli–20 Agustus. Simak aturan lapangan dan durasi waktu di Piala Dunia Wanita 2023.
tirto.id - Australia dan Selandia Baru secara resmi terpilih sebagai tuan rumah bersama atau host perhelatan akbar Piala Dunia Wanita 2023. Kejuaraan edisi ke-9 tersebut akan bergulir pada 20 Juli–20 Agustus 2023. Terdapat total 32 negara yang akan bertarung dalam putaran final Piala Dunia Wanita 2023.

Mengacu laman resmi FIFA, dijelaskan bahwa Piala Dunia Wanita edisi tahun ini tercatat sebagai edisi perdana yang akan mempertandingkan 32 tim. Mengingat pada edisi sebelumnya atau sejak pertama kali digelar pada 1991 silam, putaran final Piala Dunia Wanita hanya diikuti 12 tim.

Hingga saat ini, Amerika Serikat masih dominan dalam jumlah raihan gelar juara Piala Dunia Wanita, yakni sebanyak 4 kali. Diikuti Jerman 2 kali, kemudian Norwegia dan Jepang masing-masing 1 kali juara.

Sebelum pelaksanaan Piala Dunia Wanita 2023, FIFA juga telah menggelar pertandingan playoff kualifikasi antar benua, pada 18–23 Februari 2023. Playoff diikuti oleh 10 negara dari 6 konfederasi. Babak playoff kualifikasi tersebut sekaligus ditujukan untuk uji coba bagi Selandia Baru sebagai tuan rumah.

Terdapat sejumlah aturan terkait lapangan hingga lama bermain untuk perhelatan Piala Dunia Wanita 2023. Berikut ulasan lengkapnya.



Aturan Lapangan dan Lama Bermain Piala Dunia Wanita 2023

Mengutip hope.edu, peraturan dasar sepakbola wanita jumlah pemain pengganti minimum yakni 4 orang, serta maksimum 12 orang. Satu tim akan terdiri dari maksimal 6 pemain cadangan termasuk kiper, dan minimal 4 pemain cadangan termasuk kiper.

1. Aturan Lapangan
Untuk ukuran lapangan yang diwajibkan dalam perhelatan Piala Dunia Wanita FIFA, yakni minimal memiliki panjang 65–90 meter, dengan lebar sekitar 45–70 meter.

Sementara menurut hope.edu, ketika pertandingan dimainkan di lapangan DeVos, lebarnya sekitar 60 yard atau sekitar 54,8 meter, dengan 2 kotak penalti memiliki diameter dari tiang ke palang sepanjang 15 yard atau sekitar 13 meter.

2. Aturan Lama Bermain
Aturan lama bermain Piala Dunia Wanita 2023 dimainkan dalam tempo 20 menit, untuk 2 kali babak. Dengan waktu istirahat yang diberikan hanya 5 menit.

Perlu diketahui, laju waktu akan dihentikan ketika dalam pertandingan terjadi gol, tendangan penalti, dan beberapa aspek lain sesuai kebijakan pengawas pertandingan.

3. Stadion Piala Dunia Wanita 2023
Berikut daftar stadion Piala Dunia Wanita 2023 di Selandia Baru dan Australia:

Brisbane Stadium – Brisbane, Australia
Dunedin Stadium – Dunedin, Selandia Baru
Eden Park – Auckland, Selandia Baru
Hindmarsh Stadium – Adelaide, Australia
Melbourne Rectangular Stadium – Melbourne, Australia
Perth Rectangular Stadium – Perth, Australia
Stadium Australia – Adelaide, Australia
Sydney Football Stadium – Sydney, Australia
Waikato Stadium – Hamilton, Selandia Baru
Wellington Regional Stadium – Wellington, Selandia Baru

Sebagai tambahan, berikut rincian lainnya terkait Piala Dunia Wanita 2023.

Group Stage Piala Dunia Wanita 2023

Jadwal Pertandingan Piala Dunia Wanita 2023

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA WANITA 2023 atau tulisan menarik lainnya Imanudin Abdurohman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Imanudin Abdurohman
Penulis: Imanudin Abdurohman
Editor: Oryza Aditama

DarkLight