Piala Dunia 2018: Meksiko di Era Osorio Lebih Percaya Diri

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 17 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Wakil kapten Meksiko, Hector Moreno menyebut kedatangan Osorio berdampak baik bagi Timnas Meksiko.
tirto.id - Meksiko menatap gelaran Piala Dunia 2018 dengan kepercayaan diri tinggi. Keberadaan pelatih Juan Carlos Osorio diyakini menjadi faktor pembeda dibanding piala dunia edisi sebelumnya.

Salah satu pilar sekaligus wakil kapten Meksiko, Hector Moreno menuturkan hal serupa. Pemain asal Real Sociedad yang bermain sebagai bek tengah itu bahkan tak ragu menyebut Osorio sebagai pihak yang mampu membuatnya tampil lebih baik di atas lapangan.

"Sejak Juan Carlos Osorio menjabat, cara kami mempersiapkan diri tidak seperti sebelumnya dan saya belajar serta mengalami banyak kemajuan. Tidak hanya karena apa yang dia sampaikan pada kami, tapi dia juga memberikan kami apa yang diperlukan untuk tampil dan mengambil keputusan terbaik. Dia melakukan semua yang dia bisa untuk membuat kami lebih baik," tutur Moreno seperti dikutip situs resmi FIFA.

Di era Osorio, Moreno juga menyebut Meksiko memiliki banyak aspek pendukung. Mulai dari fisioterapis hingga pelatih mental, semua bekerja dengan sangat baik.

"Kami memiliki fisioterapis baru dan pelatih mental. Itu hal kecil, hal berbeda, dan meski tak menjamin kami tampil sebagai juara dunia, mereka jelas membuat kami lebih dekat dengan tujuan itu," imbuh Moreno.


Pada Piala Dunia mendatang, Meksiko tergabung di Grup F bersama Jerman, Korea Selatan, dan Swedia. Jika menimbang pemeringkatan FIFA per Kamis (17/5/2018), kans Meksiko lolos ke fase knockout tergolong besar.

Saat ini El Tri bertengger di peringkat 15 dunia, unggul atas Swedia dan Korea Selatan yang masing-masing menempati peringkat 23 dan 61. Jerman yang masih berada di peringkat pertama dunia menjadi satu-satunya kompetitor pada fase grup yang di atas kertas lebih baik dari Meksiko.

Saat ini kendala utama Meksiko adalah cederanya sejumlah pemain utama. Dari keseluruhan pemain di skuat bayangan El Tri, ada lima nama yang masih berjuang pulih dari cedera. Mereka yakni Andres Guardado, Nestor Araujo, Diego Reyes, Jonathan dos Santos, dan Giovani dos Santos.

Andres Guardado menjadi pemain yang statusnya paling sukar diprediksi. Jenis cedera pemain asal Real Betis itu masih belum diumumkan secara resmi, namun dipastikan bukan cedera ringan. Untuk memastikan Guardado tak mendapat penanganan kurang tepat dari pihak klub, Timnas Meksiko bakal segera memanggil sang pemain dan melangsungkan operasi.

"Saya tak mau membuat kesalahan dengan tak mengambil penanganan tepat. Saya sudah berbicara dengan Real Betis, dan Andres akan segera ke Meksiko untuk melakukan operasi. Jika operasi berjalan sesuai rencana, tentu itu akan menjadi solusi yang baik," ungkap pelatih Meksiko, Juan Carlos Osorio seperti dikutip ESPN.

Meksiko dijadwalkan menghadapi Jerman pada laga pembuka fase grup, Minggu (17/6/2018). Sebelum tampil di Piala Dunia, El Tri bakal terlebih dulu melakoni tiga partai uji coba, yakni melawan Wales, Skotlandia, dan Denmark.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live